advertisements

Nama Coolpad memang belum santer terdengar di Indonesia. Ini merupakan produsen smartphone asal Tiongkok yang akan meramaikan pasar ponsel tanah air. Meskipun terbilang baru, Coolpad siap bersaing dengan vendor asal negeri tirai bambu lainnya, seperti Lenovo atau Xiaomi.

F103 Star adalah smartphone besutan Coolpad yang baru saja diperkenalkan di Indonesia. Smartphone ini mencoba menyasar pasar kelas menengah ke bawah dengan fitur-fitur yang dibawanya. Penasaran seperti apa kelebihan dan kekurangannya? simak review Coolpad Star dari Carisinyal berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 720 x 1280 pixels (294 ppi)
  • Memori internal: 8 GB, 1 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 “64-bit”
  • CPU: Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306
  • Sistem Operasi: Android OS v4.4.2 (KitKat)
  • Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, Sony Exmor R IMX219PQ sensor, Aperture F/2.0, geo-tagging, face detection, digital zoom, auto focus, touch focus, panorama, HDR
  • Kamera depan: 5 MP, fixedfocus, video record [email protected]
  • Baterai: Li-ion 2000 mAh

Desain

advertisements

Coolpad Star mengusung desain standar sehingga smartphone ini nampak tidak jauh berbeda dengan smartphone lainnya. Smartphone yang terlihat maskulin ini memiliki panjang 142 mm, lebar 71 mm, dan tebal 5,9 mm.

kelebihan dan kekurangan coolpad star

Walaupun desainnya hampir sama dengan beberapa smartphone lain, Coolpad Star memiliki bobot yang cukup ringan di antara ponsel pintar lainnya, yakni hanya 110 gram. Coolpad Star tersedia dalam 2 varian warna, putih dan hitam.

Layar

Coolpad Star menggunakan layar berukuran 5 inch yang dilengkapi teknologi IPS dengan 16 juta warna. Teknologi ini menawarkan kenyamanan dari berbagai sudut pandang untuk pengguna smartphone ini. Resolusi layar smartphone ini tidak terlalu tinggi, 720 x 1280 piksel dengan kerapatan layar 294 ppi.

Akan tetapi, layar Coolpad Star cukup cerah dan tidak mengecewakan. Untuk interface-nya, Coolpad Star sudah dilengkapi interface dari CoolLife UI 6.0. Tampilan antarmuka tersebut mirip dengan tampilan MIUI yang tidak menyertakan app drawer di dalamnya.

Yang menarik, smartphone ini menggunakan lapisan blu sapphire Corning Gorilla Glass pada bagian layar depan dan juga cover belakangnya. Kedua lapisan tersebut akan memberikan perlindungan ekstra terhadap benturan dan goresan.

Prosesor

review coolpad star

Pada sektor dapur pacu, Coolpad Star mengandalkan prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 64-bit dengan CPU Quad Core 1.2 Ghz Cortex-A53. Prosesor ini cukup bisa diandalkan dan merupakan prosesor smartphone low-end yang cukup baik.

Performa dari prosesor tersebut juga diimbangi dengan kartu grafis yang lumayan. Ya, smartphone ini mempercayakan tampilan grafisnya pada GPU Adreno 306 sehingga cukup mumpuni untuk memainkan game yang tidak terlalu berat.

Memori

Mengingat target pasar yang diarah Coolpad Star adalah kelas menengah, seharusnya smartphone ini menggunakan RAM dengan ukuran yang lebih besar untuk mengimbangi kinerja prosesornya. Sayangnya, Coolpad Star hanya dibekali dengan RAM 1 GB.

Ukuran memori internal yang ditawarkan juga tidak begitu besar, yaitu 8 GB saja. Sementara itu, ada begitu banyak smartphone lain, bahkan dari kelas low-end, yang sudah dibekali memori internal sebesar 16 GB.

advertisements

Melihat ukuran memori internal yang tidak terlalu besar tersebut, sepertinya Anda harus menambahkan memori eksternal pada smartphone ini. Slot memori eksternal Coolpad Star tersedia hingga kapasitas 32 GB.

Kamera

Standar. Itulah satu kata yang menggambarkan kualitas kamera Coolpad Star. Pada kamera belakang, smartphone ini menggunakan kamera beresolusi 8 MP. Kamera tersebut juga sudah dilengkapi dengan LED Flash.

Hal yang membuat kamera ini nampak sedikit spesial adalah fitur Sony Exmor R IMX219PQ dan berbagai fitur standar lain, seperti Aperture F/2.0, geo-tagging, face detection, digital zoom, auto focus, touch focus, panorama, dan HDR. Kamera belakang ini bisa merekam video hingga resolusi 1080p pada 30fps.

Pada bagian kamera depan, Coolpad Star mengusung kamera 5 MP yang cukup lumayan. Kamera depan ini dilengkapi dengan fitur fixedfocus. Kamera depan tersebut juga mampu merekam video hingga resolusi 720p pada 30fps.

Konektivitas

Jangan berkecil hati dulu, karena smartphone ini juga memiliki beberapa keunggulan yang patut dibanggakan. Coolpad Star sudah dapat digunakan pada jaringan 4G LTE. Itu artinya Anda bisa berselancar di dunia maya dengan jaringan internet berkecepatan tinggi menggunakan smartphone ini.

Coolpad Star adalah jenis smartphone Dual-SIM. Jadi, Anda bisa mengaktifkan dua nomor GSM dalam satu ponsel. Selain jaringan 4G LTE, Coolpad Star juga kompatibel pada jaringan 2G, 3G, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n.

Nah, untuk keperluan transfer file ke smartphone atau perangkat lainnya, Anda bisa menggunakan Bluetooth v4.0 yang tersemat pada smartphone ini. Untuk menyambungkan smartphone ke PC, Anda bisa menggunakan microUSB v2.0.

Baterai

Baterai merupakan jantung bagi sebuah ponsel. Kapasitas baterai juga harus bisa mengimbangi performa dari prosesor yang digunakan dalam sebuah ponsel. Amat disayangkan, Coolpad Star hanya dibekali dengan baterai Li-ion 2000 mAh.

Kapasitas baterai itu terbilang kecil dan kurang bisa menandingi kualitas prosesor Coolpad Star. Oleh karena itu, sepertinya baterai tersebut tidak bisa menghidupi smartphone ini dalam jangka waktu yang lama, apalagi jika smartphone tersebut digunakan terus menerus.

Fitur

Apakah Anda berharap smartphone ini dilengkapi dengan fitur fast charging yang marak digunakan pada smartphone-smartphone terbaru saat ini? Sepertinya Anda harus sedikit kecewa, karena Coolpad Star belum memiliki fitur tersebut.

Fitur yang dimiliki Coolpad Star antara lain adalah Radio FM dan RDS. Disamping itu, ponsel pintar ini juga memiliki beberapa fitur penunjuk arah dari GPS built-in, A-GPS, GLONASS dan BeiDou. Sistem operasi yang digunakan oleh smartphone ini masih Android KitKat v4.4.2, mungkin karena smartphone ini dirilis pada Februari 2015 saat Android Lollipop belum dikenalkan secara luas.

Harga

Melihat keseluruhan fitur dan spesifikasi dari Coolpad Star, sebenarnya smarpthone ini masuk dalam kelas low-end atau menengah ke bawah. Akan tetapi, smartphone ini ditawarkan dengan harga mid-end, yakni sekitar 2,8 juta rupiah.

Harga tersebut cenderung mahal melihat spesifikasi smartphone ini tidak terlalu menakjubkan. Dengan harga 2,8 juta, seharusnya smartphone ini dilengkapi dengan RAM 2 GB, kamera belakang minimal 10 MP, memori internal 16 GB, dan baterai dengan kapasitas lebih dari 2000 mAh.

Nah, itu tadi review Coolpad Star menurut Carisinyal. Kesimpulannya, smartphone ini semestinya ditawarkan dengan harga yang lebih murah dari harga yang dipatok saat ini. Apakah Anda tertarik untuk membeli smartphone Coolpad Star ini?

Kelebihan Coolpad Star:
– Mendukung jaringan 4G LTE
– Menggunakan Gorilla Glass pada kedua sisinya

Kekurangan Coolpad Star:
– RAM hanya 1 GB
– Memori internal hanya 8 GB
– Kapasitas baterai kecil
– Harganya terlalu mahal

Artikel Menarik Lainnya: