advertisements

Jika ingin mencoba untuk menggeluti dunia fotografi, tak ada salahnya Anda menggunakan kamera mirrorless terlebih dahulu sebagai permulaan. Sejatinya, kamera mirrorless menawarkan fitur dan kualitas fotografi yang tidak kalah dengan kamera DSLR. Kamera mirrorless ini sangat kompatibel untuk menunjang kebutuhan Anda dalam menekuni seni fotografi.

Nah, jika Anda mengalami kesulitan saat hendak memilih kamera mirrorless untuk pemula, Carisinyal akan membantu Anda dengan daftar kamera mirrorless berikut ini. Berbagai kamera ini mungkin tidak secanggih kamera mirrorless terbaik yang pernah kita bahas sebelumnya, namun fitur-fiturnya sangat cocok bagi yang masih dalam tahap belajar.

Panasonic GF7

advertisements

Bagi pemula, ukuran kamera yang terlalu besar tentu akan menjadi masalah. Biasakan diri terlebih dahulu dengan kamera yang berukuran lebih kecil, seperti Panasonic GF7 ini. Kamera mirrorless yang satu ini dilengkapi dengan touch-screen display yang sangat responsif.

Dengan sensor Micro Four Thirds 16 MP, maka Panasonic GF7 akan memberikan hasil foto yang cukup baik bagi pemula. Kamera yang mampu merekam video hingga resolusi 1080p ini tidak dibekali dengan viewfinder atau flash. Namun, kamera mirrorless untuk pemula dari Panasonic ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Nikon 1 J5

Nikon 1 J5 kamera mirrorless untuk pemula

Di saat kamera mirrorless lainnya sudah menggunakan sensor Micro Four Thirds atau sensor lain yang lebih berkualitas, Nikon 1 J5 ini masih memakai sensor 1 inch. Namun, kamera ini mengusung resolusi 20.8 MP yang cukup mumpuni.

Daya tarik dari kamera mirrorless dari Nikon ini terletak pada desain retronya yang sangat classy. Namun, keunggulan dari Nikon 1 J5 tidak hanya terletak pada desainnya saja, tetapi juga pada kecepatan AF dan pengambilan gambar hingga 60fps. Bahkan, kamera ini bisa merekam video dengan resolusi 4K. Kamera yang dibandrol dengan harga USD $496,95 ini sangat praktis dibawa ke mana saja.

Fuji X-M1

Fuji X-M1

Saat ini, harga Fuji X-M1 jauh lebih murah dibanding saat kamera mirrorless ini dirilis untuk pertama kali. Namun, Fuji X-M1 adalah salah satu kamera mirrorless untuk pemula yang bagus dan berkualitas. Fuji membekali kamera ini dengan sensor APS-C 16.3 MP dan lensa Fuji X-Mount.

Dengan desain retro dan klasik, Fuji X-M1 ini menjadi kamera mirrorless yang cukup diminati oleh banyak orang. Jika Anda adalah seorang pemula, Fuji X-M1 ini adalah kamera yang cocok untuk Anda. Bahkan, Fuji telah memberikan X-trans Sensor untuk meningkatkan ketajaman detail halus pada foto yang dihasilkan.

Olympus E-PL7

Olympus E-PL7

Dengan mengusung desain klasik dan material metal, Olympus E-PL7 akan tampak menarik di mata Anda. Sensor dan lensa dari kamera ini menggunakan jenis Micro Four Thirds. Sementara itu, resolusi yang ditawarkan adalah 16.1 MP.

Kecepatan mengambil gambar dari Olympus E-PL7 ini adalah 8fps. Kamera ini mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Secara keseluruhan, Olympus E-PL7 adalah kamera yang bagus, sayangnya kamera ini tidak memiliki fitur stand-out yang mengesankan.

Sony A5100

advertisements

Mungkin Anda tertarik dengan besarnya resolusi yang ditawarkan oleh kamera mirrorless Sony A5100. Ya, Sony A5100 memang dilengkapi dengan sensor APS-C dengan resolusi kamera 24.3 MP. Kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera ini memang sangat mengesankan. Ditambah dengan keberadaan lensa Sony E-Mount, kamera ini menjadi sangat layak untuk digunakan oleh pemula yang ingin terjun ke bidang fotografi.

Kecepatan kamera ini dalam mengambil gambar adalah 6fps. Selain itu, Sony A5100 juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p. Nilai tambahan dari Sony A5100 ini adalah harganya yang cukup murah, yakni USD $448,00.

Fujifilm X-A2

Rekomendasi kamera mirrorless selanjutnya adalah Fujifilm X-A2, sebuah kamera dengan gaya yang sangat stylish dan dilengkapi dengan sensor CMOS APS-C serta resolusi 16 MP, ini adalah ukuran yang sama seperti dengan sebagian besar kamera DSLR. Sensor ini memungkinkan kamera ini menghasilkan foto yang baik meskipun Anda mengambil gambar dalam ruangan yang gelap.

Terdapat sebuah layar LCD yang dapat bergerak ke atas 175 derajat untuk memudahkan Anda dalam mengambil foto selfie. Kamera ini juga mampu merekam video dengan resolusi 1080p. Uniknya, Fujifilm X-A2 ini juga dibekali dengan built-in Wi-Fi. Kamera ini ditawarkan dengan harga USD $500,00.

Canon EOS M10

Canon EOS M10

Jika dilihat dari spesifikasi dan kualitas kamera, Canon EOS M10 mungkin kalah dengan jajaran kamera mirrorless lainnya yang ada di daftar ini. Namun, Canon EOS M10 adalah kamera mirrorless untuk pemula yang cukup worth untuk dibeli.

Canon mengusung sensor CMOS APS-C dengan resolusi 18 MP untuk memastikan hasil foto yang dihasilkan tampak baik dan sempurna. Kamera ini juga memiliki autofocus CMOS AF II Hybrid. Merekam video HD beresolusi 1080p juga lebih mudah jika Anda menggunakan Canon EOS M10 ini. Ukuran kamera ini lebih kecil dibanding kamera mirrorless lainnya. Anda bisa membawa pulang kamera ini dengan menyediakan dana USD $450,00.

Sony Nex-3N

Sony Nex-3N

Fitur dan spesifikasi yang dibawa oleh Sony Nex-3N ini mungkin hampir sama dengan kamera mirrorless sejenis lainnya, seperti sensor APS-C 16 MP, LCD tilting, dan kemampuan untuk merekam video dengan resolusi 1080p. Tidak ada tombol mode eksternal atau port aksesori yang melengkapi kamera ini, tetapi Sony memberikan built-in flash pada Nex-3N ini.

Bagi pemula, Sony Nex-3N ini sudah cukup memberikan interface point yang cukup jelas. Di kamera ini, hasil foto juga tidak terlalu banyak noise sehingga kualitas foto jadi semakin baik. Sony Nex-3N juga mengusung beberapa fitur tambahan ala Sony, seperti Auto HDR, Sweep Panorama, dan kemampuan merekam video HD pada resolusi 1080p.

Samsung NX2000

Samsung NX2000

Pada kamera mirrorless kali ini, Samsung menawarkan sensor APS-C dengan resolusi 20 MP. Bahkan, Samsung NX2000 ini juga memberikan layar sentuh yang sangat responsif. Setelah diuji, kamera ini memiliki pencahayaan yang cukup baik di dalam ISO yang rendah.

NX200 adalah kamera yang sangat ideal bagi Anda yang selalu menyukai interface yang menggunakan touch screen. Di dalam kamera ini, Anda juga akan menemukan built-in Wi-Fi, mengingat tidak banyak kamera yang mengusung built-in Wi-Fi, maka Samsung NX2000 adalah pilihan yang tepat untuk Anda yang membutuhkan kamera mirrorless dengan layar sentuh.

Pentax Q7

Pentax Q7 adalah kamera mirrorless dengan ukuran compact sehingga lebih praktis saat dibawa hunting foto ke mana saja, termasuk ketika Anda liburan ke tempat-tempat yang menarik. Kamera ini mengusung sensor 1/1.7” CMOS dengan resolusi 12.4 MP.

Walaupun resolusi kamera ini tidak terlalu besar, tetapi Pentax Q7 mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang lumayan. Merekam video berkualitas HD 1080p juga dapat dilakukan dengan menggunakan Pentax Q7 ini.

Daftar kamera mirrorless untuk pemula ini bisa menjadi rekomendasi yang tepat untuk Anda yang ingin menekuni bidang fotografi. Setelah mahir menggunakan kamera mirrorless, Anda bisa beralih ke kamera yang lebih profesional, seperti kamera DSLR.

Artikel Menarik Lainnya: