advertisements

Duel otak merupakan salah satu game mobile yang cukup populer belakangan ini. Game ini dibuat oleh FEO Media AB. Game ini merupakan versi Indonesia dari game serupa yang menggunakan bahasa Inggris yakni Quiz Duel.

Game Duel Otak ini menyuguhkan permainan yang sangat menarik karena kita akan mengadu kecerdasan kita mengenai berbagai bidang pengetahun dengan pemain yang lain. Siapa yang menjawab pertanyaan dengan benar lebih banyak, maka ia akan menjadi pemenangnya.

Cara Daftar

advertisements

Sebelum memainkan Duel Otak ini, pertama-tama Anda harus mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu melalui Google Play Store di link ini atau Apple AppStore di sini. Game ini memiliki ukuran sebesar 30 MB dan dapat dimainkan pada perangkat dengan Android 2.3 Gingerbread ke atas atau iOS 6.0 ke atas.

Setelah terinstal silahkan buka aplikasinya dan lakukan pendaftaran pada halaman muka yang muncul. Jika memiliki akun Facebook, maka Anda juga dapat langsung mendaftar menggunakan Facebook sehingga nantinya akun Anda langsung terhubung dengan akun Facebook.

Cara Bermain Duel Otak

Setelah proses pendaftaran selesai, Anda kini dapat langsung memulai permainan. Pertama-tama, silahkan pilih lawannya dengan menekan tombol “Mulai duel baru”. Jika Anda mengetahui username dari lawan Anda, maka silahkan tekan tombol “Cari lawan” lalu tulis username-nya di sana.

game duel otak ajak pemain

Jika Anda ingin melawan teman Facebook, maka silahkan tekan tombol “Teman Facebook” yang ada di bawahnya. Sedangkan jika Anda ingin melawan pemain lain secara acak, maka pilihlah opsi “Pemain Acak”. Selanjutnya, silahkan pilih mode permainan yang disediakan yakni:

  • Klasik

Dalam mode klasik ini Anda akan bertarung selama 6 ronde dengan lawan Anda. Pada setiap rondenya akan ada 3 pertanyaan dari satu topik yang harus dijawab dengan benar. Anda dan lawan Anda akan bergantian memilih topik pertanyaan yang diajukan.

Setiap pertanyaan yang dijawab dengan benar akan mendapatkan poin 1 sedangkan yang salah tidak mendapatkan poin. Poin tersebut akan dikalkulasikan hingga akhir permainan. Pemain yang mengumpulkan poin terbanyak akan menjadi pemenang sedangkan jika poinnya sama maka permainan dinyatakan seri.

duel otak klasik

Setiap pertanyaan akan memberikan 4 pilihan jawaban yang harus Anda pilih. Pertanyaan yang diajukan tersebut harus dijawab dalam waktu kurang dari 10 detik. Jika lebih, maka Anda akan mendapatkan poin nol.

Setelah menyelesaikan sebuah ronde, maka Anda dapat menunda ronde yang selanjutnya hingga 48 jam. Jika lebih dari itu maka Anda dinyatakan kalah. Anda juga dapat menyerah sebelum permainan selesai dengan menekan tombol “Menyerah” di pojok kiri bawah.

  • Taktis

Mode permainan selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah mode taktis. Cara bermain di mode ini sama seperti mode klasik, bedanya di sini Anda akan mendapatkan 3 pilihan bantuan yang dapat digunakan ketika menjawab pertanyaan.

advertisements

Ketiga pilihan bantuan tersebut adalah 50-50, Persentase, dan 2 jawaban. Ketiganya dapat digunakan secara gratis sebanyak sekali setiap permainan. Jika ingin menggunakannya lagi, maka Anda harus membayarnya dengan menggunakan koin yang bisa dibeli dengan sistem in-app purchase.

Strategi Bermain

Game Duel Otak ini sebenarnya 75% mengandalkan pengetahuan si pemain, sedangkan 25% sisanya mengandalkan keberuntungan. Ya, terkadang kita tidak mengetahui jawaban yang benar namun kita bisa menjawabnya hanya dengan menebaknya saja.

Nah, untuk memaksimalkan berbagai peluang tersebut, kita dapat mencoba untuk mengatur strategi permainan kita. Di sini, Carisinyal membagi dua strategi bermain yang cukup ampuh, yakni strategi menyerang dan strategi bertahan.

  • Strategi Menyerang

Strategi ini merupakan strategi paling umum yang bisa kita terapkan. Dalam strategi ini kita mencoba menjawab pertanyaan dengan benar sebanyak mungkin tanpa memperdulikan musuh. Strategi ini sangat cocok kita gunakan ketika melawan musuh baru yang tidak kita ketahui kelemahannya.

duel otak menyerang

Cara menerapkan strategi ini sangat mudah, cukup pilih topik yang benar-benar Anda kuasai lalu jawab semuanya dengan benar. Jika bermain pada mode taktis, Anda bisa menggunakan pilihan bantuan di awal permainan atau pada saat menemukan pertanyaan yang benar-benar bisa Anda jawab setelah menggunakan pilihan bantuan tersebut.

  • Strategi Bertahan

Strategi yang selanjutnya ini tidak bisa digunakan ke sembarang musuh. Ya, untuk menggunakan strategi bertahan ini kita harus mengetahui terlebih dahulu topik apa saja yang tidak disukai atau tidak dikuasai oleh lawan kita.

duel otak bertahan

Untuk menjalankan strategi ini, pertama-tama silahkan pilih topik yang Anda sukai pada ronde pertama dan kedua. Pastikan Anda memperoleh banyak poin pada dua ronde awal tersebut. Selanjutnya, silahkan pilih topik yang tidak dikuasai oleh musuh pada ronde-ronde selanjutnya hingga selesai.

Strategi ini akan berjalan sangat sempurna jika topik yang tidak dikuasai oleh musuh tersebut ternyata dikuasai oleh Anda. Namun jika Anda tidak menguasainya, maka Anda hanya tinggal berharap kepada keberuntungan dalam menjawabnya.

Jika Anda bermain dengan mode taktis, maka gunakanlah pilihan bantuan di saat-saat akhir permainan terutama apabila Anda dalam posisi tertinggal. Namun ingat, strategi ini sewaktu-waktu bisa menjadi taktik bunuh diri jika musuh Anda lebih beruntung dalam menjawab pertanyaan.

Kapan Menggunakan Bantuan?

duel otak 50-50

Seperti diulas di atas, pada mode taktis Anda akan mendapatkan 3 pilihan bantuan yang cukup berguna. Jika Anda tidak ingin menggunakan koin untuk membeli bantuan tambahan, maka Anda harus menggunakan bantuan tersebut sebaik mungkin. Nah berikut adalah beberapa saran mengenai waktu yang tepat untuk menggunakannya:

  • 50-50

Pilihan bantuan yang pertama ini akan menghapus dua jawaban yang salah sehingga Anda hanya tinggal memilih satu dari dua jawaban yang tersisa. Opsi ini sangat tepat digunakan jika Anda bingung memilih antara dua jawaban yang diyakini benar.

  • Persentase

Pilihan ini mirip seperti pilihan bantuan “ask the audience” di kuis Who Wants tobe a Millionaire. Pilihan bantuan ini akan menunjukan persentase di masing-masing jawaban. Semakin besar persentasenya, maka semakin besar pula peluang benarnya. Pilihan bantuan ini sangat cocok digunakan jika Anda benar-benar tidak mengetahui jawaban yang benarnya.

  • 2 jawaban

Pilihan bantuan yang terakhir ini memungkinkan Anda untuk memilih dua jawaban sekaligus. Sama seperti opsi fifty-fifty, pilihan bantuan ini juga sangat cocok digunakan jika Anda bingung memilih satu di antara dua jawaban yang dirasa benar.

Nah itulah berbagai tips dan trik yang bisa Anda gunakan untuk memenangkan game Duel Otak. Namun ingat, kunci dari game ini adalah pengetahuan Anda sehingga semakin luas wawasan Anda, maka semakin besar pula kesempatan menangnya.

Artikel Menarik Lainnya: