advertisements

Anda tentu tahu konsol permainan genggam yang sangat digandrungi sejak tahun 2006 silam? Ya, apalagi jika bukan Nintendo DS. Permainan ini sangat digemari karena memiliki begitu banyak game yang sangat menarik. Selain itu, harga Nintendo DS (NDS) sendiri juga tidak terlalu mahal, sehingga banyak orang yang bisa memiliki game portable yang satu ini.

Nah, berikut ini Carisinyal ingin mengulas seputar jajaran game NDS terbaik sepanjang masa. Game-game ini sudah diinstall sebanyak beberapa juta kali oleh pengguna NDS. Di samping itu, game ini menjadi favorit karena alur permainannya cukup menarik.

The Legend of Zelda: Spirit Tracks

advertisements

The Legend of Zelda sudah menjadi tren sebelum NDS dirilis, kini Spirit Tracks melanjutkan kepopularitasan dari game tersebut. Di dalam game ini, pemain akan menavigasikan overworld dengan menggunakan Spirit Trains, mengendalikan secara bergantian, dan menyesuaikan kecepatan.

Selain itu, tugas pemain dari game ini juga mengontrol para ksatria dari Phantom Hourglass. Dalam The Legend of Zelda: Spirit Tracks, Anda akan terlibat dalam pertempuran atau situasi di mana Anda harus memecahkan teka-teki.

New Super Mario Bros

New Super Mario Bros game nds terbaik sepanjang masa

Siapa yang tidak kenal dengan game yang satu ini? Bahkan, banyak orang yang mengganggap Mario Bros adalah game NDS terbaik sepanjang masa. New Super Mario Bros adalah versi terbaru dari Super Mario Bros. Penambahan kata “New” di dalam game ini membawa tampilan grafis yang sudah diperbarui sehingga tampak lebih baik. Platform game ini juga menambahkan tarian dan musik Koopa Troopas, sehingga karakter Mario Bros dkk akan menari di dalam game ini.

Pokemon Black/White

Pokemon Black White

Demam Pokemon GO memang sedang dialami oleh masyarakat Indonesia. Namun, tahukah Anda jauh sebelum kemunculan Pokemon GO, Pokemon Black/White sudah lebih dulu digandrungi dalam NDS?

Pokemon Black/White masih seputar game yang membuat Anda menjadi trainer bagi para Pokemon. Anda akan mencatat semua data-data Pokemon yang hidup di alam liar. Di dalam game ini terdapat sekitar 156 Pokemon yang tersebar.

Seiring berkembangnya zaman, pengembang game juga menambahkan fitur-fitur terbaru pada game ini, seperti Trippe Battle, C-Gear, Entralink, Global Link, dan Pokemon Musical. Perlu Anda garis bawahi, tugas utama dari pemain Pokemon Black/White adalah mengumpulkan 8 lencana gym agar Anda dapat mengikuti Liga Pokemon.

Pokemon Black/White 2

Pokemon Black White 2

Selanjutnya, posisi keempat diisi dari generasi terbaru Pokemon/Black White. Seri kedua ini menambahkan lebih banyak fitur dibanding game generasi sebelumnya. Selain itu, Pokemon Black/White 2 juga dengan alur permainan yang lebih seru, karena  game ini menceritakan masa 2 tahun setelah event di game Pokemon B/W berlalu.

Animasi grafis terbaru dalam game ini juga nampak memberikan angin segar bagi para pecinta game Pokemon di NDS. Meskipun masih mengambil latar belakang di Unova, Pokemon Black/White 2 banyak menyajikan karakter-karakter baru.

Pokemon Diamond and Pearl

advertisements

Posisi kelima masih diiisi oleh game Pokemon, kali ini ada Pokemon Diamond and Pearl. Harus kami akui bahwa game generasi keempat ini memiliki tampilan grafis yang lebih baik dari game Pokemon yang sebelumnya. Tak ada perbedaan yang signifikan antara Pokemon Diamond dengan Pokemon Pearl, perbedaan hanya terdapat pada jenis Pokemon yang bisa ditangkap saja.

Ada beberapa fitur yang ditambahkan oleh si pengembang pada kedua game ini, antara lain adalah Pokeradar, Poketech, Global Trade Station, dan Sistem untuk siang dan malam. Di samping itu, di Pokemon Diamond and Pearl Anda akan diperkenalkan pada musim salju, mengingat pada seri sebelumnya hanya terdapat dua musim, yakni musim kemarau dan musim hujan saja.

Pokemon Platinum

Selanjutnya, ada Pokemon Platinum yang merupakan game NDS terbaik sepanjang masa. Game ini adalah versi pembaruan dari Pokemon Diamond and Pearl. Akan tetapi, tidak banyak perubahan yang bisa Anda peroleh di dalam game ini. Ada dungeon baru yang bisa Anda jelajahi setelah Anda berhasil mengumpulkan beberapa lencana dan Pokemon baru yang berhasil Anda tangkap.

Tampilan grafis dan alur cerita dari Pokemon Platinum juga nampak sama dengan versi sebelumnya, yakni Pokemon Diamond and Pearl. Namun, game ini tetap terasa seru karena  Anda akan menemukan urutan baru dan teka-teki yang berbeda untuk memperoleh lencana.

Chrono Trigger

Chrono Trigger

Chrono Trigger adalah game dengan battle yang cukup baik di NDS. Pertempuran yang akan Anda lakukan di dalam game ini akan dilakukan secara turn-based. Game ini memiliki standar JRPG, seperti world map, kota, dungeon, dan masih banyak lagi.

Keunikan dari Chrono Trigger ini adalah game yang nampak seperti mesin waktu, karena Anda bisa menjelajahi 3 zaman yang berbeda, yakni zaman purba, abad pertengahan, dan post-apocalypse. Walaupun grafisnya masih 2D, tetapi game Chrono Trigger masih sangat menarik untuk dimainkan. Kualitas visual yang baik bisa Anda nikmati sepanjang memainkan game NDS ini.

Mario Kart DS

Mario Kart DS

Tidak ada yang lebih menghibur dari game NDS terbaik sepanjang masa yang satu ini. Adalah Mario Kart DS yang merupakan salah satu game NDS yang menjadi favorit bagi hampir seluruh pengguna konsol permainan genggam ini.

Cara bermain yang mudah dan tidak membingungkan membuat game ini dimainkan oleh pengguna NDS dari berbagai usia. Mario Kart DS adalah game balap mobil sederhana yang tidak memerlukan peraturan yang rumit. Anda hanya perlu memilih karakter dan mulai memainkan game ini.

The Legend of Zelda: Phantom Hourglass

The Legend of Zelda Phantom Hourglass

The Legend of Zelda: Phantom Hourglass juga tidak kalah dengan Spirit Tracks. Game ini sangat menyenangkan bagi para pengguna NDS. Pasalnya, Anda akan memainkan game ini dari awal sampai akhir dengan mengandalkan stylus.

Grafis yang ditawarkan oleh game ini juga tergolong menarik. Anda akan merasa tertantang dalam memainkan game ini karena ada sejumlah puzzle yang membutuhkan ketelitian untuk segera dipecahkan.

Pokemon HeartGold and SoulSilver

Pokemon HeartGold and SoulSilver

Di daftar ini ada 5 game Pokemon yang menjadi favorit bagi para pengguna NDS, salah satunya adalah Pokemon HeartGold and SoulSilver. Game ini memiliki alur cerita yang tergolong sama dengan game-game sebelumnya.

Hanya saja, di dalam Pokemon HG / SS ini Anda bisa menangkap Pokemon legenda Non-Johto atau Johto Region, seperti Lugia, Ho-oH, Suicune, Mewtwo, dan masih banyak lagi. Jangan ngaku sebagai penggemar Pokemon jika Anda belum memainkan Pokemon HeartGold and SoulSilver ini.

Popularitas dari NDS memang tidak segemerlap dulu, mengingat saat ini sudah banyak game yang tersedia di smartphone yang tak kalah menarik dengan game NDS. Akan tetapi, jika Anda masih memainkan NDS, daftar game NDS terbaik sepanjang masa dari Carisinyal di atas bisa menjadi referensi untuk Anda.

Artikel Menarik Lainnya: