advertisements

Sebagai salah satu perusahaan nomor satu dunia di bidang internet, Google tampaknya tidak pernah berhenti melakukan terobosan baru. Kali ini Google diam-diam meluncurkan program yang bernama Google WiFi Passport di Jakarta. Program tersebut merupakan implementasi dari cita-cita Google untuk memberikan layanan internet murah di negara-negara berkembang. Menariknya, Indonesia menjadi Negara pertama yang mendapatkan layanan tersebut.

google wifi passport

Belakangan ini Google memang gencar melakukan kampanye internet murah di berbagai Negara, salah satunya adalah dengan program Google WiFi Password yang sedang diuji coba di Jakarta ini. Dalam program ini, Google melakukan kerjasama dengan berbagai penyedia hotspot di Jakarta untuk menyediakan layanan ini ke berbagai penjuru ibukota.

advertisements

Para pengguna sendiri hanya tinggal membeli voucher dan menginstal aplikasinya di smartphone mereka. Program ini sendiri hanya dapat digunakan melalui smartphone atau tablet yang berjalan pada sistem operasi Android 2.2 Froyo ke atas. Voucher Google Wifi Password ini juga tersedia di berbagai tempat, seperti 7-Eleven, Circle K, Lawson, Carrefour, Hypermart, Ramayana, dan masih banyak lagi.

Cara kerja dari aplikasi ini juga cukup mudah, Anda hanya tinggal membeli voucher, masuk ke dalam akun Google, masukkan kode dari voucher tersebut, dan hubungkan ke hotspot yang menyediakan layanan ini. Setelah Anda terkoneksi ke jaringan ini, ada dapat terus online hingga 24 jam ke depan selama Anda berada di dalam jangkauan hotspot tersebut. Anda dapat meggunakan data hingga 3 GB dalam sehari atau 7 GB untuk 7 hari dan 10 GB untuk 30 hari. Untuk voucher-nya sendiri, Google menyediakan voucher gratis yang bisa digunakan selama 10 hari dan juga voucher seharga $1.82 (Rp 20.000) untuk 20 hari danĀ $4.55 (Rp 50.000) untuk 50 hari.

Untuk saat ini layanan Google WiFi Passport hanya tersedia di Jakarta saja. Belum diketahui kapan layanan ini akan hadir di kota lainnya di Indonesia ataupun juga di Negara lainnya. Namun kemungkinan besar program ini akan mengekspansi kota-kota lain di Indonesia terlebih dahulu sebelum tersedia di Negara lainnya. Jika Anda tinggal di Jakarta dan ingin mencoba layanan Internet gratis dan murah ini, silahkan download aplikasi gratisnya melalui Google Play Store di sini.

Artikel Menarik Lainnya: