advertisements

Adobe Flash player merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan berbagai macam file multimedia yang dibuat dalam platform Adobe Flash. Aplikasi ini sedianya tersedia untuk berbagai macam sistem operasi komputer ataupun mobile, termasuk Adobe Flash Player untuk Android.

Sayangnya semenjak tahun 2012, Adobe Flash Player sudah tidak lagi memberikan update untuk perangkat Android. Hal ini disebabkan karena Android lebih memfokuskan diri pada sistem HTML5. Selain itu, Google juga sudah tidak lagi mendukung Flash secara resmi semenjak perilisan Android 4.1 Jelly Bean.

advertisements

Meskipun begitu, ternyata saat ini masih banyak website yang menggunakan platform Adobe Flash untuk menampilkan konten multimedianya. Hal ini tentu menyulitkan bagi para pengguna Android yang ingin mengaksesnya namun perangkatnya sudah tidak mendukung lagi.

Maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa cara menginstal Adobe Flash Player untuk Android Anda. Trik ini dapat Anda gunakan untuk berbagai versi Android, mulai dari Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, KitKat, hingga yang terbaru Lollipop.

Instal Adobe Flash Player Secara Manual

Flash Player untuk Android

Meskipun sudah tidak lagi mendukungnya secara resmi, namun Adobe masih menyediakan aplikasi Flash Player untuk Android bagi yang menginginkannya. Flash Player ini merupakan versi 11 sehingga mungkin kurang kompatibel dengan perangkat Android terbaru.

Sebelum menginstalnya, pastikan Anda sudah mengizinkan perangkat Android Anda untuk menginstal aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. Caranya, buka menu Settings kemudian pilih opsi Security. Ceklis atau aktifkan pilihan “Unknown Sources” setelah itu klik OK. Kini Anda dapat menginstal Flash Player dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Buka browser lalu download Flash player for Android di sini.
  • Pada halaman tersebut, carilah aplikasi Flash Player untuk Android.
  • Pilih Flash Player yang kompatibel dengan sistem operasi Android yang Anda gunakan.
  • Klik tombol download kemudian tunggulah hingga prosesnya selesai.
  • Setelah selesai diunduh, kini Anda dapat langsung menginstalnya. Silahkan simak video di bawah ini untuk lebih jelasnya:

Menggunakan Browser Yang Mendukung Flash

Cara yang selanjutnya memang tidak menginstal Adobe Flash secara langsung, namun menggunakan browser yang mendukung Adobe Flash tersebut. Penggunaan browser ini jauh lebih praktis karena kita hanya tinggal mengunduhnya dari Google Play Store.

  • FlashFox

FlashFox merupakan salah satu browser di Android yang mendukung Flash Player. Browser ini sangat banyak yang menyukai karena efektivitasnya dalam melakukan rendering konten Flash dari berbagai website. Selain itu, aplikasi ini juga dapat diunduh dan digunakan secara gratis.

Sayangnya, browser ini tidak selalu dapat berjalan dengan sempurna. Dalam beberapa pengujian, terkadang terdapat animasi flash dalam beberapa website yang tidak berjalan dengan sempurna. Hal ini sebenarnya dapat dimaklumi mengingat Adobe Flash sekarang sudah berada pada versi 16, sedangkan dukungan Flash Player untuk Android berhenti pada versi 11.

Artinya, FlashFox ini tidak dapat menampilkan konten Flash dengan sempurna jika konten itu dibuat dengan platform Flash yang lebih baru. Meskipun begitu setidaknya browser ini dapat membuka sebagian besar konten tersebut daripada tidak sama sekali.

  • Dolphin Browser

dolphin browser

Tidak seperti Flashfox yang sudah mendukung Flash Player secara langsung, Dolphin Browser membutuhkan beberapa pengaturan terlebih dahulu untuk membuatnya aktif. Caranya, bukalah menu Settings dengan cara mengklik ikon Dolphin. Setelah terbuka, pilih opsi Web Content lalu pilih Flash Player di halaman selanjutnya. Aturlah opsi tersebut menjadi “Always on”.

advertisements

Setelah mengatur setingan Flash Player agar selalu aktif, kini langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi website yang memiliki konten Flash. Jika tidak tahu, Anda cukup browsing seperti biasa saja hingga suatu saat membuka website yang memiliki konten flash.

Ketika membuka website tersebut untuk pertama kali Anda akan diminta untuk menginstal Flash Player. Klik tombol download untuk mengunduh dan menginstalnya secara otomatis. Ketika akan menginstalnya Anda juga mungkin akan diminta untuk mengizinkan proses instalasi dari sumber asing. Caranya, buka menu settings > security > unknown sources page.

  • Puffin Browser

puffin browser

Browser selanjutnya yang juga mendukung Flash Player adalah Puffin Browser. Browser ini memiliki dua keunggulan dibandingkan dengan FlashFox dan juga Dolphin Browser. Yang pertama adalah dukungan terhadap Flash player yang terbaru yakni versi 16 sehingga browser ini tidak akan mengalami masalah ketika membuka berbagai macam konten flash.

Kelebihan yang kedua adalah kemampuannya untuk menampilkan mouse dan tombol panah dalam bentuk overlay seperti halnya ketika kita sedang melakukan browsing menggunakan PC. Kedua kelebihan tersebut menjadikan browser ini satu langkah di depan kedua browser sebelumnya.

Ada satu hal unik yang digunakan oleh Puffin Browser dalam mengolah konten Flash. Ya, Puffin melakukan rendering konten Flash dengan sistem cloud. Artinya meskipun berfungsi dengan baik, namun terkadang sering terjadi tampilan yang patah-patah jika koneksi internetnya kurang mumpuni. Maka dari itu, Anda disarankan untuk menggunakan setingan kualitas Flash yang lebih rendah jika mengalami masalah tersebut.

Selain ketiga browser tersebut, sebenarnya masih ada beberapa browser Android lain yang mendukung Flash Player. Sebut saja Firefox for Android, Maxthon, dan juga Boat Browser for Android. Namun ketiga browser yang diulas di atas dianggap sebagai yang terbaik dalam hal mendukung konten Flash.

Silahkan Anda coba dan pilih sendiri browser mana yang cocok dengan kebutuhan Anda. Jika menginginkan proses yang agak rumit, silahkan coba untuk mengunduh dan menginstal Flash Player secara manual seperti yang dijelaskan di atas.

Jika Adobe Flash Player untuk Android sudah terinstal, maka kini Anda dapat membuka berbagai macam konten Flash di perangkat Android Anda. Salah satu di antaranya adalah streaming berbagai macam video serta memainkan berbagai game Flash seperti permainan sepakbola terbaik dan lainnya. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya: