advertisements
advertisements

Membuat smartphone dengan mengsung nama flagship tampaknya sudah menjadi kebiasaan belakangan ini. Salah satunya adalah LG yang merilis aneka varian dari flagship LG G4 meskipun spesifikasinya sangat jauh berbeda.

Pada tahun 2014, LG G3 Stylus dirilis dan cukup sukses meramaikan pasar kelas menengah ke bawah. Di tahun 2015 ini, perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini kembali meluncurkan LG G4 Stylus, sebuah smartphone yang berada satu tingkat di atas pendahulunya, LG G3 Stylus.

advertisements
advertisements

Ada banyak perbedaan antara kedua smartphone tersebut, salah satunya harga LG G4 Stylus lebih mahal karena dipasarkan untuk kelas menengah atas. Jika Anda penasaran dengan kelebihan dan kekurangan yang diusungnya, mari simak review LG G4 Stylus berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 5.7 inch, 720 x 1280 pixels (258 ppi)
  • Memori internal: 8/16 GB, 1/2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
  • CPU: Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306
  • Sistem Operasi: Android OS v5.0 (Lollipop)
  • Kamera utama: 13 MP, 4128 x 3096 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, Laser autofocus, gesture shot, Geo-tagging, touch focus, face detection, digital zoom, panorama, HDR Gesture Shot, Touch & Shoot
  • Kamera depan:5 MP
  • Baterai: Li-ion 3000 mAh

Desain

Smartphone bernama lain LG G Stylo ini memiliki panjang 154.3 mm, lebar 79.2 mm dan ketebalan 9.6 mm. Ukuran smartphone ini cukup besar dan termasuk dalam kategori phablet. Pilihan warna untuk LG G4 Stylus ini adalah Metallic Silver dan Floral White.

review lg g4 stylus

Seperti biasa, tampilan smartphone dari LG selalu mengusung desain mewah nan elegan meskipun hanya terbuat dari casing plastik. Bobot dari G4 Stylus ini mencapai 163 gram, tidak terlalu berat untuk smartphone berukuran cukup besar.

Layar

Phablet ini mengusung layar berukuran 5.7 inch yang menggunakan teknologi IPS LCD dengan 16 juta warna. Dari segi resolusi, LG G4 Stylus masih kalah dengan Samsung Galaxy Note 4 yang memiliki resolusi Quad HD. Layar smartphone ini hanya memiliki resolusi HD 720 x 1280 piksel dengan kerapatan 258 ppi.

Meskipun dalam segi resolusi G4 Stylus masih kalah dengan Note 4, namun layar smartphone ini sudah cukup terang dan tidak mengecewakan. Selain itu, layar G4 Stylus juga sudah menggunakan pelindung Corning Gorilla Glass 3 yang tahan terhadap segala jenis goresan.

Prosesor

kelebihan dan kekurangan LG G4 stylus

LG G4 Stylus ditawarkan dalam dua varian, yakni 4G LTE dan 3G. Kedua varian tersebut dibekali oleh prosesor yang berbeda. LG G4 Stylus 4G LTE ditenagai oleh prosesor Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan CPU Quad Core 1.2 GHz Cortex-A53. Sementara itu, untuk varian 3G digawangi oleh prosesor dari MediaTek dengan clockspeed Octa Core 1.4 GHz.

Namun, kami sangat menyarankan Anda untuk memilih LG G4 Stylus 4G LTE. Selain menggunakan prosesor yang masih tergolong kelas bawah, smartphone tersebut juga sudah dilengkapi dengan GPU Adreno 306, yakni kartu pengolah grafis yang termasuk lumayan.

Memori

Sekilas spesifikasi memori dari LG G4 Stylus hampir sama dengan Xiaomi Mi4c yang menawarkan dua pilihan memori internal dan RAM. Namun, ukuran memori internal dan RAM yang ditawarkan G4 Stylus lebih kecil dari smartphone asal Tiongkok tersebut.

LG G4 Stylus menawarkan memori internal 8 GB dengan RAM sebesar 1 GB. Opsi lain yang lebih besar, Anda bisa memilih versi smartphone ini dengan memori internal 16 GB dengan RAM 2 GB. Sayangnya, versi yang dipasarkan di Indonesia adalah LG G4 Stylus dengan memori internal 8 GB dan RAM 1 GB.

advertisements

Ukuran kedua memori tersebut cukup kecil mengingat smartphone 4G LTE lain sudah menawarkan kapasitas penyimpanan minimal 16 GB dan RAM 2 GB. Akan tetapi, kapasitas penyimpanan pada smartphone ini bisa diperluas dengan memori eksternal hingga 128 GB.

advertisements

Kamera

Salah satu kebanggan dari LG G Stylo terletak pada sektor kamera. Ya, kamera belakang phablet ini berukuran 13 MP yang mampu mengambil gambar dengan jernih dan jelas. Kamera tersebut juga sudah dilengkapi LED Flash untuk mengambil foto di tempat gelap.

Beberapa fitur pendukung yang ada di LG G4 juga disematkan pada kamera tersebut, seperti laser autofocus, gesture shot, geo-tagging, digital zoom, touch focus, face detection, panorama, touch & shot dan HDR.

Resolusi video untuk ponsel pintar ini mencapai 1080p. Kamera depan LG G4 Stylus berukuran 5 MP. Ukuran kamera depan smartphone ini cukup tinggi untuk mengambil potret diri atau melakukan panggilan tatap muka dengan kerabat.

Konektivitas

LG G4 Stylus H635 yang dipasarkan di Indonesia sudah kompatibel dengan jaringan 4G LTE. Anda bisa merasakan kecepatan download hingga 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps bila menggunakan jaringan tersebut.

Sayangnya, smartphone ini merupakan jenis single SIM sehingga Anda hanya bisa menggunakan satu operator saja. Apabila di wilayah Anda masih belum mendukung jaringan 4G LTE, Anda tetap bisa menggunakan smartphone ini di jaringan 2G dan 3G.

Kabar gembira lainnya adalah LG G4 Stylus sudah didukung oleh NFC yang mempermudah proses pengiriman data. Untuk keperluan mengirim data antar perangkat, Anda juga bisa menggunakan bluetooth v4.1 atau microUSB v2.0 yang terdapat pada phablet ini.

Baterai

Untuk ukuran sebuah smartphone besar dengan prosesor yang mumpuni, baterai LG G4 Stylus termasuk kecil. Smartphone ini hanya menggunakan baterai berkapasitas 3000 mAh. Dengan baterai tersebut, G4 Stylus mampu standby selama 432 jam dan jika aktif digunakan maka smartphone ini bisa menyala sampai 18 jam. Akan tetapi, sangat disayangkan karena smartphone ini belum memiliki fitur fast charging.

Fitur

Fitur yang paling menonjol dari LG G Stylo tentu adalah stylus pen super responsif yang tidak dimiliki kebanyakan smartphone layar sentuh lainnya. Disamping itu, smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop v5.0 yang sudah dilengkapi interface Optimus UI.

Disaat semua ponsel berharga seratus ribuan sudah dibekali dengan radio FM atau televisi, LG G4 Stylus tidak dibekali dengan Radio FM. Namun, ponsel pintar ini memiliki fitur GPS yang cukup lengkap.

Harga

Harga yang dibandrol sedikit pricey, yakni Rp 2.999.000, mengingat ada banyak smartphone berprosesor Snapdragon 410 lainnya dipasarkan dengan harga jauh lebih murah. Namun, harga tersebut mungkin sebanding dengan stylus pen dan kualitas kamera yang tersemat pada LG G4 Stylus ini.

Kelebihan LG G4 Stylus:
– Kamera dilengkapi dengan laser autofocus
– Kamera depan cocok untuk selfie

Kekurangan LG G4 Stylus:
– Prosesor kelas bawah
– Memori internal kecil
– RAM hanya 1GB
– Kapasitas baterai kecil
– Harga terlalu mahal

Artikel Menarik Lainnya: