advertisements
advertisements

Setelah sukses dengan seri Redmi 1s, Xiaomi kembali meluncurkan smartphone penerusnya dengan label Hongmi 2 alias Redmi 2. Smartphone ini disebut memiliki perubahan yang cukup signifikan dari pendahulunya tersebut. Lantas apa sajakah kelebihan dan kekurangan Xiomi Redmi 2 ini?

Yang paling menonjol tentu saja dari desainnya yang kini tampak lebih ramping. Meskipun begitu, spesifikasi di dalamnya sama sekali tidak mengalami perampingan dan malah mengalami peningkatan. Berikut adalah sedikit gambaran spesifikasi Xiaomi Redmi 2:

  • Layar 4.7″ IPS 720p dengan pelindung Corning Gorilla Glass 2
  • Sistem operasi Android 4.4.4 KitKat dengan MIUI v.6
  • Prosesor 1.2GHz quad-core Cortex-A53 CPU; Adreno 306 GPU; Qualcomm Snapdragon 410
  • RAM 1 GB (8GB model) atau 2GB (16GB model)
  • Kamera belakang 8MP dengan LED flash, kamera depan 2MP
  • Memori internal 8GB dan 16GB
  • Slot microSD hingga 32GB
  • Baterai 2200 mAh
  • Dual SIM
  • Jaringan Cat. 4 LTE (150/50Mbps)
  • Fitur lainnya: Wi-Fi b/g/n; Bluetooth 4.0; GPS/GLONASS/BeiDou; microUSB, USB On-The-Go; FM radio

Kelebihan Xiaomi Redmi 2

advertisements
advertisements

Xiaomi Redmi 2 diprediksi akan menjadi smartphone yang banyak diburu konsumen dan akan menjadi salah satu smartphone terbaik tahun ini. Pasalnya, ponsel ini menyuguhkan banyak keunggulan dibandingkan versi sebelumnya ataupun para kompetitorya. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Xiaomi Redmi 2.

  • Lebih Ramping

kelebihan dan kekurangan xiaomi redmi 2

Dibandingkan dengan Redmi 1s, smartphone Redmi 2 hadir dengan bodi yang lebih ramping. Layar yang diusungnya tetap berukuran 4,7 inci sehingga secara otomatis bezel di sekitar layarnya menjadi lebih tipis. Dikutip dari GSM Arena, rasio screen-to-body dari ponsel ini mencapai angka 67,6%.

Selain lebih ramping, Redmi 2 juga memiliki bobot yang lebih ringan dari saudara tuanya. Ponsel ini memiliki bobot 133 gram, yang berarti lebih ringan 25 gram dari Redmi 1s. Untuk warnanya, Redmi 2 juga telah menambahkan pilihan warna putih bagi yang tertarik untuk meminangnya.

  • Baterai Besar

Peningkatan lain yang terdapat pada smartphone Xiaomi Redmi 2 adalah baterainya. Redmi 2 dibekali dengan baterai yang memiliki kapasitas sebesar 2200 mAh. Baterai tersebut mampu bertahan selama 55 jam dalam pemakaian normal. Angka tersebut cukup baik untuk ponsel dengan fitur dual SIM.

  • MIUI v6

Xiaomi Redmi 2 sudah dibekali dengan tampilan antarmuka baru dari MIUI v6. Versi terbaru dari MIUI ini menghadirkan beberapa perubahan yang cukup signifikan dari versi sebelumnya. Meskipun banyak perubahan, namun cara pengoperasiannya tetaplah sama.

Seperti berbagai versi sebelumnya, MIUI v6 tidak menyuguhkan app drawer. Artinya, semua aplikasi yang diinstal akan langsung muncul di homescreen. Tidak ada batasan berapa halaman homescreen yang bisa Anda gunakan selama masih ada ruang untuk menginstal aplikasi baru.

Pada homescreen tersebut Anda juga dapat menambahkan widget seperti biasanya. Ketika membuka notification bar, Anda akan melihat dua halaman yang berbeda. Yang pertama adalah halaman notifikasi dan yang kedua adalah halaman toggle dan pengaturan. Sayangnya, Anda tidak bisa mengakses halaman pengaturan secara langsung dengan menggunakan dua jari.

Berbagai tema baru juga sudah disediakan untuk versi ini. Tema tersebut akan merubah seluruh tampilan dari Redmi 2. Untuk aplikasinya, MIUI v6 tidak menyediakan aplikasi Google secara langsung. Namun Anda tetap dapat mendownload dan menginstalnya secara mudah melalui Mi Market atapun Play Store.

  • Prosesor 64 Bit

Redmi 2 hadir dengan chipset Snapdragon 410, prosesor quad-core 1.2GHz Cortex-A53, dan Gpu Adreno 306. Untuk RAM-nya sendiri terdapat 2 versi, yakni 1GB dan 2GB. Spesifikasi tersebut memang tidak terlalu mewah, namun sudah cukup untuk memberikan performa maksimal pada sebuah ponsel kelas menengah ke bawah.

advertisements

Salah satu yang paling menonjol adalah penggunaan chipset Snapdragon 410 yang memiliki arsitektur 64-bit. Chipset ini akan memberikan performa yang jauh lebih baik ketimbang chipset 32-bit pada seri Snapdragon 400 yang banyak digunakan oleh pesaingnya.

advertisements

Secara keseluruhan, performa yang disuguhkan oleh Redmi 2 ini sangatlah baik untuk ponsel sekelasnya. Anda tidak akan mengalami lag ketika melakukan multitasking ataupun memainkan game, terlebih apabila Anda menggunakan versi 2GB.

  • Dapat Memutar Berbagai Video

Bagi Anda yang sering menonton video, maka Redmi 2 dirasa cocok untuk dijadikan pilihan. Pasalnya, video player milik smartphone ini mampu memutar berbagai macam format video, termasuk MKV dan juga WMV. Selain itu, AC3 audio codec juga sudah didukung oleh aplikasi ini.

  • Kualitas Audio Jempolan

Kelebihan Xiaomi Redmi 2 yang lainnya terketak di sektor audio. Ya, ponsel ini mampu menghasilkan kualitas audio yang sangat baik ketika digunakan melalui speaker, headphone, ataupun speaker eksternal. Dapat dibilang, kualitas audio Redmi 2 merupakan yang terbaik dibandingkan dengan ponsel Xiaomi yang lainnya.

  • Kamera 8MP

kamera xiaomi redmi 2

Tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, Redmi 2 juga dibekali dengan kamera belakang 8MP dengan LED flash. Kualitas jepretan kamera ini cukup baik jika dibandingkan dengan ponsel sekelasnya. Sedangkan untuk perekaman videonya, kamera ini mampu merekam video Full HD 1080p dengan kualitas yang juga sangat baik.

  • 4G LTE

Jika beberapa waktu yang lalu smartphone 4G LTE selalu diidentikkan dengan harga mahal, maka Redmi 2 akan segera mengubah pandangan tersebut. Ya, Redmi 2 sudah mendukung jaringan 4G LTE kategori 4 yang memiliki kecepatan download 150 Mbps dan kecepatan upload 50 Mbps.

Dari dua slot kartu SIM yang ada di Redmi 2, hanya satu slot dapat digunakan untuk jaringan 4G tersebut. Dukungan jaringan 4G ini tentu saja menjadi angin segar bagi konsumen di Indonesia karena saat ini berbagai operator tengah gencar mempromosikan jaringan 4G LTE.

  • Harga Murah

Kelebihan terakhir yang ditawarkan oleh Redmi 2 adalah harganya yang murah. Meskipun belum ada rilis resmi, namun harga Xiaomi Redmi 2 kemungkinan besar ada di kisaran Rp 1,5 hingga 2 jutaan. Untuk kawasan Indonesia sendiri penjualannya kemungkinan akan kembali menggunakan sistem online via Lazada.

Kekurangan Xiaomi Redmi 2

kekurangan xiaomi redmi 2

Selain berbagai keunggulan di atas, Redmi 2 juga memiliki beberapa kekurangan. Akan tetapi, kekurangan Xiaomi Redmi 2 ini tidak sebanyak kelebihan yang ditawarkannya. Berikut adalah daftar kekurangannya.

  • Tidak ada versi RAM 2GB untuk memori 8GB

Xiaomi Redmi 2 hanya hadir dengan 2 versi, yakni memori 8GB dengan RAM 1GB, dan memori 16GB dengan RAM 2GB. Sangat disayangkan sekali tidak adanya versi RAM 2Gb untuk memori 8GB. Selain dapat memberikan performa yang lebih baik, variasi harga yang disuguhkan juga akan lebih beragam.

  • Tidak ada NFC

Redmi 2 juga tidak dibekali dengan fitur NFC. Beberapa tahun ini memang fitur NFC kurang bisa dinikmati secara maksimal. Namun banyak pengamat yang menyatakan jika NFC akan banyak digunakan ke depannya terutama untuk sistem pembayaran.

  • Sulit Didapat

Sistem penjualan Redmi yang menggunakan jasa retailer online memang masih tergolong baru di Indonesia. Hasilnya, banyak konsumen yang kesulitan jika ingin membeli Xiaomi secara langsung. Selain itu, proses pembelian online juga dirasa lebih rumit dibandingkan pembelian secara offline.

Dengan begitu, harga perangkat Xiaomi di pasaran Indonesia biasanya lebih mahal dibanding harga resminya. Beberapa orang biasanya memborong banyak perangkat Xiaomi sekaligus untuk kemudian dijual kembali ke orang lain. Sistem penjualan ini mungkin harus kembali ditinjau ulang oleh Xiaomi, terutama untuk wilayah Indonesia.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan Xiaomi Redmi 2. Dengan melihat perbandingan di atas, kini Anda dapat menentukan apakan smartphone ini layak untuk dimiliki atau tidak. Jika Anda memiliki pendapat lain mengenai keunggulan dan kekurangannya, silahkan bagikan bersama kami di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: