advertisements
advertisements

Sekitar satu dekade yang lalu, ponsel dengan desain lipat atau flip merupakan salah satu yang populer di kalangan pengguna gadget. Ponsel tersebut sangat disukai karena memiliki desain yang cantik dan juga sangat nyaman digunakan ketika menelpon.

Di era smartphone Android ini, ponsel lipat tampaknya mulai tersisihkan. Namun, Samsung mencoba untuk tetap mempertahankan popularitasnya dengan merilis beberapa HP lipat terbaru dengan desain dan spesifikasi yang tidak kalah dengan HP lainnya.

advertisements
advertisements

Nah, bagi Anda yang ingin kembali merasakan sensasi HP flip tersebut, kali ini Carisinyal akan mengulas 10 HP Samsung Lipat terbaik yang bisa Anda beli di pasaran saat ini. Sebagian HP tersebut merupakan feature phone dan sebagian yang lain sudah menggunakan sistem operasi Android.

Samsung Caramel GT-E1272

Anda tentu setuju bila Samsung Caramel masuk dalam kategori HP Samsung lipat terbaik. Ponsel dual-SIM ini tersedia dalam 3 pilihan warna yang menarik, yakni hitam, putih, dan merah. Warna merah merupakan warna favorit bagi pengguna Samsung Caramel.

Samsung Caramel E1272 hp samsung murah dibawah 500 ribu

HP yang memiliki layar 1.77 inch ini sudah dibekali oleh memori internal 32 MB. Ukuran memorinya memang tidak terlalu besar, mengingat pengguna Samsung Caramel sebagian besar hanya menggunakan HP ini untuk telepon dan SMS saja.

HP ini dilengkapi dengan fitur FM Radio untuk mendengarkan siaran radio FM di mana pun Anda berada. Sayangnya, HP ini belum diperkaya dengan konektivitas bluetooth dan tidak disediakan menu browser. Overall, HP Samsung 500 ribuan ini sangat cocok bagi Anda yang ingin kembali menggunakan HP Flip klasik. Jika tertarik, Anda bisa membeli HP ini secara online melalui Lazada di link ini atau MatahariMall di link ini.

Samsung E1195

Samsung E1195

Selain Samsung Caramel, pilihan ponsel lipat lain yang tersedia dalam warna merah dan hitam adalah Samsung E1195. Dari segi dimensi, E1195 memiliki ukuran yang lebih kecil dari Samsung Caramel. Keunggulan dari HP ini adalah penggunanya bisa menyimpan nomor telepon hingga 1000 kontak.

Memori internal E1195 berukuran 8 MB, sebuah ukuran yang lebih kecil dibanding Samsung Caramel. Meskipun demikian, HP lipat ini juga menawarkan fitur FM Radio. HP ini juga menggunakan baterai Li-ion 800 mAh, seperti yang digunakan pada Samsung Caramel. Baterai ini memberikan waktu siaga sampai 610 jam dan waktu bicara hingga 8 jam 30 menit.

Samsung Bronx B299

Samsung Bronx B299 hp samsung lipat

HP flip yang akan dibahas di sini selanjutnya adalah Samsung Bronx B299. HP ini sangat bermanfaat karena dilengkapi dengan fitur keselamatan pribadi, sejenis pengiriman pesan SOS secara otomatis saat Anda sedang berada dalam keadaan darurat. HP CDMA ini juga menawarkan fitur fake call, yakni sebuah fitur yang membuat Anda seolah-olah mendapatkan panggilan telepon.

Meskipun Bronx B299 termasuk ponsel yang murah, tetapi ponsel ini sudah mempunyai Mobile Tracker untuk melacak lokasi saat HP ini hilang atau dicuri. Overall, HP buka tutup dengan layar berukuran 2 inch ini adalah sebuah personal assistant sederhana yang simple dan tidak ribet.

Samsung Galaxy W2016

advertisements

HP Samsung lipat terbaik selanjutnya ini cukup mewah dan mahal. Bagaimana tidak, HP flip yang satu ini dibandrol dengan harga 20 jutaan rupiah. Sebuah harga yang cukup fantastis. Akan tetapi, spesifikasi dari Samsung Galaxy W2015 ini cukup mencengangkan. Smartphone ini menawarkan layar super AMOLED dengan ukuran 3.9 inch yang dikombinasikan dengan keypad T9.

advertisements

Smartphone ini ditenagai oleh prosesor Exynos 7420 Octa Core berkomputasi 64-bit. Untuk mengimbangi prosesor tersebut, Samsung juga membekali ponsel ini dengan RAM 3 GB. Ponsel 4G LTE ini menyediakan memori internal 64 GB dan kamera utama berukuran 16 MP dengan sensor ISOCELL. Smartphone dengan OS Android Lollipop v5.1 ini baru dirilis di negeri tirai bambu.

Samsung SM-G9198

Next, ada HP flip istimewa lainnya dari Samsung, yaitu SM-G9198. Selain dilengkapi dengan keypad T9, smartphone ini juga menyediakan layar super AMOLED dengan 16 juta warna berukuran 3.9 inch yang sudah memperoleh proteksi dari Corning Gorilla Glass 4. Bahkan, smartphone ini juga sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE.

SM-G9198 ditenagai oleh chipset Qualcomm MSM8992 Snapdragon 808 dengan CPU Hexa Core 1.8 GHz. Memori internal bekapasitas 16 GB juga tersemat pada ponsel yang mengandalkan RAM sebesar 2 GB ini. Di sektor fotografi, tersedia kamera utama 16 MP dan kamera depan berukuran 5 MP.

Samsung Cytrus C3520

Samsung Cytrus C3520

Kali ini, Carisinyal akan membahas HP lipat dengan fitur yang lebih unggul dibanding ketiga ponsel sebelumnya. Samsung Cytrus C3520 adalah sebuah ponsel lipat yang sudah dibekali dengan kamera utama. Walaupun ukuran kamera ini tidak terlalu besar, 1.3 MP, tetapi kamera tersebut cukup baik dalam mengambil foto. Bahkan, kamera Samsung Cytrus ini sudah disematkan fitur smile detection.

Samsung Cytrus adalah jenis ponsel GSM single-SIM. Ponsel flip ini juga sudah dilengkapi dengan Bluetooth, lho. Selain itu, ada pula fitur FM Radio with RDS dan FM Recording pada HP ini. Anda juga bisa browsing menjelajahi dunia maya dengan menggunakan Samsung Cytrus C3520.

Samsung Galaxy Folder

Samsung Galaxy Folder

Dibandrol dengan harga sekitar 3,3 jutaan rupiah, Samsung Galaxy Folder hadir sebagai smartphone Android Lollipop v5.1 yang masuk ke dalam ponsel kelas menengah. Sama seperti W2016 dan SM-G9198, Galaxy Folder ini juga tampil dengan layar sentuh dan keypad T9.

Untuk memori internal, Samsung memberikan kapasitas 8 GB untuk Galaxy Folder ini. Akan tetapi, Anda bisa mengupgrade ukuran memori eksternal hingga 128 GB. Smartphone ini sudah dapat digunakan di jaringan 4G LTE. RAM 1,5 GB juga disematkan pada ponsel pintar yang satu ini. Galaxy Folder juga menawarkan kamera belakang dengan ukuran 8 GB dan kamera depan berukuran 2 MP.

Samsung Galaxy Golden

Samsung Galaxy Golden

I9230 atau yang lebih dikenal dengan Galaxy Golden adalah salah satu HP lipat Samsung terbaik yang pernah ada. HP flip ini menawarkan layar super AMOLED berukuran 3.5 inch. Di sektor dapur pacu, smartphone ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm MSM8930 Snapdragon 400 dengan prosesor Dual Core 1.7 GHz.

RAM berkapasitas 1,5 GB juga disematkan untuk menandingi kinerja dapur pacu Galaxy Golden ini. Tak tanggung-tanggung, Samsung juga memberikan memori internal sebesar 16 GB pada HP flip yang menawan ini. Galaxy Golden juga diperkaya dengan kamera belakang dengan ukuran 8 MP, serta kamera depan untuk berfoto selfie berukuran 1.9 MP.

Samsung Master Dual

Samsung Master Dual

Elegan adalah sebuah kata yang pantas untuk mendeskripsikan desain Samsung Master Dual. HP flip ini memiliki dua layar, yakni di depan dan dalam. Pada bagian depan ponsel tersemat layar berukuran 2.2 inch. Sementara itu, di bagian dalam tertanam layar berukuran lebih besar, yaitu 3 inch.

Meskipun Master Dual tidak masuk ke dalam kategori ponsel pintar, tetapi HP ini menawarkan dua kamera, yakni kamera belakang 3 MP dan kamera depan 1.3 MP. Samsung Master Dual sudah dilengkapi dengan fitur FM Radio dan GPS untuk menunjukkan arah.

Samsung Da Qi III G9092

Di posisi paling akhir ada HP lipat Samsung terbaik, yaitu Da Qi III G9092 atau yang dikenal dengan G9092 saja. Mengusung layar super AMOLED berukuran 3.7 inch, ponsel yang ditenagai oleh prosesor Quad Core Snapdragon 800 2.3 GHz ini tampil dengan desain ekslusif yang sangat menawan.

Smartphone ini memiliki kualitas fotografi yang cukup baik. Hal tersebut dikarenakan ponsel pintar ini mempunyai kamera utama berukuran 13 MP. Ponsel dual-SIM ini sudah bisa dipakai pada jaringan 4G LTE. Saat ini, Samsung Da Qi III G9092 baru dijual di Korea Selatan dan Tiongkok dengan harga sekitar 25 juta rupiah.

Nah itulah 10 HP Samsung lipat yang bisa Anda pilih di tahun 2016 ini. Silahkan pilih HP yang cocok untuk kebutuhan Anda, apakah itu HP lipat klasik ataukan smartphone lipat modern yang sudah menggunakan sistem operasi Android.

Update: Untuk daftar HP Samsung lipat terbaik di tahun 2017, Anda bisa membaca ulasannya di link ini.

Artikel Menarik Lainnya: