advertisements

Perangkat terbaru Samsung Galaxy Note 3 Lite akhirnya secara resmi masuk ke pasaran Indonesia. Versi mini dari Galaxy Note 3 ini dibanderol dengan harga Rp 6,8 juta, sebuah harga yang cocok untuk berbagai macam kelebihan yang dibawanya. Phablet ini sendiri tetap mengusung berbagai macam fitur khas Galaxy Note, salah satunya adalah pena stylus S-Pen. Selain itu, phablet ini juga kemungkinan besar akan mendapatkan update Android 4.4 KitKat terbaru.

Samsung Galaxy Note 3 Lite

Desain dan Layar

Desain yang diusung oleh Samsung Galaxy Note 3 Lite tidak memiliki perbedaan berarti dengan seri Note 3 reguler. Perbedaan tentunya hanya terdapat pada ukurannya di mana Note 3 Lite memiliki dimensi sebesar 148.4 x 77.4 x 8.6 mm dan berat 162.5 gram. Phablet ini sendiri tetap dilengkapi dengan S-Pen stylus dan hadir dengan tiga pilihan warna yaitu hitam, putih, dan hijau.

advertisements

Pada sektor layarnya, phablet ini mengusung layar Super AMOLED berukuran 5,5 inch. Layar tersebut menyuguhkan resolusi HD 720 x 1280 piksel sehingga mampu menghasilkan gambar dengan sangat baik. Kerapatan layar sebesar 267 ppi juga menjamin gambar yang disajikannya akan sangat tajam. Seperti halnya perangkat buatan Samsung lainnya, phablet ini juga dibekali dengan tampilan antar muka TouchWiz UI.

Prosesor dan Memori Penyimpanan

Untuk sektor dapur pacu, Samsung Galaxy Note 3 Lite mempercayakannya pada chipset buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 5260 dengan prosesor Quad-core 1.3 GHz Cortex A7 dan dual-core 1.7 GHz Cortex A15. Kombinasi pengolah grafis Mali-T624 dan RAM sebesar 2 GB akan membuat ketangguhan performa dari phablet ini tak akan bisa dibantah lagi.

Untuk menyimpan berbagai macam data, phablet besutan produsen asal negeri ginseng ini menyediakan ruang memori internal sebesar 11 GB dari total 16 GB yang dimilikinya. Terdapat juga sebuah slot MicroSD untuk menambah kapasitas memorinya dengan kartu MicroSD yang berkapasitas maksimal 64 GB.

Kamera

Kamera yang diusung oleh Samsung Galaxy Note 3 Lite juga sangat mumpuni untuk aktivitas fotografi. Phablet ini menyediakan kamera belakang sebesar 8 megapiksel yang sudah dilengkapi dengan berbagai macam fitur mumpuni seperti autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, panorama, dan HDR.

Untuk merekam video, kamera utama tersebut mampu merekam video HD 1080p pada kecepatan 30 fps dengan dukungan fitur stereo sound rec. Sementara untuk keperluan video calling ataupun foto selfie, phablet yang juga dikenal dengan nama Samsung Galaxy Note 3 Neo ini menyediakan kamera depan yang memiliki resolusi 2 MP.

Fitur, Konektivitas, dan Baterai

Samsung Galaxy Note 3 Lite hadir dalam dua versi, yakni single SIM dan juga dual SIM GSM. Di sektor konektivitasnya, phablet ini memiliki fitur yang sangat lengkap seperti Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v4.0 dengan A2DP dan LE, MicroUSB v2.0, USB Host, NFC, dan juga Infrared.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh phablet ini di antaranya adalah GPS dengan dukungan A-GPS dan GLONASS, S-Voice natural language commands and dictation, dan Air gestures. Sementara untuk baterainya, phablet ini dibekali dengan baterai Li-Ion 3100 mAh.

Harga

Berdasarkan rilis harga dari Indokom, phablet yang berjalan pada sistem operasi Android 4.3 Jelly Bean ini dijual seharga Rp 6.799.000, jauh lebih murah ketimbang Note 3 reguler yang dijual seharga Rp 8.880.000. menariknya, harga jual Samsung Galaxy Note 3 Lite di Indonesia ini ternyata lebih murah ketimbang banderol harganya di pasaran Eropa.

Artikel Menarik Lainnya: