advertisements

Facebook baru-baru ini merilis versi baru dari Facebook Messenger untuk Android dengan memberikan fitur intergrasi SMS yang diperbaharui. Versi terbaru dari aplikasi ini juga menghadirkan tampilan yang dirombak secara total. Keputusan Facebook untuk memperbaharui aplikasinya tersebut tidak lain karena Google juga telah memperbaharui aplikasi Hangouts-nya dengan kemampuan untuk integrasi SMS dengan kontak Google+.

facebook messenger

Seperti yang disampaikan dalam blognya, Facebook mengintegrasikan fungsi SMS agar para penggunanya tetap dapat berinteraksi dengan temannya yang tidak memiliki akun Facebook melalui Facebook Messenger. Sementara untuk temannya yang sudah memiliki akun Facebook, maka para pengguna dapat berkomunikasi melalui dua cara, yaitu melalui pesan Facebook atau melalui pesan SMS biasa.

advertisements

Dengan ditambahkannya fungsi ini, maka diharapkan Facebook Messenger bisa menjadi alternatif aplikasi SMS di masa mendatang. Selain itu, versi terbaru ini juga akan semakin memperkuat posisinya sebagai salah satu pesaing aplikasi IM populer seperti Whatssap, LINE, Kakao Talk, BlackBerry Messenger (BBM) dan lainnya yang semakin banyak memberikan berbagai fitur menarik bagi para penggunanya.

Dalam versi kali ini Facebook juga merombak tampilan dari aplikasinya menjadi lebih sederhana dan cantik.  Terdapat tiga panel baru di bagian atas aplikasi ini yang akan menampilkan semua percakapan terbaru Anda, daftar kontak, dan juga setting aplikasi. Dalam versi terbaru dari Facebook Messenger ini Anda juga akan melihat sebuah ikon bulan berwarna biru yang memiliki simbol “~” di sebelah kata foto profil dari beberapa teman Anda. Ikon tersebut menandakan bahwa teman Anda tersebut menggunakan Facebook Messenger sehingga Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan percakapan.

Untuk saat ini belum semua pengguna Facebook Messenger dapat menggunakan versi terbaru dari aplikasi ini. Pasalnya, aplikasi ini masih dalam tahap percobaan oleh beberapa pengguna yang mendapatkan invitasi saja. Mungkin sistem update dari aplikasi ini akan berjalan secara bertahan seperti update Facebook Sticker beberapa saat yang lalu. Apakah Anda sudah mencoba versi terbarunya? Jika sudah, silahkan sampaikan pesan dan kesan Anda di kolom komentar.

Artikel Menarik Lainnya: