advertisements

Di jaman sekarang ini, kebutuhan akan penyimpanan data yang besar sudah tidak bisa terhindarkan lagi. Mulai dari game hingga film, kualitasnya meningkat pesat sehingga ukurannya pun bertambah besar. Jika beberapa tahun yang lalu hard disk berkapasitas 320 GB sudah cukup untuk menyimpan data, kini kapasitas tersebut akan mudah habis hanya dalam beberapa minggu saja.

Bagi pemilik komputer PC, masalah tersebut mungkin mudah saja diatasi dengan menambah hard disk baru. Namun bagi pengguna laptop, tentu hal tersebut sulit untuk dilakukan. Meskipun hardisk internalnya bisa diganti, namun tetap saja tidak semudah perangkat PC.

advertisements

Untuk mengatasi masalah tersebut, para pengguna laptop biasanya membeli hardisk eksternal. Dengan perangkat tersebut, mereka bisa menyimpan data-data di luar laptop mereka. Selain itu, hardisk eksternal juga sangat praktis karena ukurannya kecil dan bisa dibawa ke mana saja.

Nah, kali ini Carisinyal akan mengulas daftar harga hardisk eksternal terbaik yang bisa Anda pilih saat ini. Berbagai hardisk ini sangat cocok untuk mengatasi masalah penyimpanan pada laptop Anda. Apa sajakah itu?

WD My Passport Ultra 3.0

WD atau Western Digital merupakan produsen yang sudah tidak asing lagi dalam bidang penyimpanan data. Salah satu produk terbaiknya dari perangkat hardisk eksternal adalah WD My Passport Ultra 3.0. Hardisk ini memiliki banyak pilihan kapasitas, mulai dari 500 GB hingga 2 TB.

Seperti nama yang diusungnya, hardisk ini sudah dibekali dengan konektivitas USB 3.0. Artinya, Anda bisa memindahkan data 3 kali lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan port USB 2.0. Namun bagi Anda yang masih memiliki laptop dengan port USB 2.0, maka hardisk ini juga tetap dapat digunakan dengan kecepatan yang normal.

harga hardisk eksternal WD My Passport Ultra 3.0

Dengan ukuran 2,5 inci, hardisk ini juga cukup ringkas dan ringan. Dengan begitu Anda dapat dengan mudah membawa hardisk ini ke mana saja. Dalam paket pembeliannya Anda juga biasanya akan mendapatkan pouch yang terbuat dari karet untuk melindunginya dari benturan.

Untuk fiturnya sendiri, WD My Passport Ultra sudah dibekali dengan WD SmartWare Pro yang akan melakukan backup data secara otomatis. Backup tersebut dapat dilakukan ke hardisk ataupun ke layanan penyimpanan cloud dari Dropbox.

Terdapat juga aplikasi WD Security yang akan melakukan enkripsi data dan juga password sehingga data-data rahasia Anda akan aman di dalamnya. Bagi Anda yang tertarik memilikinya, WD My Passport Ultra versi 1 TB saat ini dibanderol sekitar Rp 900 ribuan, sedangkan versi 2 TB sekitar 1,4 jutaan.

WD Elements New Edition USB 3.0

WD Elements New Edition USB 3.0

Selain seri Paasport, WD juga memiliki varian hardisk eksternal lainnya yang layak untuk dipertimbangkan yakni WD Elements New Edition USB 3.0. Sama seperti seri lainnya, hardisk ini juga menawarkan kapasitas penyimpanan antara 500 GB hingga 2 TB.

Hardisk ini juga dibekali dengan posrt USB 3.0 sehingga Anda tidak perlu terlalu lama menunggu untuk melakukan transfer data. Ukurannya juga cukup kecil sehingga Anda dapat memasukannya ke kantong celana sekalipun.

advertisements

Perbedaan seri WD Elements dan WD Passport terletak pada fiturnya. Ya, WD Elements merupakan hardisk basic yang hanya digunakan untuk menyimpan data saja. Di dalam hardisk ini Anda tidak akan menemukan fitur semacam WD SmartWare Pro dan WD Security.

Artinya, hardisk WD Elements New Edition sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin dipusingkan oleh berbagai fitur yang mungkin cukup merepotkan tersebut. Untuk harganya sendiri, versi 1 TB saat ini dibanderol dengan harga Rp 800 ribuan.

SEAGATE Expansion External Portable USB 3.0

Seagate merupakan nama besar lain yang sudah banyak makan asam garam di dunia penyimpanan digital. Seagate memiliki banyak produk andalan untuk urusan penyimpanan data, salah satunya adalah SEAGATE Expansion External Portable USB 3.0.

Hardisk ini memiliki ukuran 2,5 inci yang ringkas dan mudah untuk dibawa pergi. Hardisk ini juga sudah terintegrasi dengan Power management sehingga penggunaan daya listriknya sangat minimalis dan tidak akan cepat menghabiskan daya baterai laptop Anda.

Bagi Anda yang tidak ingin repot melakukan berbagai pengaturan, maka hardisk sangat cocok untuk Anda karena akan langsung aktif ketika dihubungkan ke laptop. Tidak perlu melakukan partisi ataupun instalasi karena Anda dapat langsung memindahkan dan menyimpan data di dalamnya.

Hardisk ini juga sudah mendukung USB 3.0 sehingga proses pemindahan data akan berlangsung lebih cepat. Harga hardisk eksternal terbaik dari Seagate ini dibanderol seharga Rp 700 ribuan untuk versi 500 GB, dan versi 1 TB seharga Rp 900 ribuan.

SEAGATE Backup Plus SLIM USB 3.0

SEAGATE Backup Plus SLIM USB 3.0

Seri lainnya dari Seagate yang cukup mumpuni adalah SEAGATE Backup Plus SLIM USB 3.0. Seperti tergambar dari namanya, hardisk ini memiliki bodi yang kecil dan juga ramping. Namun meskipun kecil, casing metal yang menutupnya akan membuatnya kuat dan tidak mudah rusak.

Seri ini dapat dibilang lebih kaya fitur dibandingkan dengan seri Seagate Expanion di atas. Hardisk ini memiliki fitur Seagate Mobile Backup yang akan melakukan backup foto dan video secara otomatis dari perangkat iOS maupun Android. Data tersebut kemudian akan disimpan di dalam hardisk ataupun dalam penyimpanan awan milik Dropbox dan Google Drive.

Terdapat juga aplikasi Seagate Dashboard yang akan memudahkan Anda untuk melakukan backup data dari laptop. Terdapat dua opsi backup yang bisa Anda pilih, yakni terjadwal dan juga kontinyu. Proses backup tersebut juga tidak akan memakan waktu yang lama karena hardisk ini sudah mendukung USB 3.0.

Belum puas? SEAGATE Backup Plus SLIM juga memiliki fitur untuk mem-backup foto dan video dari media sosial seperti Facebook dan Flickr. Anda juga dapat membagikan foto secara langsung ke berbagai situs tersebut atau bahkan mengunggah video ke YouTube. Untuk harganya, versi 1 TB dibanderol pada kisaran Rp 950 ribuan, sedangkan versi 2 TB seharga Rp 1,5 jutaan.

Nah itulah daftar harga hardisk eksternal terbaik yang dapat Anda pilih untuk menyimpan berbagai data yang Anda miliki. Kini Anda tidak perlu lagi bingung jika laptop Anda sudah kehabisan ruang penyimpanan kosong. Namun sebelum membelinya, pastikan Anda sudah membaca tips dan trik memilih hardisk eksternal yang bagus di sini.

Artikel Menarik Lainnya: