advertisements

Apa yang Anda lakukan ketika ada acara televisi yang seru namun sedang berada di perjalanan atau di luar rumah? Jika memiliki koneksi internet yang baik, mungkin live streaming menjadi pilihan terbaik. Namun bagaimana jika tidak ada koneksi internet? TV tuner untuk laptop dan Android adalah jawabannya.

Ya, dengan TV tuner kita bisa menonton berbagai macam siaran televisi di perangkat laptop ataupun smartphone dan tablet Android. Selain itu, menonton melalui TV tuner juga dapat dilakukan secara gratis tanpa perlu biaya internet dan lainnya. Nah, berikut Carisinyal akan mengulas daftar TV tuner untuk laptop dan Android terbaik saat ini.

Advance TV Tuner ATV-690 USB TV Stick

advertisements

Advance ATV-690 merupakan sebuah TV tuner berbentuk USB stick yang cukup mungil. Karena bentuknya yang ramping tersebut, perangkat ini dapat dibawa dengan mudah ke mana saja seperti layaknya perangkat USB flash disk.

Tv tuner ini dapat diinstal di laptop ataupun di komputer PC. Terdapat sebuah remote control agar Anda dapat mengoperasikannya sambil menonton dari jarak jauh. Sebuah antena TV portabel juga telah disediakan untuk memperbaiki kualitas penerimaan gambarnya.

TV tuner untuk laptop

Pada perangkat ini juga terdapat slot untuk kabel RCA. Artinya, Anda bisa menghubungkan perangkat VCD/DVD Player, PlayStation, dan lainnya ke laptop melalui TV tuner ini. dengan berbagai fiturnya tersebut, Advance TV Tuner ATV-690 dijual pada kisaran harga Rp 230.000 dan bisa Anda beli secara online di link ini (silahkan install aplikasi Lazada terlebih dahulu untuk membuka link dari smartphone).

uNiQue USB TV Tuner Star Vision

Perangkat TV tuner terbaik selanjutnya adalah uNiQue USB TV Tuner Star Vision. Perangkat ini memiliki desain yang cukup unik dengan rongga-rongga kecil di sekeliling casingnya. Rongga tersebut berfungsi sebagai ventilasi yang akan membuang suhu panans di dalam Tv tuner.

TV tuner buat laptop ini juga dapat menangkap semua siaran televisi analog di Indonesia dengan fitur Auto scan. Caranya, instal drivernya di laptop atau PC, lalu pilih negara Indonesia, dan terakhir klik Auto scan. Setelah itu, berbagai siaran lokal Indonesia yang ada di daerah Anda akan tertangkap semuanya.

uNiQue USB TV Tuner Star Vision

Menariknya, TV tuner USB ini juga dapat merekam berbagai acara favorit Anda. Bahkan ketika Anda tidak bisa menontonnya, TV tuner ini dapat diatur jadwalnya untuk merekam acara televisi pada jam-jam tertentu secara otomatis.

Seperti TV tuner external lainnya, uNiQue USB TV Tuner Star Vision juga sudah dilengkapi dengan remote control dan sebuah antena mini. Selain itu, perangkat ini juga dapat menangkap siaran Radio FM lokal. Perangkat TV tuner ini dijual cukup murah yakni pada kisaran harga Rp 200.000 dan bisa dibeli secara online di link ini.

Gadmei TV Tuner USB Stick 380

Gadmei TV Tuner USB Stick 380

Tidak mau ketinggalan dengan produsen lainnya, Gadmei juga mengeluarkan sebuah TV tuner USB yang cukup handal. Gadmei TV Tuner USB Stick 380 mampu menyuguhkan berbagai siaran tv analog lokal dengan kualitas gambar dan suara yang cukup baik.

advertisements

Desain yang diusungnya juga sangat simpel dan menyerupai sebuah perangkat flashdisk. Dengan begitu Anda dapat membawa Tv tuner Gadmei ini ke mana saja dengan sangat praktis. TV tuner ini juga dapat diinstal pada laptop dengan berbagai sistem operasi seperti Windows XP, Windows 7, dan Windows 8.

Fitur untuk merekam acara televisi juga sudah disematkan pada TV tuner ini. Selain itu terdapat juga port input audio dan video untuk menghubungkannya dengan DVD/VCD Player atau PlayStation. Kelengkapan lainnya yang dimiliki perangkat ini di antaranya adalah remote control dan antena TV portabel. Harga tv tuner untuk laptop ini dijual pada kisaran Rp 220.000 dan bisa dibeli secara online di link ini.

MyGica T230 TV Tuner Digital DVB-T2

TV tuner untuk laptop terbaik yang selanjutnya adalah MyGica T230. Jika ketiga perangkat TV tuner di atas hanya dapat menangkap siaran analog, maka TV tuner buatan MyGica ini sudah bisa menangkan siaran TV digital DVB-T2.

Seperti kita ketahui, saat ini di Indonesia sedang dilakukan transisi dari Tv analog ke TV digital bersistem DVB-T2. Dengan sistem digital tersebut, kita tidak akan lagi melihat layar televisi yang dipenuhi semut karena kualitas penerimaan yang kurang baik. Semua siaran televisi akan bersih asalkan dapat menerima sinyal dari pemancarnya.

Saat ini di beberapa kota besar di Indonesia siaran Tv digital sudah mulai mengudara. Nah, agar dapat menikmati siaran yang bening tersbut, TV tuner MyGica T230 dapat menjadi solusinya. Desainnya yang ramping juga membuatnya mudah untuk dibawa ke mana saja.

MyGica T230 TV Tuner Digital DVB-T2

Fitur unggulan yang dimiliki oleh perangkat ini adalah EPG (electronic program guide). Dengan EPG, kita bisa melihat jadwal acara sebuah stasiun televisi pada hari tersebut. Selain itu, terdapat juga fitur multi simultaneous channel preview untuk melihat preview beberapa channel secara bersamaan dalam satu layar.

Sama seperti perangkat TV tuner lainnya, MyGica T230 juga memotret tayangan televisi, merekam, serta mengatur jadwal rekamannya. Namun ingat, pastikan Anda memiliki kapasitas hard disk yang cukup untuk menyimpan rekaman siaran tersebut.

Menariknya, TV tuner laptop ini juga dapat dihubungkan ke perangkat Android dengan bantuan kabel USB on the go. Setelah dihubungkan, Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi PAD TV HD di Play Store untuk menggunakannya. Dengan berbagai kelebihannya tersebut, MyGica T230 saat ini dilepas seharga Rp 350.000 dan bisa dibeli secara online di link ini.

MyGica Pad TV Tuner DVB-T2 – PT360

MyGica Pad TV Tuner DVB-T2 - PT360

Jika MyGica T230 hanya dapat digunakan di perangkat Android melalui kabel USB OTG, maka TV tuner MyGica Pad PT360 dapat langsung dihubungkan tanpa bantuan kabel tersebut. Ya, MyGica Pad PT360 hadir dengan port MicroUSB yang dapat langsung dicolokkan ke smartphone atau tablet Android.

Namun sebelum menggunakannya, pastikan perangkat Android Anda sudah mendukung fitur USB on the Go dan USB Host. Selain itu, perangkat Android tersebut juga minimal harus memiliki prosesor dual core 1 GHz dan sistem operasi Android 4.1 ke atas. Untuk siaran televisi dengan format video MPEG-4/H.264, maka prosesor tersebut juga harus mendukung fungsi NEON.

Dibalik kebutuhan spesifikasinya yang sangat banyak tersebut, MyGica Pad PT360 tetap menjadi pilihan terbaik untuk menonton televisi di Android secara portabel. Dengan perangkat ini Anda tidak perlu mengeluarkan pulsa untuk menonton siaran televisi streaming di internet.

TV tuner ini juga sudah mendukung siaran televisi digital DVB-T2 sehingga tidak akan ada siaran bersemut seperti TV analog. Terdapat juga fitur EPG yang akan menampilkan jadwal acara dari berbagai stasiun televisi setiap harinya.

Fitur lainnya yang dimiliki oleh perangkat TV tuner ini sama seperti MyGica T230, seperti menjadwal dan merekam acara televisi, dan lainnya. Untuk harganya sendiri, MyGica Pad TV Tuner DVB-T2 – PT360 dilepas pada kisaran Rp 350.000. Anda bisa membelinya secara online di link ini.

Nah itulah daftar harga 5 TV tuner untuk laptop dan Android terbaik saat ini. Kini Anda dapat menonton siaran televisi di mana saja tanpa perlu khawatir akan ketinggalan. Sedangkan jika Anda ingin menonton acara televisi dengan cara live streaming, silahkan baca tutorialnya di artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: