advertisements

Dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan internet, maka penggunaan modem juga tidak bisa dilepaskan dari aktivitas sehari-sehari. Saat ini banyak sekali ragam modem yang tersebar di pasaran. Mereka hadir dengan fitur dan keunggulannya masing-masing. Nah, kali ini Carisinyal akan mengulas daftar harga modem GSM terbaik pada tahun 2015 ini.

Daftar ini hanya akan mengulas modem yang mendukung jaringan GSM dan LTE karena jaringan CDMA sudah mulai ditinggalkan di Indonesia. Harga yang tercantum di sini juga mungkin akan berbeda dengan yang ada di pasaran karena kebijakan dari masing-masing penjualnya.

Huawei E3276 S-920

advertisements

Huawei E3276 merupakan salah satu modem 4G LTE termurah yang beredar di pasaran saat ini. Modem USB ini mampu menembus kecepatan download maksimal hingga 150Mbps. Sedangkan untuk kecepatan upload-nya mampu menembus hingga 50Mbps.

Modem GSM tercepat ini juga dibekali dengan chip yang tahan panas sehingga dapat digunakan secara terus menerus. Terdapat juga slot MicroSD card untuk menyimpan berbagai data di dalamnya. Jika di daerah Anda penerimaan sinyalnya kurang baik, maka modem ini menyediakan slot untuk antena eksternal 4G.

Modem Huawei E3276 ini terdiri dari berbagai macam versi tergantung dari jaringan 4G LTE yang diusungnya. Di Indonesia sendiri saat ini kebanyakan yang beredar adalah versi S-920 yang mendukung jaringan 4G di frekuensi 2300 dan 2600 MHz.

modem gsm terbaik

Jaringan 2300 MHz hanya digunakan oleh Bolt dan rencananya oleh Smartfren juga. Oleh karena itu versi S-920 tidak bisa digunakan untuk jaringan 4G LTE dari provider Telkomsel, XL, Indosat, dan 3 yang akan menggunakan frekuensi 900 dan 1800 MHz. Maka dari itu, telitilah memilih sebelum membelinya.

Namun meskipun jaringan 4G-nya terbatas, modem GSM murah ini tetap mendukung seluruh frekuensi 2G dan 3G dari berbagai operator tersebut. Modem ini juga mendukung jaringan DC-HSPA+ yang memiliki kecepatan 42Mbps. Untuk harganya sendiri, modem Huawei E3276 S-920 dijual pada kisaran Rp 230.000.

Sierra 320U

Modem GSM terbaik selanjutnya adalah Sierra 320U. Sama seperti modem sebelumnya, modem ini juga sudah mendukung jaringan 4G LTE. Bedanya, modem ini baru mendukung LTE Category 3 sehingga kecepatan download maksimalnya hanya 100Mbps dengan kecepatan upload maksimal 50Mbps.

sierra 320u

Modem ini memiliki fitur GPS untuk menentukan lokasi Anda berada. Slot MicroSD dan juga slot untuk antena eksternal juga sudah disediakan untuk memperbaiki kualitas penerimaan sinyal. Bahkan, terdapat 2 slot antena eksternal pada modem ini.

Sierra 320U merupakan salah satu modem 4G LTE yang cocok untuk berbagai operator di Indonesia. Modem ini mendukung frekuensi 4G 1800 MHz yang akan digunakan oleh empat operator besar di Indonesia. Namun, modem ini tidak mendukung frekuensi 2300 MHz yang digunakan oleh Bolt.

Selain mendukung jaringan 4G LTE, modem ini juga tentunya kompatibel dengan jaringan 3G/UMTS, HSDPA, HSPA+, HSUPA, EDGE, dan GPRS dari semua operator. Untuk harganya, modem ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 320.000.

Huawei E5372s

advertisements

Huawei E5372s merupakan modem yang tersedia di Indonesia dengan melalui salah satu operator 4G LTE yakni Bolt. Maka dari itu, modem ini secara default akan terkunci ke jaringan 4G Bolt yang berada pada frekuensi 2300 MHz.

Namun saat ini sudah banyak versi unlocked dari modem Huawei E5372s ini. Dengan versi unlocked Anda bisa menggunakannya di jaringan 3G atau 2G dari berbagai operator besar di Indonesia. Untuk kecepatannya, modem WiFi GSM terbaik ini diklaim mampu menembus kecepatan download 72 Mbps pada jaringan Bolt.

Karena berjenis modem WiFi (MiFi), Huawei E5372s ini dapat digunakan sebagai access point WiFi dengan maksimal perangkat yang terhubung sebanyak 10 buah. Selain itu, modem ini juga sudah dilengkapi dengan baterai sehingga dapat digunakan tanpa perlu terhubung ke PC ataupun ke colokan listrik.

Pada bagian depannya terdapat sebuah layar LCD berukuran 1,45 inci. Layar tersebut akan menampilkan status koneksi, nomor Bolt yang digunakan, kekuatan sinyal, serta informasi jaringan lainnya. Di layar tersebut Anda juga dapat mengatur password untuk jaringan WiFi.

huawei bolt e5372s

Modem Huawei E5372s keluaran Bolt ini terdiri dari dua seri, yakni Slim dan Max. Versi Slim memiliki ukuran dan kapasitas baterai yang lebih kecil sehingga dibanderol seharga Rp 399.000. Sedangkan untuk versi Max dilepas dengan harga yang lebih mahal yakni Rp 499.000.

Sierra 754S

Sierra 754S juga merupakan sebuah modem WiFi yang dapat digunakan untuk membagikan koneksi internet ke perangkat lainnya. Modem ini sebenarnya sudah mendukung jaringan 4G LTE, namun hanya pada frekuensi 700 dan 1700 MHz saja.

SIERRA-WIRELESS-AirCard-754S-LTE

Artinya modem ini tidak dapat digunakan untuk jaringan 4G LTE di Indonesia yang menggunakan frekuensi 900 dan 1800 MHz (Telkomsel, XL, Tri, Indosat), serta frekuensi 2300 MHz (Bolt). Namun modem ini tetap dapat digunakan untuk jaringan 2G serta 3G dari berbagai operator tersebut.

pada panel depan dari modem ini terdapat layar LCD yang akan menampilkan berbagai informasi jaringan. Di layar tersebut Anda juga dapat mengatur setingan WiFi yang digunakan. Modem ini sendiri dapat membagikan koneksi internet untuk 5 perangkat sekaligus.

Sama halnya seperti modem MiFi lainnya, Sierra 754S juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 1800 mAh. Dengan begitu Anda dapat menggunakannya tanpa perlu terhubung ke listrik. Terdapat juga fitur GPS untuk keperluan lokasi dan slot MicroSD untuk menyimpan data di dalamnya. Harga modem WiFi ini dijual pada kisaran harga Rp 400.000.

Itulah daftar harga modem GSM terbaik dan tercepat yang dapat Anda pilih saat ini. Jika Anda menginginkan modem yang praktis, maka pilihlah modem dongle standar. Sedangkan jika menginginkan koneksi WiFi, maka pilihlan modem WiFi keluaran Huawei dan Sierra di atas.

Artikel Menarik Lainnya: