advertisements

Apa itu game rhythm? Bagaimana cara memainkan game tersebut? Pertanyaan ini mungkin muncul dalam benak sebagian orang yang masih awam dengan dunia game. Namun, tanpa Anda sadari mungkin Anda sudah sering memainkan game ini. Pernah memainkan Dance Dance Revolution atau Guitar Hero? Kedua game populer ini termasuk dalam jenis game rhythm.

Pengertian dari game rhythm adalah game yang membuat pemainnya bergerak sesuai dengan irama dari sebuah musik di dalam game tersebut. Game jenis ini sudah populer sejak tahun 1998 hingga saat ini. Ingin memainkan game ini di ponsel Android? Berikut adalah daftar game rhythm terbaik versi Carisinyal.

Beats, Advance Rhythm Game

advertisements

Beats adalah game rhythm ritmix yang sempat populer. Kemudian, pengembangnya menghentikan pembaruan game ini pada tahun 2014. Terlepas dari semua itu, jika Anda ingin memainkan game rhythm yang terbaik, maka Beats bisa menjadi pilihan yang tepat.

Game yang satu ini masih mengusung gaya klasik sejenis Dance Dance Revolution (DDR), di mana Anda harus memukul tombol arah panah sesuai dengan irama lagu. Walaupun tergolong sebagai game yang sederhana, tetapi Beats sudah diinstall sebanyak 5 juta kali dan mendapat rating 4,4 dari pengguna Android.

BeatX

BeatX Game Rhythm Ritmix

Salah satu game ritme yang masih konsisten di perangkat Android adalah BeatX. Game yang dikembangkan oleh Maniacs s.r.o. ini mengusung metode permainan ala DDR. Ketika memainkan game ini Anda diberi akses pada single player mode, doubles mode, dan split-screen multiplayer.

BeatX memungkinkan Anda untuk meng-upload file Anda sendiri selama itu masih dalam format yang kompatibel (.sm, .smzip, .dwi). Anda juga akan merasa tertantang ketika memainkan game ini karena ada leaderboard dan juga 22 penghargaan yang bisa diperoleh dari game ini.

Cytus

Cytus

Rayark International adalah pengembang yang merilis sebuah game ritme dengan nuansa yang berbeda. Ya, game tersebut adalah Cytus di mana game ini menyediakan 200 lagu dan 400 variasi dari komposer ternama dunia. Cytus adalah game yang mengambil metode permainan berbeda dari DDR. Pasalnya, Anda harus menekan benda berbentuk lingkaran (Notes) saat garis (Scan Line Aktif) bergerak melewati mereka.

Game ini memiliki alur cerita dan 9 tingkat kesulitan. Jika Anda merasa lagu yang tersedia di dalam game ini kurang lengkap, maka Anda bisa melakukan pembelian lagu langsung dari game ini.

Deemo

Deemo

Selain Cytus, Rayark International juga mengembangkan game rhythm lainnya bernama Deemo. Walaupun nampak mirip dengan Cytus, tetapi Deemo mengusung metode permainan layaknya Guitar Hero. Jika Guitar Hero menggunakan alat musik gitar, Deemo menggunakan piano.

Anda harus menekan tuts piano tanpa melewati bar hitam memanjang yang ada di bagian bawah layar. Semakin banyak Anda menekan tuts sebelum mereka melewati garis hitam, maka semakin banyak combo yang Anda buat. Deemo menyediakan 40 pilihan lagu di dalamnya. Akan tetapi, sebagai pemain Anda juga berhak menambah lagu dengan melakukan pembelian melalui aplikasi game ini.

Dynamix

advertisements

Boleh dibilang bahwa Dynamix adalah generasi terbaru game ritme untuk perangkat Android. Dengan mengusung desain triple-dropping track, Dynamix menawarkan pengalaman bermain yang lebih ritmis dan bervariasi. Selama gameplay berlangsung, pemain akan merasa seperti sedang menulis lagu. Pada permulaan, game ini mungkin akan terasa sedikit sulit dan membingungkan. Namun, tak butuh waktu lama bagi pecinta game ritme untuk beradaptasi dan menikmati Dynamix.

Di dalam game ini tersedia 20 pilihan lagu dan Anda bisa menambah koleksi lagu tersebut dengan melakukan pembelian. Unsur anime akan terasa sangat kental di dalam game ini. Ditambah lagi pengembang juga menggunakan sentuhan warna-warna neon khas anime di dalam Dynamix.

Lanota

Berbeda dengan game ritme yang sudah kami bahas sebelumnya, Lanota tergolong sebagai game ritme yang sangat unik. Pasalnya, game ini lebih menekankan alur cerita ketimbang metode dari permainan ini sendiri. Anda akan memainkan sebuah karakter game dan berpetualang untuk menemukan rahasia baru.

Permainan mekanik yang sebenarnya berlangsung pada roda raksasa yang bergerak di sekitar. Lanota adalah sebuah permainan ritme yang berbeda khusus untuk Anda yang bosan dengan game ritme metode DDR. Tak hanya itu saja, game ini juga menyediakan sepuluh tingkatan, tiga tingkat kesulitan, 16 lagu, dan buku bergambar yang menunjukkan alur cerita.

O2Jam

O2Jam

Beberapa tahun lalu, O2Jam sempat menjadi Multi Player Online Music Game yang sangat digandrungi di Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu game ini mulai ditinggalkan seiring kemunculan game jenis MMORPG seperti Ragnarok. Kini, Anda bisa memainkan O2Jam di perangkat Android Anda.

Meskipun nampak sederhana, game ini menawarkan tingkat kesulitan yang menantang. Anda harus menekan tuts yang jatuh dari atas layar sebelum tuts itu menyentuh garis. Tentu saja O2Jam adalah game yang sangat menyenangkan, terlebih game ini juga menawarkan musik yang asyik sehingga Anda bisa lebih menikmati permainan dalam game dari Korea Selatan ini.

TunesHolic

TunesHolic

Tidak suka game rhythm yang terlalu membingungkan? Anda bisa memainkan game ritme sederhana seperti TunesHolic. Game ini menggunakan metode permainan seperti Guitar Hero. Anda harus menekan tombol warna-warni sesuai dengan irama lagu yang sedang dimainkan.

Walaupun TunesHolic bukan satu-satunya game ritme yang terbaik, tetapi nyatanya game ini sudah cukup menghibur. Anda dapat mengontrol kecepatan, tingkat kesulitan, dan masih banyak lagi. Bahkan, Anda bisa memainkan game ini dengan lagu favorit Anda yang dengan cara mengunggah lagu yang tersedia di perangkat Android Anda.

VOEZ

VOEZ

Jika Anda sudah memainkan Cytus dan Deemo, maka Anda pasti akan menyukai VOEZ. Maklum saja, ketiga game ini digagas oleh developer yang sama, yakni Rayark International. Cara bermain VOEZ hampir sama dengan Demoo, di mana Anda harus menekan not-not yang berjatuhan dengan cara tap, hold, dan slide. Pasalnya, not yang berjatuhan bisa berubah posisi.

Sejauh ini, VOEZ adalah game ritme terbaik yang digagas oleh Rayark International. Apabila Anda bosan dengan game ritme yang itu-itu saja, maka cobalah untuk memainkan VOEZ.

Zyon

Zyon

Zyon adalah game ritme yang juga mengusung konten anime. Sedikit berbeda dengan game ritme lainnya, Anda tidak harus menekan tombol yang berjatuhan dari atas layar. Anda hanya perlu menekan sejumlah tombol di layar jika memang Anda benar-benar perlu menekannya.

Zyon menyediakan 30 lagu gratis, tiga tingkat kesulitan, dan leaderboard untuk melihat prestasi Anda. Game yang sudah diinstall sebanyak 1 juta kali ini telah mendapat rating 4,6 bintang.

Nah, inilah rekomendasi game rhythm dari Carisinyal untuk Anda. Install game ini dan mainkan di perangkat Android Anda. Namun, perlu Anda ingat bahwa sebagian dari game yang ada di daftar ini memerlukan koneksi internet untuk memainkannya.

Artikel Menarik Lainnya: