advertisements

Meskipun segmen smartphone low-end banyak dikuasai oleh smartphone buatan Indonesia dan Tiongkok, namun bukan berarti produsen besar melupakannya begitu saja. Salah satu yang masih tetap aktif merilis smartphone murah meriah Samsung.

Meskipun tidak sebanyak smartphone kelas menengah dan atasnya, namun beberapa smartphone murah dari Samsung ini sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan para pengguna setianya. Fitur-fiturnya juga dirasa cukup mumpuni di kelas harganya.

advertisements

Nah bagi Anda yang ingin membeli smartphone Samsung yang murah tersebut, kali ini Carisinyal akan mengulas daftar 10 HP Samsung dibawah 1 juta terbaik tahun 2016. Daftar ini dapat Anda jadikan panduan bagi Anda yang berencana untuk membeli HP baru dalam waktu dekat ini

Samsung Galaxy Young 2

HP Samsung dibawah 1 juta yang pertama adalah Galaxy Young 2. Ponsel seharga 800 ribu rupiah ini merupakan dual-SIM yang mengusung layar seluas 3.5 inch. Karena Young 2 merupakan ponsel kelas menegah ke bawah, maka jangan heran jika spesifikasinya cukup minimalis. Smartphone dengan RAM 512 MB ini ditenagai oleh prosesor Spreadtrum SC6815A dengan CPU Single Core 1 GHz.

Samsung Galaxy Young 2 hp samsung dibawah 1 juta

Samsung juga membekali Young 2 dengan memoeri internal 4 GB. OS yang digunakan oleh smartphone ini adalah Android KitKat v4.4.2. Kamera depan yang ditawarkan memiliki ukuran 3.15 MP. Sayangnya, smartphone dengan harga yang terjangkau ini tidak memiliki kamera depan.

Samsung Galaxy Infinite

Dewasa ini, ponsel pintar dual-SIM (GSM-CDMA) memang semakin langka. Hal tersebut dikarenakan ISP CDMA yang masih bertahan di Indonesia hanya tinggal satu. Galaxy Infinite adalah smartphone dual-SIM (GSM-CDMA) yang tampil dengan layar 4 inch dan RAM 768 MB. Dapur pacu smartphone ini digawangi dengan prosesor Qualcomm MSM8625Q Snapdragon dengan CPU Dual Core 1.2 GHz.

Samsung Galaxy Infinite

Software smartphone ini diisi dengan sistem operasi Android JellyBean v4.1.2. Di sektor penyimpanan, Infinite dibekali dengan memori internal 4 GB dan memori eksternal yang bisa diupgrade hingga 32 GB. Kualitas kamera yang dimiliki Infinite sama dengan Young 2. Ponsel seharga 700 ribu rupiah ini juga tidak mempunyai kamera depan.

Samsung Galaxy Pocket Neo Duos S5312

Jika Anda mencari smartphone murah dengan spesifikasi minimalis yang tidak neko-neko, Galaxy Pocket Neo Duos S5312 ini adalah pilihan yang tepat. Ponsel dengan layar 3 inch ini sudah menggunakan sistem operasi Android JellyBean v4.1.2.

Samsung Galaxy Pocket Neo Duos S5312

RAM Sebesar 512 MB juga disematkan untuk mengimbangi prosesor Broadcom BCM21654 dengan CPU Single Core 850 MHz yang menjalankan smartphone ini. Memori internal berkapasitas 4 GB juga disematkan untuk menyimpan aplikasi, foto, musik, dan data lain di dalam S5312 ini.

Sama dengan kedua ponsel sebelumnya, S5312 hanya memiliki kamera utama dengan ukuran 2 MP. Ponsel yang dibandrol dengan harga 600 ribu ini juga dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth maupun Wi-Fi.

Samsung Galaxy Star Duos S5282

Samsung Galaxy Star Duos S5282

Galaxy Star Duos S5282 ini memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda dengan Galaxy Pocket Neo Duos S5312. Kedua ponsel ini sama-sama memiliki layar sebesar 3 inch saja. ROM 4GB dan RAM 512 MB juga disematkan pada ponsel pintar dengan harga Rp 619.000 ini.

advertisements

Prosesor yang digunakan oleh smartphone ini adalah SP8810 dengan CPU Single Core 1 GHz. Ya, CPU miliki Star Duos memang setingkat lebih unggul dibanding Neo Duos. Ponsel yang menggunakan OS Android JellyBean v4.1.2 ini tidak memiliki kamera depan, tetapi ada kamera utama berukuran 2 MP yang melengkapi ponsel ini.

Samsung Galaxy Fame S6810

Nah, smartphone yang satu ini memang lebih unggul di bidang spesifikasi dibanding 4 ponsel yang sudah kita bahas sebelumnya. Galaxy Fame S6810 dijual dengan harga Rp 999.000. Ponsel berlayar 3.5 inch ini memiliki dua kamera, yakni kamera utama dengan ukuran 5 MP dan kamera depan dengan ukuran VGA.

Meskipun masih menggunakan OS Android JellyBean v4.1.2, ponsel dengan RAM 512 MB dikabarkan akan mendapat upgrade Android KitKat v4.4. Samsung juga menyediakan memori internal berkapasitas 4 GB, serta upgrade memori eksternal yang lebih besar hingga mencapai 64 GB.

Samsung Galaxy Chat B5330

Berikutnya, ada HP Samsung dibawah 1 juta yang mengkombinasikan layar sentuh seluas 3 inch dengan tombol QWERTY. Sesuai dengan namanya, smartphone yang memiliki memori internal berkapasitas 4 GB ini menyediakan tombol QWERTY untuk memudahkan penggunanya agar bisa chatting lebih cepat.

Sistem operasi yang digunakan pada ponsel seharga 800 ribu rupiah ini masih Android Ice Cream Sandwich v4.0, tetapi OS tersebut bisa diupgrade ke Android JellyBean v4.1. Kamera utama yang dimiliki Galaxy Chat ini berukuran 2 MP. Sayangnya, ponsel ini tidak dibekali dengan kamera depan. Meskipun demikian, ponsel yang mengandalkan CPU Single Core 850 MHz ini cukup diminati.

Samsung Galaxy Young S6310

Samsung Galaxy Young S6310

Tak puas dengan kualitas kamera Galaxy Star Plus Duos, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli Galaxy Young S6310 bekas. Pasalnya, ukuran kamera utama smartphone ini lebih besar, 3.15 MP. Namun, smartphone yang memiliki ROM 4 GB ini tidak memiliki kamera depan.

Ukuran RAM Young S6310 lebih besar, yakni 768 MB. Di sektor dapur pacu, ada prosesor Qualcomm MSM7227A dengan CPU Single Core 1 GHz yang menjalankan ponsel ini. Harga bekas handset yang menggunakan Android JellyBean v4.1.2 ini berkisar di angka 600 ribu rupiah.

Samsung C3312 Deluxe Duos

Samsung C3312 Deluxe Duos

Deluxe Duos tidak termasuk smartphone, karena ponsel ini tidak memiliki sistem operasi Android seperti 8 smartphone lainnya yang sudah kita bahas di sini. HP touchscreen ini memiliki layar berukuran 2.8 inch dan termasuk jenis dual-SIM. Ada kamera utama berukuran 1.3 MP yang bisa diandalkan untuk mengambil gambar seadanya.

Selain itu, Samsung juga menyematkan memori internal 30 MB dan slot microSD hingga 16 GB pada ponsel ini. Handset dengan spesifikasi yang sangat sederhana ini bisa diperoleh dalam kondisi bekas dengan harga 400 ribu rupiah saja.

Samsung Champ Duos E2652

Samsung Champ Duos E2652

Di posisi selanjutnya, ada HP Samsung dibawah 1 juta yang juga tidak termasuk dalam kategori ponsel pintar (smartphone). Ponsel dual-SIM ini mengusung layar sentuh seluas 2.6 inch. Kualitas kamera yang dimiliki Champ Duos sama dengan yang ada pada Deluxe Duos. Hanya saja, kapasitas memori internal ponsel ini lebih besar, yaitu 50 MB.

Ada fitur FM Radio dan konektivitas Bluetooth pada Champ Duos ini. Akan tetapi, Anda masih tidak bisa menggunakan konektivitas Wi-Fi pada HP ini. Samsung sudah tidak memproduksi Champ Duos lagi. Akan tetapi, Anda masih bisa memiliki Champ Duos bekas dengan harga sekitar 400 – 500 ribu rupiah saja.

Samsung Galaxy Star Plus Duos S7262

Samsung Galaxy Star Plus Duos S7262

Galaxy Star Plus Duos adalah versi yang lebih unggul dari Galaxy Star biasa. Mengapa lebih unggul? Karena smartphone ini ditenagai dengan prosesor yang lebih handal, yakni Qualcomm MSM7225AB Snapdragon dengan CPU Single Core 1 GHz.

Smartphone ini juga dibekali dengan RAM 512 MB dan memori internal berkapasitas 4 GB. Ponsel dual-SIM ini menggunakan sistem operasi Android JellyBean v4.1.2. Akan tetapi, ponsel ini agak lemah di sektor kamera. Galaxy Star Plus Duos hanya memiliki satu kamera saja, yaitu kamera utama berukuran 2 MP.

Versi baru dari smartphone ini sudah tidak dijual lagi di pasaran, tapi Anda bisa membeli Galaxy Star Plus Duos bekas dengan harga 500 ribu rupiah. Harga tersebut dirasa cukup menarik untuk spesifikasi yang ditawarkannya.

Nah itulah 10 HP Samsung dibawah 1 juta terbaik yang bisa Anda pertimbangkan di tahun 2016 ini. Meskipun spesifikasinya agak sedikit di belakang HP lainnya, namun Anda tidak perlu meragukan kualitas dari berbagai HP buatan Samsung tersebut.

Update: Untuk daftar HP Samsung di bawah 1 juta terbaik tahun 2017, Anda bisa membaca ulasannya di link ini.

Artikel Menarik Lainnya: