advertisements

Kacamata tembus pandang sejenis X-Ray Specs kini cukup booming di Amerika. Apakah kacamata ini dapat menerawang bagian dalam tubuh layaknya foto rontgen yang menggunakan sinar X? Nah, kacamata yang satu ini tidak benar-benar menggunakan sinar X, melainkan hanya menampilkan ilusi optik.

Adapun kacamata ini dibuat dengan versi bingkai kertas seperti kacamata 3D. Anda bisa memperoleh kacamata dengan bingkai kertas ini pada merk X-Ray Spex dan X-Ray Gogs.Produk kacamata X-Ray Specs mengusung slogan: “See the bones in your hand, see through clothes!” yang artinya bisa melihat tulang di tangan Anda, bahkan menembus pakaian sekaligus.

advertisements

Namun, kacamata ini sebenarnya tidak bisa menerawang tulang dalam tubuh Anda. Prinsip kerja kacamata ini terletak pada lensa yang digunakan. Ada sebuah bulu yang tertanam di bagian dalam kedua lensa kacamata. Nah, bulu tersebut akan terdifraksi bersamaan dengan cahaya yang ditangkap oleh mata penggunanya. Nantinya pengguna akan melihat dua offset gambar.

Contohnya, pengguna kacamata akan melihat sebuah pensil. Akan tetapi, kacamata ini akan menciptakan ilusi optik yang membuat pengguna seolah bisa melihat grafit yang tertanam pada bagian dalam pensil yang tidak bisa dilihat kasat mata. Wah, menarik sekali bukan?

Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki kacamata semacam itu, berikut Carisinyal akan mengulas beberapa macam kacamata tersebut yang bisa Anda beli secara online beserta dengan kisaran harganya saat ini.

  1. X-Ray Gogs

harga kacamata tembus pandang xray gogs

Sekilas kacamata ini nampak seperti kacamata 3D karena bingkainya terbuat dari plastik. Sama seperti dengan kacamata Sinar X mainan pada umumnya, X-Ray Gogs juga memainkan ilusi optik yang cukup baik. Objek akan terlihat seperti tumpang tindih (ganda) di mata pengguna kacamata ini.

Jadi, ketika Anda menggunakannya dalam gelap, maka Anda akan merasa seperti melihat tulang pada tangan. Bahkan, ketika Anda menggunakan kacamata ini di tempat yang terang, tirai dan gaun akan nampak seperti tembus pandang. X-Ray Gogs kini dijual dengan harga sekitar $7.95.

  1. X-Ray Specs

Kacamata ini menyempurnakan produk yang pernah ada di tahun 1960an. Kacamata jenaka ini sering dikenakan sebagai lelucon untuk berpura-pura melakukan “rontgen” pada tulang atau menembus pakaian orang terdekat Anda.

Bingkai kacamata ini terbuat dari kertas. Untuk memiliki X-Ray Specs ini Anda hanya perlu merogoh kocek sekitar $7.49. Kacamata ini sangat cocok dijadikan hadiah untuk ulang tahun teman-teman Anda.

  1. X-Ray Sparkle Goggles

kacamata xray elope sparkle

Sepintas kacamata ini nampak seperti kacamata yang digunakan oleh pilot pesawat terbang jaman dahulu kala. Namun, spesifikasi dari X-Ray Sparkle Goggles lebih tinggi dibanding dua kacamata tembus pandang sebelumnya.

Pasalnya, bingkai kacamata ini terbuat dari plastik. Bahkan, kacamata yang diproduksi di Amerika Serikat ini memiliki engsel yang terbuat dari logam UV 400. X-Ray Sparkle Goggles bisa digunakan oleh anak berusia 12 tahun ke atas hingga orang dewasa.

advertisements

Harga yang dibandrol untuk kacamata ini sedikit lebih mahal, yakni $11.95. Hal tersebut karena material dan spesifikasi X-Ray Sparkle Goggles cukup baik di antara kacamata yang serupa. Nah, sudah siap untuk menembus kulit dan melihat tulang belulang ada tubuh Anda?

  1. Yellow X-Ray Vision Glasses Hypnotize

Lensa kacamata ini nampak seperti twister yang dapat menghipnotis siapapun yang menatapnya. Tapi, apakah lensa tersebut dapat benar-benar menghipnotis seseorang? Tentu saja tidak. Kacamata ini memiliki fungsi yang sama dengan kacamata X-Ray mainan lainnya.

Hal yang membedakan kacamata ini dengan produk lainnya adalah tampilannya. Yellow X-Ray Vision Glasses memiliki visi yang lebih sempurna, sehingga tampilan yang ditangkap oleh pengguna terlihat lebih sempurna. Jika Anda hendak membeli kacamata ini, Anda perlu menyiapkan dana sebesar $13.99 saja.

  1. Blue X-Ray Vision Glasses Hypnotize

Blue-X-ray-Vision-Glasses

Spesifikasi dari Blue X-Ray Vision Glasses sama dengan Yellow X-Ray Vision Glasses. Perbedaan hanya terletak pada varian warnanya saja, yakni biru dan kuning. Harga yang dibandrol untuk sebuah kacamata ini adalah $13.99. Jadi, warna manakah yang akan Anda pilih untuk X-Ray Vision Glasses ini?

Tahukah Anda bahwa kacamata tembus pandang atau yang lebih dikenal dengan X-Ray Glasses ini sudah ada sejak awal tahun 1900. George W. Macdonald mematenkan ilusi optik yang terdapat pada lensa kacamata di tahun 1906.

Sementara itu, konfigurasi tubular yang menggunakan prinsip ilusi serupa serta menggunakan bulu dipatenkan untuk pertama kali oleh Fred J. Wiedenbeck pada tahun 1909. Sesudah itu, spesifikasi X-Ray Specs semakin ditingkatkan oleh Harold von Braunhut yang juga merupakan penemu Amazing Sea-Monkeys.

Jauh sebelum menemukan X-Ray Specs, Harold lebih dulu membuat produk Wonder Tube dengan cara kerja yang sama. Namun, Harold menguji coba penemuannya ini pada teleskop kecil, bukan pada kacamata. Nama yang digunakan untuk kacamata X-Ray ini terinspirasi dari sebuah band punk asal Inggris, yakni The X-Ray Spex.

Nah, kini Anda sudah tau mengenai cara kerja dan spesifikasi pada sebuah kacamata tembus pandang. Harga yang dipatok untuk sebuah kacamata ini juga tidak terlalu mahal. Karena pada dasarnya kacamata ini tidak benar-benar bisa menerawang ke bagian dalam kulit manusia atau pakaian.

Jadi, kacamata ini hanya merupakan produk yang bisa digunakan untuk bersenang-senang. Anda bisa mengerjai teman atau kerabat dengan kacamata ini! Di samping itu, kacamata ini dapat dijadikan sebagai pilihan fun gift untuk teman yang sedang berulang tahun. Kacamata ini bisa diorder melalui toko online seperti Amazon atau eBay.

Selain dengan kacamata, Anda juga dapat mencoba menjahili teman dengan menggunakan kamera tembus padang sederhana. Kamera tersebut dapat Anda buat sendiri dengan bantuan smartphone dan bungkus rokok. Untuk tutorialnya, silahkan simak artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: