advertisements

Bosan dengan smartphone Android atau iOS? Mungkin sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk beralih ke Windows Phone. Jika pada awal kemunculannya ponsel yang menggunakan sistem operasi dari Microsoft ini dianggap anak bawang, kini smartphone Windows Phone hadir dengan sistem operasi yang lebih canggih dan tidak kalah dengan Android maupun iOS.

Handset Windows Phone adalah pilihan yang tepat jika Anda ingin beralih dari perangkat BlackBerry. Selain itu, Windows Phone juga sangat cocok untuk Anda yang bosan dengan handset Android, tetapi belum memiliki cukup uang untuk memiliki iPhone yang menggunakan iOS.

advertisements

Nah, apa sajakah kelebihan Windows Phone yang mungkin tidak bisa Anda temukan di Android, iOS, dan BlackBerry? Kali ini Carisinyal sudah merangkum daftar keunggulan Windows Phone dibanding sistem operasi lainnya berikut ini.

Virtual Assistant Cortana

Bila Android memiliki Google Now dan iOS memiliki Siri, Windows Phone miliki Cortana yang diklaim lebih unggul dari virtual assistant yang dimiliki oleh kedua sistem operasi tersebut. Nama Cortana ini berasal dari karakter virtual assistant pada game besutan Microsoft, Halo.

kelebihan windows phone cortana

Cortana pada Windows Phone ini bisa melakukan hal yang sangat luar biasa, seperti charging baterai ponsel atau memesan Domino Pizza. Wah, hebat sekali, bukan? Dengan Cortana, Anda akan merasa seperti memiliki “teman” yang nyata. Pasalnya, Cortana akan membacakan berita, bernyanyi, hingga memprediksi hasil pertandingan olahraga.

Jadi, asisten virtual milik Windows Phone ini memang jauh lebih unggul dibanding Google Now dan Siri. Ketika Google Now maupun Siri hanya mampu menjawab perintah suara dengan hasil penelusuran dari mesin pencari, Cortana langsung memberikan jawaban akurat untuk perintah suara Anda.

Lebih Hemat Baterai

baterai windows phone

Di antara iPhone, Android, dan Windows Phone, perangkat yang paling boros dalam penggunaan daya baterai adalah iPhone. Sementara di beberapa perangkat Android terbaru kini sudah disematkan fitur baterry saver untuk menghemat baterai.

Nah, sedangkan Windows Phone memiliki fitur battery saver yang lebih efisien dibanding Android. Fitur penghemat baterai dari Windows Phone ini akan menunjukkan perkiraan daya baterai dan menutup aplikasi dan backgroud yang tidak digunakan secara otomatis untuk menghemat pemakaian baterai.

Interface yang Lebih Dinamis

tampilan windows phone 10

Faktanya, interface yang dimiliki oleh setiap sistem operasi tentu berbeda-beda. Jika dalam kehidupan sehari-hari Anda terbiasa menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, tentu Anda akan lebih mudah ketika harus menggunakan smartphone Windows Phone.

Pasalnya, komputer dan smartphone Anda menggunakan sistem operasi yang sama sehingga proses sinkronisasi juga akan berjalan dengan mudah. Windows Phone juga memiliki Live Tiles, yakni pengaturan interface yang ukurannya bisa disesuaikan dengan kenyamanan penggunanya.

Keamanan yang Menyenangkan

advertisements

Hingga saat ini, sistem keamanan yang dimiliki iPhone dianggap yang paling unggul. Akan tetapi, beberapa ponsel Android high-end juga sudah menggunakan fitur keamanan yang mengandalkan sidik jari. Meskipun Windows Phone belum menggunakan sistem keamanan yang serupa, sistem operasi ini memiliki sistem keamanan yang menyenangkan.

Live Lock Screen adalah sistem keamanan Windows Phone yang bisa dikostumisasi sesuai dengan keinginan penggunanya. Saat layar terkunci, Anda tetap bisa melihat ramalan cuaca, album Facebook, dan Reddit. Meskipun demikian, Microsoft tetap memperkuat sistem keamanan smartphone-nya agar terhindar dari malware atau segala jenis pencurian data.

Fitur Hub Sosial

Pernahkah terpikir dalam benak Anda bahwa Anda bisa melakukan panggilan, memeriksa berita terbaru, dan mengirim email dalam satu tampilan layar saja? Fitur Hub Sosial yang menjadi kelebihan Windows Phone ini akan mewujudkan keinginan Anda tersebut.

Perangkat Android dan iOS belum memiliki fitur sejenis ini. Apa saja yang bisa Anda lakukan dengan fitur Hub Sosial ini? Anda bisa berkomunikasi dengan orang terdekat secara cepat sembari melihat informasi yang penting. Di dalam Hub Sosial, Anda akan menjumpai:

  • Contacts yakni daftar kontak telepon yang memudahkan Anda untuk melakukan panggilan, mengirim pesan, chatting, mengirim email, dan melihat pembaruan sosial dari orang-orang terdekat Anda.
  • What’s New merupakan laporan dan pembaruan dari media sosial Anda, seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn. Akan tetapi, Anda bisa menyaring pembaruan yang benar-benar Anda butuhkan. Anda bisa memilih informasi yang memang ingin Anda lihat dari orang-orang tertentu.
  • Rooms and Groups. Masuk ke dalam rooms jika Anda ingin chatting dengan teman, melihat jadwal di kalender, memeriksa catatan, atau sekedar melihat-lihat album foto. Sementara itu, Anda bisa masuk ke groups untuk melihat pembaruan dari orang-orang yang ada di contacts Anda atau mengirim SMS dan email secara cepat.

Built-in Microsoft Office

microsoft office mobile

Tak dapat dipungkiri bahwa Microsoft Office sangat membantu pekerjaan kita sehari-hari. Hampir semua perusahaan menggunakan Microsoft Office. Meskipun Anda bisa mengunduh Office di ponsel Android dan iOS, tetapi bukankah lebih menyenangkan jika ada built-in Microsoft Office di Windows Phone Anda?

Salah satu keunggulan Windows Phone adalah built-in Microsoft Office yang siap dipakai untuk menunjang pekerjaan Anda. Dengan Microsoft Office Mobile ini Anda tidak perlu banyak beradaptasi lagi karena pastinya ada sudah terbiasa menggunakannya sehari-hari.

Aplikasi Menarik Dari Lumia

Lumia adalah Windows Phone besutan dari Nokia. Vendor asal Finlandia ini sengaja menyematkan beberapa aplikasi menarik di smartphone-nya yang tidak mungkin Anda temukan di perangkat Android dan iOS. Ada berbagai aplikasi yang hanya bisa diunduh dari Windows Phone Lumia. Beberapa di antaranya adalah game-game keren dar Xbox, Lumia Selfie, dan Lumia Panorama.

Itu tadi adalah beberapa kelebihan Windows Phone dibanding perangkat yang menggunakan sistem operasi lainnya. Saat ini, perangkat dengan sistem operasi Windows Phone 10 sudah beredar di Indonesia. Nah, tentunya Windows Phone 10 ini hadir dengan fitur dan kinerja yang lebih optimal dibanding versi pendahulunya, Windows Phone 8.1.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba perangkat dengan sistem operasi buatan Microsoft ini? Jika tertarik, silahkan simak ulasan kami mengenai Smartphone Windows Phone terbaik tahun 2015 di sini.

Artikel Menarik Lainnya: