advertisements

Tidak mau kalah dengan Xiaomi, produsen ponsel asal Tiongkok lainnya yakni Lenovo baru-baru ini merilis ponsel gahar dengan harga terjangkau. Ponsel tersebut adalah Lenovo P70 yang diumumkan pada bulan Januari lalu dan kini sudah mulai tersedia di pasaran.

Lenovo P70 hadir dengan layar IPS 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Untuk pasaran Indonesia smartphone ini dibanderol seharga Rp 2.899.000. Apakah harga tersebut sesuai dengan kelebihan dan kekurangan Lenovo P70 tersebut? Mari simak ulasan lengkapnya.

Kelebihan Lenovo P70

advertisements

Semenjak diumumkan pada bulan Januari yang lalu, banyak pecinta gadget yang sudah tidak sabar untuk mencoba smartphone ini. Terlebih, harga yang ditawarkannya sangatlah menggiurkan. Berikut adalah beberapa kelebihan Lenovo P70:

  • Bisa jadi powerbank

Salah satu keunggulan yang selalu dielu-elukan dalam promosi Lenovo P70 adalah kapasitas baterainya yang besar. Ya, smartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh. Baterai tersebut diklaim dapat bertahan dalam kondisi standby selama 34 hari pada jaringan 2G, 29 hari pada jaringan 3G, dan 30 hari pada jaringan 4G.

Untuk waktu bicaranya, smartphone ini dapat digunakan selama 46 jam di jaringan 2G dan 18 jam di jaringan 3G. Tidak ada informasi waktu bicara di jaringan 4G karena smarthone ini tidak mendukung voice over LTE.

Meskipun kapasitasnya besar, Anda tidak perlu khawatir akan membutuhkan waktu lama untuk men-charge-nya. Pasalnya, Lenovo P70 sudah dibekali dengan fitur Quick Charge yang mampu mengisi ulang daya baterai hingga penuh dalam waktu 3 jam saja.

Tidak hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, Lenovo P70 juga berguna untuk perangkat lain karena dapat dijadikan power bank. Hanya dengan mencolokkan kabel charger ke smartphone ini, maka berbagai gadget lain yang Anda miliki bisa langsung terisi daya baterainya.

  • Kamera ciamik

kamera lenovo p70

Lenovo P70 hadir dengan sepasang kamera yang mumpuni. Di bagian belakangnya terdapat kamera utama dengan resolusi 13 MP (4160 x 3120 piksel). Kamera tersebut sudah dilengkapi dengan LED Flash untuk membantu proses pencahayan. Beberapa fitur seperti Geo-tagging, touch focus, face detection, dan panorama juga sudah disematkan di dalamnya.

Untuk perekaman video, kamera utamanya tersebut mampu merekam video Full HD 1080p@30fps. Sedangkan bagi Anda yang suka berfoto selfie, maka Lenovo P70 sudah menyediakan kamera depan dengan resolusi 5 MP.

  • Bodi ringan dan ramping

bodi lenovo p70

Meskipun baterainya cukup besar, namun ternyata hal tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap bodinya. Lenovo P70 hanya memiliki ketebalan sebesar 8,9 mm dan berat 149 gram. Artinya, ponsel ini lebih tipis dari Motorola Moto G dan lebih ringan dari LG G3. Secara keseluruhan, ponsel ini memiliki dimensi sebesar 142 x 71.8 x 8.9 mm.

  • Fitur dan konektivitas lengkap

Jaringan yang didukung oleh Lenovo P70 dapat dibilang sangat lengkap, mulai dari LTE Category 4 untuk FDD & TDD yang mampu mengunduh hingga kecepatan 150 Mbps, DC-HSPA+, dan TD-SCDMA. Smartphone ini juga mendukung fitur dual SIM bagi Anda yang ingin menggunakan dua operator secara sekaligus.

advertisements

Untuk fitur konektivitas lainnya terdapat Wi-Fi 802.11n, Bluetooth 4.0, radio, dan GPS. Lenovo P70 saat ini berjalan pada sistem operasi Android 4.4 KitKat. Menariknya, pihak Lenovo menjanjikan akan memberikan update Android 5.0 Lollipop secepatnya.

  • Performa lumayan

Sebenarnya dapur pacu dari Lenovo P70 ini tidak jauh berbeda dengan smartphone lain di kelasnya. Hal ini tidak menjadi masalah karena performa yang disuguhkannya tetap mumpuni dan tentunya dapat menghemat penggunaan daya baterai.

Chipset yang digunakannya adalah MediaTek MT6752 dengan delapan buah Cortex A53 cores yang diset pada kecepatan 1.7 GHz. Pengolah grafis yang digunakanannya adalah Mali-T760-MP2 dengan clock 700 MHz. Smartphone ini juga dibekali dengan RAM sebesar 2GB, memori internal 16 GB, dan sebuah slot untuk MicroSD card.

Kekuranagn Lenovo P70

Setelah membahas berbagai macam kelebihan yang dimilikinya di atas, sekarang mari kita bahas berbagai kekurangan Lenovo P70. Dengan memperhatikan kekurangannya ini, maka diharapkan Anda tidak akan menyesal ketika sudah membelinya di kemudian hari.

  • Hanya tersedia dalam satu warna

kelebihan dan kekurangan lenovo p70

Lenovo P70 mungkin kurang cocok bagi anak muda yang suka tampil fashionable dengan berbagai warna-warna yang cerah. Pasalnya, smartphone ini hanya tersedia dalam satu jenis warna saja yakni Midnight Blue. Bahkan warna hitam dan putih yang biasanya menjadi warna wajib juga tidak tersedia untuk smartphone ini.

  • Baterai tidak bisa dicopot

Baterai super besar milik Lenovo P70 ternyata tertanam di dalam komponennya dan tidak bisa dilepas. Hal ini mungkin cukup merepotkan bagi Anda yang ingin mengganti baterai secara manual. Namun di sisi lain, non-removable battery ini jug akan menekan penggunakan baterai non original yang bisa membahayakan pengguna smartphone itu sendiri.

  • Locking GPS lambat

Lenovo P70 memiliki sedikit kendala untuk urusan navigasi karena penguncian lokasi GPS terbilang cukup lambat. Untungnya hal ini bukanlah masalah yang cukup besar karena bisa diperbaiki melalui pembaharuan firmware.

Simpulan

Setelah menyimak berbagai macam kelebihan dan kekurangan Lenovo P70 di atas, apakah Anda tertarik untuk membelinya? Dengan harga Rp 2,9 jutaan, rasanya smartphone ini sangat layak untuk dimiliki. Baterai yang tahan lama akan sangat cocok bagi Anda yang sering berpergian ke luar rumah.

Di pasaran Indonesia saat ini, salah satu pesaing terberatnya mungkin datang dari Asus Zenfone 6. Selain memiliki layar lebih besar, Zenfone 6 juga tersedia dalam beberapa pilihan warna. Silahkan pilih mana yang cocok dengan kebutuhan dan juga selera Anda.

Artikel Menarik Lainnya: