advertisements

Kebutuhan data dari sebuah smartphone di masa sekarang ini tidaklah sedikit sehingga Anda harus memilih kapasitas memori yang tepat untuk smartphone Anda. Oleh karena itu kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa jenis memori yang terdapat pada smartphone, yaitu memori internal, eksternal, dan juga RAM.

Kapasitas memori

Memori Internal

Memori internal merupakan tempat penyimpanan di dalam smartphone yang menyimpan data sistem, aplikasi, foto, dokumen, musik, dan lainnya. Saat ini kebanyakan smartphone sudah dibekali dengan memori internal dari 4 GB ke atas. Karena semua data sistem ditempatkan di memori internal, maka biasanya smartphone dengan memori internal 4 GB hanya menyediakan kapasitas kosong bagi pengguna sebesar 1 GB hingga 2 GB saja.

advertisements

Beberapa smartphone menyediakan fitur untuk memindahkan aplikasi dan game ke memori eksternal, namun sebagian lagi tidak. Oleh karena itu jika Anda gemar memainkan game berkapasitas besar, maka pilihlah smartphone dengan kapasitas memori internal minimal 8 GB atau smartphone yang mendukung pemindahan aplikasi dan game ke memori eksternal.

RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory dan memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap performa suatu smartphone. Seperti diulas pada artikel sebelumnya, RAM sebesar 1 GB merupakan ukuran ideal untuk smartphone Android sedangkan RAM 512 MB sudah cukup untuk perangkat Windows Phone. Namun jika Anda menggunakan perangkat Android untuk urusan komunikasi saja, maka RAM di bawah 1 GB juga sudah cukup untuk keperluan tersebut.

Memori Eksternal

Jenis penyimpanan terakhir yang dimiliki sebuah smartphone adalah memori eksternal yang berupa slot untuk kartu microSD. Tidak semua smartphone menyediakan slot memori eksternal ini, terutama untuk smartphone yang memang sudah memiliki kapasitas memori internal yang besar. Jajaran Google Nexus merupakan salah satu contoh smartphone yang tidak menyediakannya.

Slot memori eksternal pada kebanyakan smartphone saat ini mampu menampung kartu microSD hingga kapasitas 32 GB. Namun ada juga yang bisa menampung hingga 64 Gb ataupun 128 GB seperti Samsung Galaxy S5. Memori eksternal biasanya digunakan untuk menyimpan data pribadi karena jarang ada smartphone yang mengizinkan aplikasi dan game untuk diinstal di memori eksternal ini.

Oleh karena itu, memori eksternal merupakan komponen yang wajib dimiliki jika Anda ingin memberikan lebih banyak ruang kosong pada memori internal. Memori microSD juga memiliki kecepatan yang bervariasi yang akan mempengaruhi kecepatan menulis dan membacanya. Silahkan baca artikel ini untuk ulasan lebih lengkapnya.

Artikel Menarik Lainnya: