advertisements
advertisements

Google baru saja merilis perangkat terbarunya Nexus 5 bersamaan dengan peluncuran sistem operasi Android 4.4 KitKat. Sebagai produk Google, Nexus 5 hadir dengan barbagai macam fitur dan keunggulan yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya. Kelebihan yang dimilikinya ini tentu saja akan membuatnya mampu mengalahkan berbagai macam smartphone papan atas yang banyak beredar saat ini. Apa sajakah kelebihan serta fitur Nexus 5 tersebut?

fitur nexus 5

Harga

Salah satu keunggulan dari Nexus 5 adalah harganya. Seperti produk Nexus lainnya, Nexus 5 dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dari para pesaingnya. Nexus 5 versi 16 GB hanya dibanderol dengan harga $350 di Play Store. Bandingkan dengan iPhone 5S yang dijual dengan harga $650 ataupun Moto X yang dibanderol seharga $530.

Update

advertisements
advertisements

Keunggulan lainnya yang dimiliki oleh Nexus 5 tentu saja update-nya. Layaknya produk Nexus yang lain, Nexus 5 juga akan mendapatkan update sistem operasi terbaru secara langsung tanpa harus menunggu beberapa bulan terlebih dahulu. Karena Google mempunyai kebijakan update selama 18 bulan, maka Anda akan selalu mendapatkan update sistem operasi terbaru dan berbagai fitur menarik lainnya selama satu setengah tahun setelah Anda membelinya.

Wireless Charging

Saat ini wireless charging masih terdengar sebagai sebuah fitur yang futuristik walaupun sebenarnya sudah ada sejak beberapa waktu yang lalu. Sayangnya, fitur ini masih sangat jarang dimiliki oleh smartphone kelas atas. Sebagai contoh, beberapa Nokia Lumia, Nexus 4, dan juga Samsung Galaxy S4 sudah memiliki fitur ini. Namun smartphone kelas atas macam the iPhone 5S, Xperia Z1, HTC One, dan Moto X tidak memilikinya.

Oleh karena itu, wireless charging akan menjadi salah satu fitur Nexus 5 yang akan menjadi pembeda dengan smartphone papan atas lainnya. Terlebih, Google juga akan meluncurkan wireless charger resmi untuk perangkat Nexus 5 ini sehingga para penggunanya tidak perlu repot untuk mencari charger yang kompatibel.

Photo Sphere

Walaupun sebenarnya sudah hadir sejak Nexus 4, namun fitur Photo Sphere masih menjadi salah satu fitur terbaik yang ada pada Nexus 5 ini. Dengan fitur ini Anda dapat mengambil foto 360 derajat, sehingga Anda dapat memotret seisi ruangan atau seluruh pemandangan yang ada di sekitar Anda. Fitur ini benar-benar sangat menarik dan belum ada satupun smartphone lain yang memilikinya selain Galaxy S4 dan HTC One Google Play Edition. Selain itu, Google juga menyediakan sebuah situs komunitas yang dapat Anda gunakan untuk mengunggah Photo Sphere hasil jepretan Anda sendiri.

Wireless Payment

Walaupun belum terlalu banyak digunakan, namun wireless payment diyakini akan menjadi suatu gaya hidup baru dalam beberapa tahun ke depan. Dengan wireless payment ini Anda dapat melakukan pembayaran langsung dengan cara menempelkan smartphone Anda ke perangkat pembayaran layaknya kartu kredit. Google sendiri sudah menyediakan aplikasi Google Wallet yang dapat melakukan wireless payment ini dengan bantuan chip NFC yang ada di Nexus 5 maupun di smartphone Android lainnya.

Kesimpulan

5 keunggulan serta fitur Nexus 5 di atas sekali lagi membuktikan bahwa smartphone ini merupakan salah satu yang terbaik di pasaran saat ini. Terlebih, harga yang ditawarkannya juga hampir dua kali lebih murah daripada smartphone pesaingnya. Bagaimana pendapat Anda mengenai Nexus 5 ini? apakah Anda berencana untuk membelinya?

Artikel Menarik Lainnya: