advertisements

Asus Zenfone 4 adalah salah satu dari deretan smartphone Asus seri Zenfone. Meskipun sudah berusia hampir satu tahun, namun smartphone ini masih cukup laku di pasaran. Hal tersebut dapat dimaklumi jika melihat kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 4 tersebut.

Dengan harga yang terjangkau dan kualitas yang memadai, smartphone in berhasil menarik minat para konsumen yang ada di indonesia. Smartphone ini sendiri diluncurkan berbarengan dengan peluncuran Asus Zenfone 5 dan juga  Zenfone 6.

advertisements

Di bandingkan dengan seri Zenfone 5 dan Zenfone 6, Asus Zenfone 4 merupakan varian Zenfone dengan ukuran yang terkecil. Smartphone ini memiliki lebar 4 inchi dengan layar sentuh. Sama seperti kakak segenerasinya, Zenfone 4 juga dibekali dengan prosesor Intel. Untuk lebih lengkapnya berikut Carisinyal akan memberikan reviewnya.

Kelebihan Asus Zenfone 4

Meskipun ukurannya cukup kecil dibandingkan kebanyakan ponsel Android saat ini, namun smartphone Asus Zenfone 4 menyuguhkan berbagai macam kelebihan. Berikut adalah beberapa keunggulan Asus Zenfone 4 yang wajib Anda ketahui.

  • Performa Mumpuni

Seperti yang telah di sebutkan di atas, Asus Zenfone 4 menggunakan prosesor buatan Intel yang telah malang melintang di bidang dapur pacu komputer. Prosesor yang digunakan oleh smartphone ini berjenis dual core dengan kecepatan mencapai 1,2 GHz.

Prosesor tersebut disematkan dalam Chipset Intel Atom Z2580. Di sana juga disematkan pengolah grafis PowerVR SGX544MP2. Dengan berbagai spesifikasi tersebut, kinerja smartphone ini menjadi lebih baik dibandingkan dengan kompetitornya terutama untuk bermain game.

Kapasitas RAM sebesar 1 GB cukup mumpuni untuk Asus Zenfone 4. Smartphone ini juga dibekali dengan sistem operasi Jelly Bean 4.3 pada saat perilisannya. Sistem operasi Jelly Bean ini bisa diupgrade ke Android 4.4 Kitkat. Namun belum diketahui apakah smartphone ini akan mendapatkan update Android 5.0 Lollipop atau tidak.

  • Desain Stylish

kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 4

Asus Zenfone 4 hadir dengan desain yang ramping dan stylish. Selain itu Asus Zenfone 4 juga memiliki lima pilihan warna yang menarik. Pengguna bisa memilih warna putih, hitam, mera , biru dan kuning. Berbagai pilihan warna ini semakin membuat ponsel ini tampil fresh dan cocok sebagai pelengkap gaya para generasi muda.

  • ZenUI yang Cantik

Sama seperti seri Zenfone yang lainnya, Zenfone 4 juga hadir dengan tampilan antarmuka ZenUI. ZenUI memiliki tampilan Home Screen dan Lock Screen yang cantik sehingga membuat ponsel ini tampak berkelas. Selain itu, ZenUI juga sangat mudah digunakan oleh siapa saja, termasuk oleh para pemula sekalipun.

  • Dual SIM

Meskipun di banyak negara fitur dual SIM bukanlah menjadi prioritas, namun hal tersebut berbeda dengan Indonesia. Ya, masyarakat Indonesia sangat gemar menggunakan lebih dari satu kartu SIM secara bersamaan sehingga kehadiran fitur dual SIM menjadi sebuah nilai lebih.

Maka dari itu tidak heran jika Asus Zenfone ini laris manis di pasaran mengingat hampir semua smartphone di rentang harga Rp 1 jutaan sudah memiliki fitur dual SIM. Selain keunggulan dual SIM-nya, konektivitas Asus Zenfone 4 juga cukup lengkap.

Smartphone ini mendukung berbagai macam jaringan internet mulai dari 3G HSDPA, EDGE, dan GPRS. Selain itu terdapat juga dukungan Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, dan Wi-Fi Hotspot. Untuk berbagai data secara wireless, ponsel ini sudah mendukung Bluetooth v4.0 dengan A2DP dan EDR.

  • Kamera Ciamik
sampel kamera zenfone 4

Sampel kamera Zenfone 4

advertisements

Dari sektor fotografi, kamera utama dari Asus Zenfone 4 juga tak begitu mengecewakan. Walau dibanderol dengan harga murah, namun smartphone ini masih bisa menggunakan kamera dengan resolusi 5 MP. Selain itu untuk kamera depan, Asus Zenfone 4 juga sudah menyematkan kamera dengan resolusi VGA.

Meskipun tidak dapat dibandingkan dengan smartphone di atasnya, namun kualitas kamera Zenfone 4 dapat disebut sebagai yang terbaik di kelasnya. Kamera berteknologi Pixel Master ini juga menyuguhkan fitur autofocus, HDR, panorama, GIF animation, dan lainnya. Salah satu kelemahannya mungkin hanya terdapat pada absennya LED Flash untuk memotret di area yang minim cahaya.

  • Harga Terjangkau

Asus Zenfone 4 merupakan varian smartphone pintar Asus yang di tujukan untuk pasaran kelas menengah ke bawah. Harga Asus Zenfone 4 terbaru hanya dibanderol pada kisaran Rp 1 jutaan. Kisaran harga ini bervariasi berdasarkan masing-masing wilayah yang di indonesia. Harga ini cukup bersaing dengan ponsel lain yang ada di rentang harga yang sama.

Kekurangan Asus Zenfone 4

Asus Zenfone 4 selain memiliki banyak kelebihan juga memiliki kekurangan. Smartphone yang dibanderol murah ini memiliki kekurangan di beberapa sisi. Berikut adalah beberapa kekurangan Asus Zenfone 4 yang harus Anda pertimbangkan jika berencana untuk membelinya.

  • Kapasitas Baterai Kecil

baterai zenfone 4

Kekurangan yang paling menonjol dari Asus Zenfone 4 terletak pada kapasitas baterainya yang kecil. Daya tahan baterai Asus zenfoone 4 tergolong kecil untuk sebuah smartphone yang memiliki kapasitas RAM yang lumayan besar. Ya, Asus Zenfone 4 hanya menggunakan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 1170 mAh.

Daya tahan baterai yang kecil tentu akan mengganggu pengguna yang suka untuk melakukan kegiatan browsing ataupun berhubungan dengan koneksi data internet. Hal ini akan mengakibatkan konsumsi daya baterai yang boros. Tanpa dukungan daya baterai yang handal, kegiatan akses internet tentu akan terganggu.

Sebenarnya handphone Asus Zenfone 4 ini dibekali dengan 2 buah baterai sehingga Anda dapat menggantinya jika baterai yang pertama habis. Namun hal ini tentu sangat merepotkan dan mungkin akan jauh lebih praktis jika menggunakan power bank saja.

  • Layar TFT

Berbeda dengan saudara-saudaranya yang sudah menggunakan layar berjenis IPS, Zenfone 4 masih dibekali dengan layar TFT. Seperti kita ketahui, layar TFT ini memiliki viewing angle yang cukup buruk. Selain itu, layar ini juga kurang begitu bagus ketika digunakan di tempat dengan cahaya yang terang.

Namun jika melihat dari harga yang ditawarkannya, hal ini tampaknya bukan menjadi masalah yang serius. Pasalnya, layar ini juga sudah dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass 3 yang akan melindunginya dari goresan ataupun benturan.

  • Memori Internal Terbatas

Asus Zenfone 4 memiliki kapasitas penyimpanan internal sebesar 4 GB. Kapasitas tersebut sebenarnya kurang mumpuni jika melihat ukuran aplikasi dan game Android yang terus bertambah besar setiap harinya. Untungnya Asus menyediakan versi 8 GB untuk mengatasi masalah ini.

Jika Anda masih merasa kurang dengan penyimpanan data internal tersebut, Anda bisa menambahnya dengan menggunakan eksternal memori microSD. Kapasitas memori eksternal hingga 32 GB disediakan untuk menampung kebutuhan data penggunanya.

Simpulan

Secara keseluruhan smartphone pintar Asus Zenfone 4 memang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah. Performa yang bagus pada sektor dapur pacu dan desain adalah kelebihan yang ingin di tonjolkan oleh pihak Asus pada konsumennya. Adanya kekurangan pada sektor layar dan baterai merupakan minus yang linear dengan harga yang dibanderol pada Asus Zenfone 4.

Jika Anda, menginginkan sebuah smartphone pintar dengan harga terjangkau dan kemampuan kerja yang lumayan baik, Asus Zenfone 4 adalah pilihan yang tepat. Dengan penggunaan data mobile untuk keperluan media sosial saja sepertinya daya baterai Zenfone 4 masih bisa untuk dipertahankan.

Jika menginginkan kemampuan yang lebih, maka Anda dapat memilih Zenfone 4S (A450CG) ataupun Zenfone 5. Ya, kedua ponsel tersebut merupakan pilihan yang tetap jika kelebihan dan kekurangan Asus Zenfone 4 (A400CG) di atas belum menarik minat Anda untuk membelinya.

Artikel Menarik Lainnya: