advertisements

Harga motherboard Intel terbaru saat ini memang bermacam-macam. Jika Anda akan membeli komputer rakitan, tentu Anda membutuhkan motherboard karena fungsinya sangat vital di dalam komputer. Motherboard merupakan papan utama untuk menampung berbagai hardware yang dibutuhkan komputer, mulai dari Processor, RAM, VGA, hardisk dan sebagainya.

Kebutuhan motherboard saat ini memang masih tinggi, meskipun saat ini banyak yang memilih laptop. Banyak alasan mengapa mereka tetap memilih komputer desktop. Misalnya, komputer desktop lebih murah sparepart-nya dan lebih tahan lama penggunaannya. Tentu ini berbeda dengan laptop yang sparepart-nya mahal.

advertisements

Untuk memenuhi hasrat pecinta komputer model lama ini, pada ulasan kali ini Carisinyal akan memberikan review motherboard LGA 1155 Asrock Extreme4. Seperti apa produk motherboard tersebut? Mari simak ulasannya.

Asrock Z77 Exteme4

Produsen motherboard Asrock kali ini memberikan pilihan produk motherboard murah tetapi bukan murahan. Asrock Z77 sudah menggunakan chipset Intel Z77 terbaru. Meskipun dalam memilih motherboard dengan chipset Z77 perlu perhatian khusus, tapi pada produk Asrock ini sudah cukup dipercaya kualitasnya. Dibanding dengan pesaing motherboard dari merk lain, harga Asrock lebih terjangkau.

Asrock Z77 Extreme4 merupakan motherboard kelas atas dari Asrock. Fitur yang dibawa pada seri terbaru ini lebih lengkap dibanding keluaran Asrock sebelumnya. Asrock mengusung model ATX dengan harga yang cukup terjangkau untuk model motherboard chipset terbaru Z77. Motherboard ini support untuk processor Intel mulai dari Core i3, i5, i7 dengan menggunakan socket 1155.

Anda tidak perlu menggunakan kartu grafis secara terpisah, karena pada produk ini sudah menerapkan VGA onboard dari Intel Graphic HD. Selain itu, merk ini menggunakan memory RAM jenis DDR3 sehingga semua hardware yang digunakan sudah mengusung model terbaru dan modern. Pada bagian audio, sudah menggunakan soundcard Realtek 898 CH7.1 High Definition.

Untuk kebutuhan perangkat koneksi jaringan, Asrock Extreme4 menggunakan PCIE 1x dari Gigabyte LAN. Jika Anda tertarik dengan berbagai fitur ungulan tersebut, Anda bisa membeli produk ini dengan harga Rp 1.600.000. Harga ini merupakan harga yang cukup murah jika menilik spesifikasi yang dibawa pada Asrock Z77 Extreme4. Anda bisa membeli online maupun di toko komputer.

[youtube youtubeurl=”iT1pTgU_N8c” ][/youtube]

Tampilan Kemasan

Asrock Exteme4 hadir dengan kemasan lebih tegas. Pilihan warna hitam pada kardus kemasan memberi warna baru untuk Asrock. Motif karbon juga mendukung tema yang serasi dengan extreme 4 pada kemasan kardus depan.

Sedangkan pada kardus kemasan bagian belakang, uraian mengenai produk ini didesain menarik dengan motif gold yang elegan. Grafis yang menarik juga bisa Anda temukan pada bagian depan dan belakang. Penjelasan yang singkat namun lengkap dicantumkan pada bagian belakang, termasuk fitur unggulan yang ada pada Asrock Extreme 4.

Kelengkapan

Harga Motherboard kemasan

Seperti dikutip dari Tomshardware, motherboard Asrock Z77 ini menyertakan beberapa komponen seperti 2 kabel SATA, 1x SLI Bridge dan Back panel I/O. Perlengkapan tersebut merupakan sarana wajib dan hampir disertakan pada semua produk motherboard. Cukup menarik bukan?

Jika Anda ingin mempunyai ilmu merakit komputer sendiri, perlengkapan tersebut sudah cukup memberikan kelengkapan ketika Anda akan memulai merakit satu persatu hardware yang dibutuhkan. Namun, jika Anda menghendaki jumlah storage yang lebih banyak dari bawaan motherboard, Anda harus membeli sendiri. Harga kabel storage tersebut juga cukup terjangkau.

Buku panduan dan dokumentasi

advertisements

Pada setiap produk motherboard baru tentu akan disertai buku panduan dan dokumentasi seputar produk. Asrock Z77 Extreme4 juga menyertakan buku panduan yang lengkap untuk proses instalasi. Selain itu terdapat juga CD yang berguna untuk menginstal berbagai macam driver motherboard.

Pada CD tersebut juga sudah disertakan berbagai utility untuk keperluan sistem operasi termasuk rekomendasi program dan anti-virus. Semua kelengkapan itu bisa Anda dapatkan dengan harga motherboard yang cukup terjangkau dan paling modern dari Asrock. Anda sudah yakin dengan pilihan ini? Jika belum, maka akan kami berikan uraian lainnya seputar Asrock Extreme4 berikut.

Tampilan Motherboard

Harga Motherboard

Tampilan produk motherboard dari Asrock terdapat kesamaan dengan desain pada kemasan. Warna hitam menjadi pilihan Asrock pada papan induk yang menggunakan socket 1155 ini. Selain itu, ada beberapa perpaduan warna abu-abu dan emas pada beberapa komponen, sehingga produk ini menampilkan kesan modern. Warna produk Asrock ini serasi dengan tema dan fitur yang dibawa pada motherboard-nya.

Asrock Extreme4 mempunyai ukuran dimensi 305 x 218 mm. Meskipun menggunakan ukuran standar ATX, tetapi lebar motherboard bisa dibilang lebih kecil dibandingkan ukuran standar yang diterapkan pada standar ATX factory yaitu 244 mm. Sehingga untuk mengatasi kondisi ini, Asrock tidak menyertakan lubang baut pada sisi kanan dari papan PCB.

Dari ukuran yang lebih minimalis tersebut, maka Asrock bisa membuat desain port SATA di sebelah kanan bawah. Ukuran ini bisa menyiasati penggunaan casing komputer ukuran basic dengan harga yang lebih terjangkau. Tapi untuk pemilihan casing ini tetap kami kembalikan ke selera masing-masing pengguna PC. Sebab, masih banyak orang yang menyukai casing model tower yang lebih besar.

Panel belakang

Harga Motherboard ports

Pada bagian back panel Extreme 4 Asrock menerapkan beberapa panel seperti berikut ini:

  • 1x PS/2 keyboard dan mouse
  • 1x DVI D Port
  • 1x D-sub Port
  • 1x HDMI
  • 2x USB Port
  • 1x Sata 3 connector
  • 4x USB 3 Port
  • 1x RJ-45 LAN dengan indikasi lampu LED
  • 1x Clear CMOS Switch dengan indikasi LED dan
  • 5x Audio Jack kualitas HD

Terdapat juga clear CMOS Switch yang bisa memudahkan pengguna PC ketika akan mereset aturan BIOS untuk kembali seperti semula. Hal ini berbeda dengan motherboard terdahulu yang harus memindahkan PIN Clear CMOS ketika akan men-set ulang BIOS di motherboard. Sedangkan port USB 3 didapat dari Chipset Z77 dan sisanya berasal dari chip ASM1042.

Slot PCIE

Asrock Extreme4 Z77 menyertakan posisi yang luas di sela-sela PCIE Slot x16 pertama dan kedua sampai pada konfigurasi multi GPU yang memungkinkan pengguna PC menempatkan kartu grafis model triple-slot cooling. Dengan begitu, jika Anda mempunyai hobi bermain game maupun desain grafis, menggunakan motherboard ini bisa memberikan jaminan tingkatan grafis yang sempurna.

Selain itu, penerapan dan cara ini masih memungkinkan pengguna PC menggunakan slot PCI pertama untuk pengaturan multi GPU dengan menerapkan kartu grafis model dual slot cooling. Maka dari itu, pilihan Anda menjadi lebih bervariasi menyesuaikan kebutuhan dan budget ketika membangun sebuah perangkat komputer. Asrock Z77 Exreme4 memberikan kemudahan untuk pilihan kartu VGA.

Anda juga masih akan menemukan keunggulan lain pada fitur yang disematkan pada Asrock Exxtreme4 sehingga menjadikannya sebagai pilihan tepat untuk PC Anda. Harga motherboard yang terjangkau bisa menjadi pertimbangan dalam memilih Asrock Z77 Extreme4.

Artikel Menarik Lainnya: