advertisements

Semenjak kemunculan sistem operasi Android, iOS, dan Windows Phone, desain ponsel mulai menjadi monoton. Ya, saat ini sebagian besar ponsel mengusung desain unibody dan jarang sekali yang menawarkan desain slide ataupun flip yang sempat populer pada dekade yang lalu.

Nah jika Anda rindu menggunakan HP lipat atau flip yang legendaris tersebut, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 HP flip terbaru yang bisa Anda pilih di tahun 2016 ini. Tenang saja, kebanyakan HP ini sudah menggunakan sistem operasi Android sehingga Anda tetap bisa menikmati fitur-fitur canggih di dalamnya.

Samsung Galaxy W2016

advertisements

Membuka daftar HP flip terbaru yang akan dibahas oleh Carisinyal, ada Samsung Galaxy W2016. Smartphone ini dilengkapi dengan layar super AMOLED berukuran 3.9 inch dan tombol T9. Untuk Galaxy W2016, Samsung memberikan memori internal sebesar 64 GB dan RAM 3 GB.

Dapur pacu ponsel pintar ini juga diisi dengan prosesor yang sangat tangguh, yakni Samsung Exynos 7 Octa 7420 dengan CPU Octa Core 2.1 GHz. Walaupun ini adalah HP flip, tapi tampilan grafisnya cukup mengesankan. Hal tersebut dikarenakan Galaxy W2016 mengusung GPU Mali-T760 MP8. Ponsel dual-SIM ini dilengkapi pula dengan kamera utama 16 MP dan kamera sekunder 5 MP.

LG Wine Smart 2

LG Wine Smart 2 hp flip terbaru

Spesifikasi yang ditawarkan oleh LG Wine Smart 2 masih kalah jauh dengan milik Samsung Galaxy W2016. Namun, untuk Anda yang ingin memiliki smartphone dengan bentuk flip, Wine Smart 2 ini sudah cukup untuk memenuhi keinginan Anda. LG menyematkan layar seluas 3.5 inch dan tombol T9 pada smartphone ini.

Untuk menyimpan aplikasi dan data, smartphone ini menyediakan memori internal berkapasitas 4 GB. RAM 1 GB dibenamkan untuk mengimbangi kinerja prosesor Qualcomm MSM8909 Snapdragon 210 dengan CPU Quad Core 1.1 GHz. Sistem operasi yang digunakan adalah Android Lollipop v5.1.1. Kualitas kameranya masih sangat rendah, yakni kamera utama 3.15 MP dan kamera depan VGA.

Samsung SM-G9198

Samsung SM-G9198

Ini adalah HP flip paling mutakhir dari Samsung. Ponsel dual-SIM ini sudah kompatibel di jaringan 4G LTE. Layar super AMOLED yang berukuran 3.9 inch pada smartphone ini telah mendapatkan proteksi dari Corning Gorilla Glass 4. Di sektor memori, kita menjumpai ROM 16 GB dan RAM 2 GB.

Samsung menggunakan kamera 16 MP sebagai kamera utama untuk SM-G9198 ini. Sementara itu, kamera depan ponsel cerdas ini berukuran 5 MP. Dapur pacu smartphone ini mengandalkan chipset Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808, CPU Hexa Core 1.8 GHz, dan GPU Adreno 418.

Samsung Galaxy Folder

Samsung Galaxy Folder

HP flip yang satu ini membawa spesifikasi yang minimalis, tetapi cukup baik dan memuaskan. Galaxy Folder sudah mendukung jaringan 4G LTE. Ponsel yang mengusung layar 3.8 inch ini menggunakan CPU Quad Core 1.2 GHz. Untuk keperluan mengambil gambar, Anda dapat memanfaatkan kamera utama dengan ukuran 8 MP dan kamera depan berukuran 2 MP.

Sistem operasi yang digunakan pada Galaxy Folder ini adalah Android Lollipop v5.1. Untuk menyimpan data pribadi dan aplikasi favorit, Samsung menyediakan memori internal berkapasitas 8 GB. Apabila kapasitas tersebut dirasa tak cukup, Anda dapat mengupgrade slot memori eksternal dengan microSD hingga 128 GB. Smartphone ini juga menggunakan RAM 1 GB.

LG Gentle

advertisements

Nampaknya, LG tidak berani mengambil risiko dengan membekali smartphone flip keluarannya dengan spesifikasi yang maksimal. LG Gentle kembali menggunakan spesifikasi sederhana, sama seperti yang ada pada Wine Smart 2. Ada kamera utama 3.15 MP dan kamera depan VGA pada ponsel ini.

Selain itu, LG juga membekali smartphone ini dengan ROM 4 GB dan RAM 1 GB. CPU yang digunakan LG Gentle adalah Quad Core 1.1 GHz. Sementara untuk sistem operasinya, LG mengandalkan Android Lollipop v5.1. Ponsel pintar ini juga didukung dengan konektivitas dari Bluetooth dan Wi-Fi. Bahkan, LG Gentle sudah bisa dipakai di jaringan 4G LTE.

Fujitsu Arrows F-05G

Fujisu Arrows F-05G bukan sekedar HP flip terbaru biasa. Pasalnya, HP ini telah mengantongi sertifikasi IP5X (tahan debu), IPX5 (tahan semprotan air dari segala sisi), dan IPX8 (bisa digunakan di air kedalaman 1 meter). Smartphone yang mempunyai layar seluas 3.4 inch ini dibekali dengan memori internal 4 GB dan RAM 512 MB.

Hardware Fujitsu Arrows F-05G diisi dengan chipset Qualcomm MSM8210 Snapdragon 200, CPU Dual Core 1.2 GHz, dan GPU Adreno 302. Ponsel ini tidak memiliki kamera depan, tetapi ada kamera utama dengan ukuran 8 MP di bagian belakangnya. Fitur yang melengkapi HP ini antara lain adalah Human Cetric Engine, Eco-Technology Energy Saving, dan Emengency Power-saving Mode.

LG G360

LG G360

LG G360 bukan termasuk jenis smartphone. Ponsel ini nampaknya dirancang khusus bagi Anda yang hanya memerlukan panggilan telepon, SMS, dan browser saja. Ponsel dengan layar 3 inch dan tombol T9 ini dilengkapi dengan memori internal berkapasitas 32 MB dan RAM 8 MB.

Untuk mengambil gambar, Anda dapat menggunakan kamera utama 1.3 MP yang terbenam di bagian belakang HP flip ini. Ponsel ini sudah dibekali dengan konektivitas Bluetooth, tapi tidak dengan Wi-Fi. Fitur FM Radio juga tersedia pada HP ini untuk mendengarkan siaran radio favorit Anda di mana saja.

LG G350

LG G350

Setali tiga uang dengan LG G360, LG G350 ini tampil dengan spesifikasi yang sangat minimalis. Hampir spesifikasi yang ditawarkan oleh HP flip ini sama persis dengan yang dimiliki LG G360. LG memberikan kamera utama berukuran 1.3 MP untuk ponsel ini. Di sektor memori, kita menjumpai RAM 8 MB dan memori internal berkapasitas 32 MB.

Smartphone ini sudah bisa digunakan untuk browsing dan berkirim data antar perangkat melalui koneksi Bluetooth. Baterai yang digunakan pada HP ini adalah jenis Li-ion 950 mAh yang menawarkan waktu bicara sampai 20 jam dan waktu siaga hingga 720 jam.

LG Ice Cream Smart

LG Ice Cream Smart

Meskipun namanya adalah LG Ice Cream Smart, tetapi sistem operasi yang digunakan pada smartphone ini adalah Android KitKat v4.4.2. Ponsel dengan layar 3.5 inch dilengkapi dengan memori internal 8 GB dan RAM 1 GB. Di sektor dapur pacu, Anda akan menemukan prosesor Qualcomm Snapdragon 400 dengan CPU Quad Core 1.2 GHz.

Smartphone yang tersedia dalam warna mint dan pink ini sudah kompatibel di jaringan 4G LTE. Kamera belakang 8 MP dan kamera depan VGA semakin melengkapi sektor fotografi LG Ice Cream Smart ini. Selain Radio FM, ada fitur TV-analog pula di HP flip dari LG ini.

Sharp Aquos K SHF31

Sharp turut mencoba bermain dalam pasar ponsel dunia. Salah satu HP flip terbaru keluaran Sharp adalah Aquos K SHF31. Ponsel 4G LTE ini membawa memori internal berkapasitas 8 GB dan RAM sebesar 1 GB. Di dalam dapur pacu smartphone ini terdapat prosesor Qualcomm MSM8926 Snapdragon 400 dengan CPU Quad Core 1.2 GHz.

Di lini fotografi, kita hanya menjumpai kamera utama dengan ukuran 13 MP. Ponsel dengan layar 3.4 inch ini tahan terhadap debu, semprotan air dari sisi manapun, dan mampu berada di air berkedalaman 1 meter selama 30 menit. Konektivitas yang ditawarkan oleh HP ini cukup lengkap, mulai dari Bluetooth, NFC, dan Wi-Fi.

Dari daftar HP flip terbaru di atas, adakah yang akan Anda jadikan pilihan? Jika masih belum ada yang cocok, Anda juga bisa menyimak ulasan kami mengenai HP flip terbaik dari Samsung di artikel ini atau smartphone Android dengan keyboard QWERTY di artikel ini.

Artikel Menarik Lainnya: