advertisements

Saat ini kamera sudah menjadi salah satu komponen penting dari sebuah smartphone. Hampir setiap orang akan mempertimbangkan kualitas kamera ketika membeli sebuah smartphone baru, baik itu kamera belakang ataupun kamera depan.

Nah, pada kesempatan kali ini Carisinyal akan mengulas 10 HP dengan kamera terbaik di tahun 2016 ini. Daftar ini diambil berdasarkan penilaian dari situs DxOMark, yang secara rutin selalu melakukan review terhadap kualitas smartphone terbaru.

Samsung Galaxy S6 Edge+

advertisements

Dengan skor 87 dari 100, Galaxy S6 Edge berhasil masuk ke daftar HP dengan kamera terbaik tahun 2016. Kamera smartphone ini mampu menghasilkan foto dengan pencahayaan yang baik di segala kondisi berkat adanya modus HDR. Flash yang dimiliki oleh smartphone ini juga sangat sempurna.

Kamera berukuran 16 MP ini mampu menghasilkan gambar dengan detail dan warna yang cukup bagus meskipun dalam tempat dengan pencahayaan yang kurang serta hanya mengandalkan bantuan LED Flash.

Samsung Galaxy S6 Edge plus hp samsung termahal

White balance dan rendering warna dari kamera Galaxy S6 Edge patut diacungi jempol. Sayangnya, beberapa hasil foto yang diambil dengan kamera Galaxy S6 Edge masih menampakkan sedikit noise di segala kondisi pencahayaan.

Sony Xperia Z5

Sama seperti Samsung Galaxy S6 Edge+, Xperia Z5 juga mengantongi jumlah skor yang sama, yakni 87 poin. Smartphone ini mengusung kamera utama dengan ukuran 23 MP. Sebuah kualitas kamera yang sangat menakjubkan.Kamera ini menawarkan autofocus yang mengesankan di segala kondisi. White balance dan rendering warna dari kamera Xperia Z5 ini juga cukup baik.

hp tahan air Sony Xperia Z5

Uniknya, kamera ini memiliki sedikit noise meskipun foto diambil dalam pencahayaan yang rendah.Untuk merekam video, kamera smartphone ini memiliki Image Stabilization dan Autofocus yang mengesankan. Akan tetapi, terkadang tremor masih terlihat meskipun menggunakan tripod. Dalam cahaya rendah, autofocus untuk video ini juga masih berjalan dengan lambat.

Samsung Galaxy Note 5

Berikutnya, ada Galaxy Note 5 yang membawa kamera berukuran 16 MP. Smartphone ini mendapatkan skor 86 poin untuk kualitas kameranya. Dynamic range dan paparan dari foto yang diambil di pencahayaan yang tinggi cukup mempesona. Selain itu, white balance pada kamera ini juga sangat baik.

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy note 5

Realistis warna dari kamera ini juga patut untuk dipertimbangkan. Namun, noise masih terlihat di blok warna. Autofocus juga kerap kali gagal mengambil gambar dalam macro mode. Untuk kualitas videonya, kamera Galaxy Note 5 ini mempunyai kemampuan tracking yang bagus dan autofocus dapat berjalan dengan baik di pencahayaan yang rendah.

Apple iPhone 6s Plus

Meskipun kamera iPhone 6s Plus hanya berukuran 12 MP, tetapi smartphone besutan Apple ini berhasil masuk dalam jajaran HP dengan kamera terbaik dan mengantongi skor 84 poin. Kamera dari handset ini dilengkapi dengan iSight yang mampu menghasilkan gambar berkualitas dalam ukuran piksel lebih tanpa meningkatkan ukuran sensor.

advertisements

Autofocus yang dimiliki kamera ini juga sangat cepat dan handal. Paparan sangat baik secara keseluruhan. Di samping itu, stabilisasi pada video kamera iPhone 6s Plus cukup efektif di segala pengujian. Kekurangan dari kamera smartphone ini adalah noise masih terlihat di beberapa sudut pencahayaan. Untuk merekam video, color shading juga terlihat dalam semua kondisi.

Google Nexus 6P

Nexus 6P hadir dengan skor yang sama dengan iPhone 6s Plus, yaitu 84 poin. Kamera belakang smartphone ini menawarkan resolusi 12.3 MP, sedangkan kamera depan dibekali dengan resolusi 8 MP. Sejauh ini, detail dalam kondisi pencahayaan rendah dari kamera ini masih sangat baik.

White balance dan rendering warna tampak sempurna di luar ruangan. Akan tetapi, ketika Anda mengaktifkan mode HDR+ dengan pencahayaan yang rendah, maka eksposur, warna, tekstur, dan noise masih dapat terlihat jelas. Namun, ketika Anda merekam video dengan kamera smartphone ini, noise yang nampak cukup rendah, bahkan hampir tak terlihat.

Samsung Galaxy S6 Edge

Kamera utama 16 MP dari Galaxy S6 Edge merupakan saingan terberat Galaxy Note 5. Pasalnya, kamera smartphone ini juga mempunyai skor 86 poin. Eksposur, kontras, dan autofocus kamera yang dimiliki Galaxy S6 Edge ini sudah tidak perlu diragukan lagi.

Samsung Galaxy S6 Edge

Kamera ini mampu menghasilkan detil yang sangat baik dan noise yang rendah saat mengambil gambar dalam pencahayaan yang terang. Autofocus kamera ini sangat cepat dan white balance yang ditawarkan juga cukup perfect di segala kondisi di luar ruangan. Unfortunately, masih terlihat banyak noise kala mengambil gambar dalam pencahayaan rendah.

LG G4

LG G4 mempunyai kamera utama dengan resolusi 16 MP, sementara kamera sekundernya berukuran 8 MP. Keunggulan dari kamera smartphone yang memiliki skor 83 ini terletak pada autofocus yang begitu cepat dan akurat.

LG G4 hp dengan kamera terbaik

Tak hanya itu saja, kamera utama dari LG G4 mampu menghasilkan detil gambar yang sangat menakjubkan di segala kondisi. Kemampuan untuk mengurangi noise pada gambar adalah fitur otomatis yang disediakan oleh kamera smartphone ini.

Ada keunggulan, ada pula kekurangan yang dimiliki oleh kamera LG G4. Kamera ini kerap kali mengalami kegagalan white balance yang sangat parah di luar ruangan. Dalam kondisi pencahayaan yang terang, beberapa gambar dengan dinamis yang tinggi akan telihat over-exposed.

Moto X Style

Moto X Style

Dengan skor yang sama dengan LG G4, 83 poin, Moto X Style hadir dengan kamera utama beresolusi 21 MP dengan lensa wide-angle. Detil gambar dari kamera ini sangat baik dan noise juga cukup rendah dalam kondisi di luar ruangan. White balance sangat akuran dan warna umum lainnya terlihat menyenangkan. Stabilisasi saat merekam video dengan kamera ini juga patut untuk dipuji.

Saat merekam video, penyesuaian white balance dan eksposur terasa lebih mudah dengan kamera Moto X Style ini. Kekurangan dari kamera ini adalah autofocus yang terasa lambat dan tidak terlalu stabil serta saturasi masih terlihat saat memotret langit biru.

Samsung Galaxy Note 4

Samsung Galaxy Note 4

Masih dengan skor 83 poin, kali ini adalah Galaxy Note 4. Sebuah phablet yang mengandalkan kamera utama berukuran 16 MP. Secara keseluruhan, warna dari gambar yang dihasilkan oleh kamera ini sangat sempurna. Paparan terlihat baik di indoor maupun outdoor. Nilai tambahan yang diberikan dari kamera Galaxy Note 4 adalah autofocus  yang akurat dan smooth.

Kontra dari kamera Galaxy Note 4 adalah permasalahan pada autofocus yang kerap kali berfokus tanpa alasan yang jelas. Noise juga masih terlihat ketika mengambil gambar dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Apple iPhone 6s

Kini, tiba saatnya iPhone 6s yang unjuk gigi dengan skor 82 poin. Smartphone andalan dari Apple ini masuk dalam jajaran HP dengan kamera terbaik versi Carisinyal. Kamera utama iPhone 6s berukuran 12 MP, sementara kamera depannya 5 MP. Eksposur yang ditawarkan oleh kamera handset ini sangat baik secara keseluruhan. Autofocus-nya juga berjalan dengan cepat dan sangat akuran dalam segala kondisi pengujian.

Meskipun white balance yang ditawarkan oleh kamera iPhone 6s ini mengesankan, tetapi bila Anda mengambil gambar dalam pencahayaan yang rendah, noise masih terlihat di mana-mana. Stabilisasi video juga hanya dapat berjalan efektif bila Anda menggunakannya di tempat dengan pencahayaan yang baik.

Nah itu dia 10 HP dengan kamera terbaik yang bisa Anda dapatkan di tahun 2016 ini. Namun ingat, jangan berharap untuk bisa mendapatkan HP tersebut dengan murah seharga 2 jutaan atau 3 jutaan, karena semuanya merupakan smartphone flagship dengan harga di atas 5 jutaan.

Artikel Menarik Lainnya: