advertisements

Siapa yang tidak tahu PlayStation atau yang biasa orang sebut dengan PS? Hampir semua orang mengetahui Game Console tersebut, mulai dari PS1, PS2, PS3, dan yang terbaru sekarang adalah PS4.

PlayStation atau yang disebut dengan PS ini diproduksi oleh perusahaan asal Jepang, SONY. Pada tahun 2013 silam, mereka mengeluarkan terobosan terbaru untuk game console, PS4. Namun, apakah Anda mengetahui ternyata PS4 memiliki beragam fitur unik?

advertisements

Tidak seperti PS yang sebelumnya, PS4 memiliki banyak fitur-fitur menarik dan menguntungkan bagi para pemain. Selain itu controller yang digunakan di PS4 juga berbeda dengan controller sebelumnya. Penasaran bukan? Nah, berikut adalah 10 fitur PlayStation 4 yang menarik tersebut.

Kapasitas Hard Disk / HD 1TB

Pada saat pertama kali PS4 diluncurkan, kapasitas HD dari PS4 ini hanya 500GB, namun pesaingnya, Microsoft, mengeluarkan Xboxe One dengan kapasitas 1TB. SONY pun tidak mau kalah dan pada akhirnya, Sony mengeluarkan PS4 dengan kapasitas terbaru yaitu 1TB. Anda bisa menampung banyak data dalam PS4 bukan?

Share button

share button playstation 4

Anda tidak perlu repot-repot lagi jika ingin membagikan foto-foto atau video yang Anda sedang mainkan. Anda tidak perlu memotret manual melalui telpon pintar Anda ataupun kamera digital Anda untuk mengambil gambar-gambar pada saat sedang bermain PS. Sony tahu jika saat ini marak sekali membagikan sesuatu ke media sosial. Sony tidak mau menyia-nyiakan kesempatan itu, maka fitur ini dikeluarkan.

Dengan fitur ini Anda bisa merekam video game Anda pada saat Anda sedang bermain, selain itu Anda juga dapat mengambil screenshot gambar dari PS4. Anda dapat membagikan vide-video dan foto-foto tersebut melalui media sosial Anda seperti Twitter, Facebook, Youtube, dan Dailymotion.

Appear offline

appear offline

Ada pilihan terbaru dalam menu tab di PS4. Jika Anda meng-klik tombol Quick menu dan Login Screen, Anda dapat melihat opsi baru tersebut bertuliskan “online status” dengan kata lain Anda dapat mengubah status tersebut menjadi offline dengan memilih status “appear offline” yang berarti Anda sedang tidak bermain. Fitur ini ada karena PS4 memiliki fitur “play together”.

Play together

Sudah tidak aneh dan tidak asing lagi untuk para gamer bermain bersama atau disebut party. PlayStation 4 juga memberikan fitur untuk bermain bersama jika gamer tersebut dalam keadaan online.

User schedule events

events

Anda ingin membuat events bersama teman-teman pada saat memainkan PlayStation 4? Anda tidak perlu repot lagi, karena SONY meluncurkan fitur unik lainnya, user schedule events, yang memudahkan Anda mengirim jadwal sesi gameplay dengan teman-teman Anda.

Anda hanya perlu menekan pilihan create events dan Anda dapat membuat jadwal sesi gameplay, membuat undangan kepada teman-teman Anda. Anda dapat mengaur hari, waktu, game, dan dikirim kepada teman-teman Anda melalui grup.

Remote play

advertisements

Khawatir tidak dapat bermain di Mac atau PC Anda??? Tidak perlu khawatir, dengan terobosan unik dari SONY, PS4 menyediakan fitur remote play untuk para gamer agar lebih mudah bermain PS4 tanpa harus melalui televisi lagi. Anda hanya perlu memasang software “remote play” ini pada PC atau Mac Anda.

Untuk mengaktifkannya pun sangatlah mudah. Setelah software ini terpasang, maka Anda hanya perlu mengklik bagian setting dan pilih remote play connection setting, dan Anda klik enable remote play. Lalu? Anda tinggal colokan kontroler PS4 ke PC atau Mac Anda melalui port USB dan Anda jangan lupa membuka program remote play. Kini Anda bisa bermain PS4 melalui  PC atau Mac Anda. Menarik bukan?

Mematikan PS4 otomatis

Anda mempunyai kebiasaan buruk meninggalkan konsol Anda berjam-jam dan lupa mematikannya? Hal itu membuat panas konsol Anda bukan? Khawatir akan rusak? PlayStation 4 tidak dirancang untuk hal-hal seperti itu. Kini Anda dapat mengatur kapan PS4 Anda harus mati. Ada menu  yang disebut dengan power save. Di sana Anda dapat melihat berbagai pilihan seperti standby dan pengaturan PS4 secara otomatis.

Jika tadi adalah ftur-fitur menarik dari PS4 lalu bagaimana dengan controller PS4 itu sendiri??? Apakah sama dengan controller PS sebelumnya?  Jawabannya TENTU SAJA TIDAK! Sony tidak ingin fitur uniknya hanya ada pada PS nya saja, namun Sony juga memberikan fitur unik pada controller nya. Apa saja itu?

Controller nirkabel

controller playstation 4

Controller PS4 sudah tidak memerlukan kabel pada saat bermain. Namun, controller ini juga harus diisi energinya, dalam kata  lain harus di charge. Tetapi Anda tidak perlu khawatir harus sering mengisi energi tersebut, karena controller PS4 cukup awet jika digunakan bermain dalam waktu yang sangat lama.

Atur kecerahan LED

Sebelum menjelaskan tentang cara mengatur tingkat kecerahan LED, perlu Anda ketahui bahwa controller PS4 merupakan controller nirkabel dengan dual shock 4. Untuk  mengatur kecerahan LED maka Anda cukup menahan tombol “home” di dual shock 4 untuk memunculkan menu “adjust sounds and devices”. Nah.. sekarang Anda cukup mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda.

Controller menjadi keyboard

Anda ingin menuliskan sesuatu pada saat bermain PS4? Mengetik namun tidak ada keyboard? Tidak perlu khawatir. Controller PS4 memang serba guna. Jika Anda mengoptimalkan fitur akselometer yang sudah tertanam pada controller dual shock 4, maka Anda bisa mengetik melalui controller.

Fitur ini memudahkan para gamers yang bermain PS4 untuk melakukan pencarian video melalui youtube, mengingat Anda bisa mengakses youtube melalui PS4. Pada saat keyboard virtual muncul, Anda cukup tekan tombol R3 dan gerakan controller kearah huruf-huruf yang Anda inginkan.

Dengan banyaknya fitur-fitur unik yang ada di dalamnya ataupun pada controllernya SONY mematok harga PlayStation 4 sekitar 6 juta rupiah. Bagaimana? Anda tertarik?

Artikel Menarik Lainnya: