advertisements

Berita mengejutkan kembali datang dari dunia teknologi. Kali Ini WhatsApp, aplikasi instant messaging yang sangat populer di berbagai platform, resmi dimiliki oleh Facebook. Perusahaan milik Mark Zuckerberg itu membeli WhatsApp seharga $19 Milyar atau sekitar Rp 220 Triliun. Jumlah tersebut juga terdiri dari $4 milyar uang cash dan sisanya adalah saham milik Facebook.

WhatsApp

Keputusan yang dilakukan oleh Facebook ini dirasa sangat tepat mengingat aplikasi WhatsApp saat ini jauh lebih populer ketimbang aplikasi serupa milik Facebook yaitu Facebook Messenger. Oleh karena itu daripada terus menerus menjadi pecundang dalam persaingan instant messaging, Facebook memutuskan untuk bekerja sama dengan ‘musuhnya’ tersebut.

advertisements

WhatsApp sendiri hingga saat ini sudah memiliki lebih dari 250 juta pengguna yang tersebar di berbagai sistem operasi populer saat ini yaitu Android, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry. Selain itu aplikasi ini juga tersedia untuk pengguna Asha dan Symbian. Fakta inilah yang tampaknya menjadi daya tarik bagi Facebook mengingat berbagai aplikasi instant messaging lainnya seperti Line, BBM, dan Viber belum tersedia di 6 platform secara sekaligus.

Dengan kerjasama ini maka Jan Koum selaku CEO dan co-founder dari WhatsApp akan masuk ke jajaran direksi Facebook. Namun Koum memastikan jika WhatsApp akan tetap beroperasi sendiri sehingga tidak akan terjadi merger antara aplikasi Whatsapp dan Facebook Messenger. Kedua aplikasi tersebut akan tetap tersedia untuk pengguna dan aplikasi WhatsApp juga akan tetap tersedia secara gratis tanpa adanya iklan.

Dalam sebuah pernyataannya, Mark Zuckerberg mengungkapkan, “WhatsApp is on a path to connect 1 billion people. The services that reach that milestone are all incredibly valuable. I’ve known Jan for a long time and I’m excited to partner with him and his team to make the world more open and connected.”

Akuisisi WhatsApp oleh Facebook ini sangatlah mengejutkan mengingat beberapa hari yang lalu aplikasi instant messaging lainnya, Viber, baru saja dibeli oleh Rakuten. Menariknya, dengan pengguna yang mencapai 300 juta, Viber dibeli hanya seharga $900 dollar. Jauh lebih murah ketimbang WhatsApp yang dibeli seharga $19 Milyar.

Sumber

Artikel Menarik Lainnya: