advertisements

Dalam beberapa tahun terakhir ini, pasar smartphone Indonesia tidak hanya dikuasai oleh produsen internasional saja. Pasalnya, beberapa produsen lokal juga sukses menelurkan berbagai produk andalan mereka yang laris manis di pasaran.

Sebut saja nama-nama seperti Smartfren, Evercoss, hingga Mito yang berhasil menguasai segmen smartphone low-end. Meskipun kebanyakan hanyalah rebranding dari merk lain, namun berbagai smartphone tersebut layak disebut sebagai merk lokal terbaik.

advertisements

Nah bagi Anda yang tertarik untuk memiliki HP lokal tersebut, berikut Carisinyal akan mengulas 10 HP buatan Indonesia terbaik di tahun 2016. Berbagai HP ini menyuguhkan spesifikasi yang tidak kalah dengan brand internasional. Apa sajakah itu?

Smartfren Andromax I3s

Smartfren Andromax I3s hp buatan indonesia terbaik

Urutan teratas HP buatan Indonesia terbaik ditempati oleh Smartfren Andromax I3s. Smartphone dengan layar 5 inch ini masuk ke dalam kategori ponsel menegah ke bawah. I3s dibekali dengan memori internal 4 GB, tetapi Anda bisa mengupgrade memori eksternalnya hingga 32 GB.

Dapur pacu I3s diisi dengan prosesor Qualcomm MSM8612 Snapdragon 200 dan Quad Core 1.2 GHz. GPU Adreno 302 juga disematkan untuk memberikan kualitas grafis yang cukup lumayan untuk ponsel dengan RAM 1 GB ini. Kamera utama I3s berukuran 5 MP dan kamera belakangnya 1.3 MP.

Ponsel seharga Rp 1.399.000 ini juga memiliki fitur Quick Charge 1.0 untuk mengisi daya baterai lebih cepat. Jika tertarik, ponsel ini bisa Anda beli secara online di link ini (silahkan install aplikasi Lazada terlebih dahulu untuk membuka link dari smartphone).

Evercoss One X

Evercoss One X

HP buatan anak negeri selanjutnya adalah Evercoss One X. Ponsel dual-SIM ini mengusung layar 4.5 inch dan sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1. Hardware One X diisi dengan chipset MediaTek MT6582, CPU Quad Core 1.3 GHz, dan GPU Mali-400 MP2.

Kapasitas memori internal yang dimiliki lebih besar dari Andromax I3s, yakni 8 GB. Sementara itu, RAM ponsel ini berukuran 1 GB. Smartphone ini juga mengandalkan kamera belakang berukuran 5 MP, serta kamera depan berukuran 2 MP. Overall, harga Rp 1.199.000 yang dibandrol untuk HP ini cukup setara dengan spesifikasi yang ditawarkan. Anda bisa membeli ponsel ini secara online di link ini.

Polytron Zap 5

Polytron Zap 5

Cari smartphone 4G LTE dengan harga yang sangat ekonomis? Mungkin brand asli Indonesia ini bisa menjadi referensi untuk Anda. Polytron Zap 5 adalah ponsel dual-SIM yang bisa digunakan di jaringan LTE 850, 900, dan 1800. Ponsel dengan layar 4.5 inch mengandalkan prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan CPU Quad Core 1.2 GHz.

Ukuran memori internalnya memang khas dengan standar ponsel low-end, yakni 8 GB. RAM 1 GB juga menyertai ponsel dengan sistem operasi Android KitKat v4.4.4 yang dikabarkan sudah bisa diupgrade ke Android Lollipop v5.0. Polytron Zap 5 dijual dengan harga Rp 1.099.000 dan sudah dibekali dengan kamera utama berukuran 5 MP. Anda bisa membelinya secara online di link ini.

AccessGo 4E

advertisements

Dapur pacu yang digunakan pada AccessGo 4E ini sama dengan yang ada pada Evercoss One X. Akan tetapi, harga jual AccessGo 4E jauh lebih murah dibanding handset dari Evercoss tersebut. AccessGo 4E dipasarkan dengan harga Rp 799.000. Hanya saja, memori internal pada smartphone ini hanya berukuran 4 GB.

Namun, kualitas kameranya juga tak kalah dengan Evercoss One X. Ya, smartphone ini juga memiliki kamera belakang berukuran 5 MP dan kamera depan berukuran 2 MP. Sayangnya, ponsel pintar ini masih menggunakan sitem operasi Android KitKat v4.4.2. AccessGo 4E juga memiliki fitur Konten Slank dan Skye Mobile Money.

Evercoss Elevate Y A66A

Vendor yang dahulu bernama Cross ini merilis Elevate Y A66A sebagai ponsel 5 inch yang memiliki ROM 8 GB dan RAM 1 GB. Keunggulan dari smartphone ini terletak pada sektor kamera. Elevate Y A66A memiliki kamera utama berukuran 13 MP yang dilengkapi dengan LED Flash. Kamera depan ponsel ini berukuran 5 MP, sebuah ukuran kamera yang cukup baik untuk mengambil foto selfie.

Ponsel dengan harga Rp 1.299.000 ini menggunakan CPU Quad Core 1.3 GHz. Akan tetapi, smartphone ini masih menggunakan sistem operasi Android JellyBean v4.2. Padahal, smartphone sejenis lainnya sudah menggunakan sistem Android Kitkat v4.4 atau bahkan Android Lollipop v5.0. Smartphone ini bisa Anda beli secara online di link ini.

Mito Impact

hp dibawah 1 juta terbaik Mito Impact A10

Mito selalu memproduksi ponsel dengan harga murah, tetapi kualitasnya cukup mumpuni. Seperti Mito Impact ini, ponsel dengan layar berukuran 4.5 inch ini sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.1 serta dibekali dengan memori internal 8 GB dan slot microSD hingga 32 GB.

Smartphone yang dipasarkan dengan harga di bawah 1 jutaan ini ditenagai oleh prosesor MediaTek MT6582 dengan CPU Quad Core 1.3 GHz. Ponsel berkamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP menggunakan kartu grafis Mali-400 MP2 yang membuat Mito Impact bisa memutar video serta memainkan game yang berkualitas HD.

Smartfren Andromax V

Smartfren Andromax V

Secara keseluruhan, Smartfren Andromax V yang dijual dengan harga 900 ribuan ini menawarkan spesifikasi yang terbilang lumayan untuk kelas smartphone low-end. Ponsel berlayar 5 inch ini digawangi dengan prosesor MediaTek MT6589 dan CPU Quad Core 1.2 GHz. Untuk tampilan grafisnya, Andromax V ini menggunakan GPU PowerVR SGX544.

Di sektor kamera, smartphone murah meriah ini mempunyai kamera belakang berukuran 8 MP dan kamera depan dengan ukuran 1.3 MP. Untuk keperluan menyimpan aplikasi, foto, dan data lainnya, disediakan ROM sebesar 4 GB. Jika Anda merasa kurang, maka Anda bisa menggunakan microSD hingga 32 GB pada ponsel yang menggunakan RAM sebesar 1 GB ini.

Mito Fantasy U A60

Mito Fantasy U A60

Seperti biasa, Mito selalu menghasilkan HP buatan Indonesia terbaik, seperti seri Fantasy U A60 ini. Hanya dengan Rp 975.000 saja Anda bisa mencicipi berbagai spesifikasi menarik seperti berikut ini. Dimulai dari layar berukuran 5 inch yang sudah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass. Selanjutnya, Mito juga menyediakan memori internal 8 GB untuk menyimpan berbagai data yang Anda miliki.

Smartphone ini juga diprakarsai dengan prosesor Qualcomm MSM8226 Snapdragon 400 dan Quad Core 1.2 GHz. Dapur pacu ini terbilang cukup mumpuni. Di samping itu, Anda juga mendapatkan kualitas fotografi yang sangat baik melalui ponsel cerdas ini. Fantasy U A60 memiliki kamera belakang 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kedua kamera ini dilengkapi dengan LED Flash.

Evercoss Winner T

Evercoss Winner T

Selanjutnya, ada ponsel dalam negeri dengan harga Rp 749.000 saja. Evercoss Winner T merupakan ponsel dual-SIM dengan layar seluas 5 inch yang diproteksi dengan Hard Glass Screen. Memori internal yang disematkan pada ponsel ini berukuran 8 GB.

Hardware Winner T diisi dengan chipset Spreadtrum SC8830, CPU Quad Core 1.2 GHz, dan GPU Mali-400 MP2. Smartphone dengan OS Android Lollipop v5.1 ini juga menyediakan kamera utama 5 MP dan kamera depan 2 MP. Overall, Evercoss Winner T ini adalah smartphone ekonomis dengan spesifikasi yang terbilang lumayan.

IMO Discovery II

Walaupun masih menggunakan sistem operasi Android JellyBean v4.2, IMO Discovery II tetap masuk ke dalam jajaran HP buatan Indonesia terbaik yang patut dipertimbangkan. Dijual dengan harga Rp 888.000, IMO Discovery II menawarkan kamera belakang dengan ukuran 8 MP dan kamera depan ukuran 2 MP.

Smartphone ini ditenagai oleh prosesor MediaTek MT6582 dengan CPU Quad Core 1.3 GHz. Prosesor ini cukup baik mengingat harga smartphone ini hanya sekitar 800 ribuan saja. Selain itu, IMO juga menyisipkan memori internal sebesar 4 GB dan RAM 1 GB untuk mengimbangi performa dapur pacu ponsel lokal ini.

Nah itulah daftar 10 HP buatan Indonesia terbaik di tahun 2016 ini. Berbagai HP tersebut sangat cocok bagi Anda yang menginginkan HP berkualitas namun dengan harga yang lebih murah dibandingkan brand internasional.

Artikel Menarik Lainnya: