advertisements

Seorang fotografer bernama Anton Orlov baru-baru ini berhasil menciptakan kamera tembus pandang pertama di dunia. Eiits.. kamera ini bukan berarti dapat memotret tembus pandang pakaian, melainkan perangkat kameranya itu sendiri yang tembus pandang alias transparan.

Kamera tersebut diberi nama CLERA yang merupakan kependekan dari “Clear Camera”. CLERA memiliki body berwarna merah yang transparan sehingga Anda dapat melihat dengan jelas bagian dalamnya serta melihat bagian sisi kamera yang lainnya.

advertisements

Kamera tersebut juga berfungsi dengan baik seperti kamera pada umumnya. Yang menarik, Anda juga dapat melihat proses pencetakan foto yang berlangsung di dalamnya setelah foto diambil. Hal ini tentu sangat menarik bagi Anda yang ingin mengetahui bagaimana sebuah cahaya bisa bertransformasi menjadi sebuah gambar di atas kertas.

Anton Orlov sendiri menemukan idenya untuk membuat kamera ini ketika ia sedang memproses sebuah foto di dark box. Seperti kita ketahui, di dalam dark box hanya lampu berwarna merah saja yang boleh digunakan agar tidak merusak hasil foto yang dibuat.

Nah, Orlov kemudian mencoba untuk memasukan juga cahaya matahari namun melalui jendela yang dilapisi filter warna merah. Hasilnya, ia mengetahui bahwa cahaya matahari yang masuk melalui jendela berwarna merah ternyata tidak menyebabkan light fogging pada hasil foto yang ia proses.

kamera tembus pandang clera

Hasil foto yang ia dapatkan tersebut ternyata memiliki kualitas yang sangat baik seperti foto yang lainnya. Oleh karena itu, ia kemudian memiliki ide untuk membuat kamera dari material berwarna merah sehingga dapat memfilter sinar UV dan blue light tersebut.

Orlov kemudian mencoba untuk membuat ide kameranya tersebut menjadi kenyataan. Ia kemudian membuat kamera sederhana berjenis daguerreotype box dengan lensa Petzval abad ke-19 yang ia beli di eBay, lapisan polycarbonate berwarna merah yang cukup kuat, serta 4×5 camera back.

Hasil Foto Kamera Tembus Pandang CLERA

Setelah melakukan berbagai ekserimen serta percobaan selama beberapa hari, Orlov akhirnya berhasil membuat kamera tersebut berfungsi dengan baik di berbagai kondisi lingkungan. Berikut adalah contoh hasil foto yang dihasilkan oleh kamera CLERA tersebut:

hasil kamera tembus pandang clera

Setelah berhasil membuat foto pertamanya tersebut, ia kemudian melakukan berbagai macam improviasasi lagi untuk meningkatkan kualitasnya. Pasalnya, masih terdapat sedikit fogging pada beberapa foto yang dihasilkan di percobaan pertamanya tersebut.

Akhirnya proses improvisasi tersebut berjalan dengan baik dan kini CLERA dapat menghasilkan foto yang tidak jauh berbeda dengan foto yang diambil oleh kamera tradisional. Untuk sebagian besar orang pasti akan kesulitan untuk membedakan foto tersebut.

Menariknya, foto tersebut juga tetap memiliki kualitas yang baik meskipun diambil di bawah pancaran sinar matahari langsung. Tidak hanya itu saja, kamera tersebut juga mampu bekerja dengan baik menggunakan direct positive photo paper.

Harga Kamera Tembus Pandang CLERA

advertisements

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki kamera tembus pandang ini, Orlov kini sudah menjualnya secara komersial. Harganya bervariasi tergantung dari ukuran lensa yang Anda inginkan, yakni $350 untuk ukuran 34×5, S500 untuk 5×7, dan S700 untuk 8×10.

Jika Anda menginginkan ukuran lensa yang lebih kecil atau lebih besar, ma a Orlov juga dapat membuatkannya untuk Anda. Selain itu, Orlov juga dapat membuat ukuran serta berbagai kustomisasi pada kamera tersebut sesuai dengan permintaan Anda.

Menariknya, Orlov juga saat ini sedang mengembangkan versi terbaru dari kamera ini dengan nama CLERA 2.0. Kamera tersebut rencananya akan menggunakan desain sliding box sehingga dapat digunakan dengan berbagai macam lensa.

Selain itu, CLERA 2.0 juga akan memiliki jarak fokus yang lebih dekat sehingga mampu menghasilkan gambar yang lebih baik lagi. Sebagai informasi, kamera CLERA versi pertama hanya memiliki jarak fokus minimun sejauh 6 kaki atau sekitar 1,8 meter.

Adakah Kamera Tembus Pandang Digital?

Jika CLERA hanya berfokus pada sektor fotografi tradisional, maka Anda pasti bertanya adakah kamera digital yang mengusung tema transparan seperti kamera buatan Anton Orlov tersebut? Jawabannya mungkin akan segera ada.

Ya, beberapa waktu yang lalu Samsung baru saja mematenkan sebuah konsep baru dalam hal kamera digital. Dalam paten tersebut ditunjukan jika Samsung merancang sebuah kamera dengan layar tembus pandang yang dapat dilihat dari depan dan belakang.

Kamera tersebut secara umum didominasi oleh layar transparan yang ada di sisi sebelah kanan. Sedangkan pada sisi sebelah kirinya terdapat lensa, tombol shutter, tombol power, serta berbagai komponen perangkat keras lain di dalamnya.

harga kamera tembus pandang samsung

Dengan kamera tersebut, orang yang difoto akan dapat melihat orang yang mengambil foto dan sebaliknya. Dengan begitu, mereka dapat melihat satu sama lain serta melakukan kontak mata yang diyakini akan memberikan rasa baru dalam dunia fotografi.

Adanya layar transparan tersebut juga diyakini akan sangat berguna bagi para orang tua yang senak memotret anaknya. Ketika memotret, sang anak kini dapat melihat wajah orang tuanya dan tidak lagi melihat lensa kamera yang sangat membosankan.

Kamera digital ini juga akan sangat diminati oleh kaum muda saat ini yang sangat menyukai foto selfie. Pasalnya, kini mereka dapat mengambil foto selfie dengan mudah sambil melihat preview hasilnya di layar transparan tersebut.

Namun masih terdapat satu permasalahan yang mungkin cukup mempengaruhi hasil foto yang didapatkan. Ya, jika orang yang menjadi objek foto melihat ke arah layar, maka secara otomatis tatapan matanya tidak akan mengarah ke depan karena lensanya berada di samping layar, bukan di atas layar.

Dalam paten yang diajukan, Samsung tampaknya hanya berencana untuk mengimplementasikan layar transparan ini dalam dalam compact camera. Pasalnya, konsep ini masih sulit diimplementasikan pada kamera DSLR professional yang membutuhkan sensor besar serta opsi lensa yang beragam.

Meskipun paten yang diajukan merujuk kepada kamera digital, namun bukan tidak mungkin konsep ini juga akan digunakan dalam smartphone. Terlebih dalam beberapa tahun ke belakang Samsung sering meluncurkan cameraphone, yakni smartphone dengan orientasi kamera digital seperti Samsug Galaxy Camera, Galaxy Zoom, dan lainnya.

Mari kita tunggu saja bagaimana kelanjutan dari kamera tembus pandang yang sedang dikembangkan Samsung ini. Bukan tidak mungkin desain akhirnya akan jauh berbeda dengan konsep di atas, terutama untuk mengatasi permasalahan kontak mata yang mungkin akan timbul.

Artikel Menarik Lainnya: