advertisements
advertisements

Setelah berbagai macam rumor bertebaran mengenai bentuk dan spesifikasinya, kini Google Nexus 5 resmi hadir di pasaran. Smartphone yang dibuat oleh perusahaan LG tersebut hadir dengan sistem operasi Android 4.4 KitKat yang kaya fitur. Smartphone ini juga hadir dengan berbagai spesifikasi mutakhir yang ada saat ini.

google nexus 5

Desain dan Layar

Seperti dikutip dari Goolge Blog, Nexus 5 hadir dengan dua pilihan warna yaitu hitam dan putih. Smartphone ini memiliki dimensi sebesar 137.84 x 69.17 x 8.59 mm dan bobot hanya 130 gram. Layar yang digunakan pada smartphone ini berjenis True HD IPS Plus berukuran 4.95 inch. Layar tersebut memiliki resolusi HD 1080p dengan kerapatan yag cukup tinggi yaitu 445 ppi. Menariknya, layar ini sudah dilengkapi dengan Gorilla Glass 3 untuk perlindungan yang lebih baik.

Prosessor dan Memori Penyimpanan

advertisements
advertisements

Di bagian dapur pacunya, Nexus 5 dibesut oleh chipset Qualcomm Snapdragon 800  dan prosesor Quad-core 2.3 GHz Krait 400. RAM sebesar 2 GB dan pengolah grafik Adreno 330 terbaru rasanya sudah lebih dari cukup untuk menjalankan smartphone ini pada sistem operasi Android KitKat. Seperti kebiasaan Google sebelumnya, perangkat Nexus 5 ini juga memiliki dua pilihan kapasitas memori internal yaitu 16 GB dan 32 GB tanpa adanya slot untuk memori eksternal MicroSD.

Kamera

Hal menarik terjadi di sector kamera di mana Google Nexus 5 tidak ikut dalam persaingan smartphone dengan kamera di atas 10 megapiksel. Pasalnya, smartphone ini hanya mengusung kamera utama dengan resolusi 8 megapiksel yang dilengkapi fitur OIS dan LED flash. Kamera ini juga menggunakan sensor 1/3.2″ dan aperture f/2.4. Untuk kebutuhan video calling, disediakan sebuah kamera depan dengan resolusi 1,3 megapiksel.

Baterai dan Konektivitas

Untuk baterainya, Nexus 5 hadir dengan baterai non-removable Li-Po berkapsitas 2300 mAh. Baterai tersebut dapat menopang smartphone ini hingga 17 jam waktu bicara dan 300 jam waktu standby. Menariknya, smartphone ini juga sudah dilengkapi dengan fitur wireless charging untuk proses pengisian daya tanpa kabel. Dalam hal konektivitas, smartphone ini mampu berjalan pada tiga jaringan sekaligus yaitu 2G, 3G, dan 4G LTE. Terdapat juga fitur Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0 LE, A-GPS, dan NFC.

Harga

Rasanya Carisinyal tidak perlu memberikan banyak kesimpulan karena memang Google Nexus 5 ini merupakan smartphone Android terbaik yang ada saat ini. Untuk versi 16 GB mulai dijual di Indonesia pada pertengahan Februari 2014 dan dibanderol seharga Rp. 5.799.000.

Artikel Menarik Lainnya: