advertisements

Smartphone murah dengan spesifikasi yang mumpuni tampaknya kini mulai menjadi tren di pasaran Indonesia. Setelah sukses dengan Venera Volt V3 dan Volt V5, kini muncul kembali varian terbarunya yaitu Venera Volt V1. Jika dua smartphone sebelumnya mengusung harga di atas satu juta rupiah, maka seri terbaru ini hanya dibanderol pada kisaran harga Rp 800 ribuan. Namun jangan salah, dengan harga tersebut smartphone ini tetap menyuguhkan kualitas yang mumpuni.

Venera Volt V1

Dimensi dan Layar

Venera Volt V1 hadir dengan desain bodi yang cukup nyaman di genggaman berkat dimensi sebesar 113 x 58 x 9.5 mm yang diusungnya. Sementara untuk layarnya, smartphone ini mengusung layar jenis IPS LCD yang dikenal berkualitas cukup baik. Layar tersebut memiliki ukuran 3.7 inch dan dibekali dengan resolusi 480 x 800 piksel serta kerapatan 252 ppi. Dari spesifikasi tersebut tampak jelas jika kualitas layar yang dimiliki oleh smartphone ini sangatlah mumpuni untuk smartphone sekelasnya.

Prosesor dan Memori Penyimpanan

advertisements

Untuk menopang performanya, smartphone Venera Volt V1 dibesut oleh prosesor Mediatek MT6572 dual core yang memiliki clock sebesar 1.2 GHz. Prosesor tersebut juga akan dibantu dengan RAM sebesar 512 MB dan GPU Mali 400. Sementara untuk masalah sistem operasinya, smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 4.2 Jelly Bean.

Sama seperti smartphone lain di rentang harga Rp 800 ribuan, smartphone ini juga menyediakan memori internal dengan kapasitas 4 GB. Terdapat juga sebuah slot MicroSD yang dapat digunakan untuk menambah kapasitas memorinya hingga 32 GB.

Kamera

Di sektor fotografinya, kamera yang diusung oleh Venera Volt V1 ini dapat dibilang cukup standar. Ya, smartphone ini hanya menyediakan kamera yang memiliki resolusi sebesar 2 MP saja. Untungnya, kamera tersebut dilengkapi dengan LED flash sehingga dapat membantu pemotretan di tempat yang minim cahaya. Sementara untuk keperluan video calling, smartphone ini menyediakan kamera depan yang memiliki resolusi VGA (0,3 MP).

Fitur, Konektivitas, dan Baterai

Di sisi konektivitasnya Venera Volt V1 hadir dengan fitur dual SIM yang aktif pada jaringan GSM secara bersamaan. Selain itu, smartphone ini juga menyediakan Bluetooth 3.0 dengan A2DP, MicroUSB 2.0, WiFi 802.11 b/g/n, WiFi hotspot, GPS dengan dukungan A-GPS, serta aplikasi BlackBerry Messenger (BBM).

Sayangnya, smartphone besutan produsen lokal ini hanya menyediakan baterai Li-Ion dengan kapasitas yang cukup kecil yaitu 1100 mAh. Daya tahan baterai tersebut sangatlah buruk karena hanya mampu bertahan selama 3 jam waktu bicara dan 22 jam waktu siaga.

Harga

Untuk harganya, smartphone yang hadir dalam pilihan warna hitam, biru muda dan putih ini  dijual seharga Rp 800.000. Harga tersebut dirasa masih layak walaupun baterai yang dusungnya cukup mengecewakan. Venera Volt V1 sendiri tampaknya akan bersaing ketat di pasaran dengan Evercoss A12 dan Mito Fantasy Type A350.

Artikel Menarik Lainnya: