advertisements

Bermain game merupakan salah satu aktivitas yang banyak digemari oleh pengguna laptop. Dengan bermain game kita bisa melepas sedikit kepenatan sekaligus mengisi waktu luang sebelum melanjutkan aktivitas yang lainnya.

Sayangnya, tidak semua game bisa dimainkan dalam sebuah laptop. Laptop dengan spesifikasi yang tidak mumpuni tentu tidak bisa menangani game berkualitas tinggi, seperti game online pada umumnya. Untuk dapat bermain game di laptop, Anda harus memperhatikan spesifikasi laptop tersebut terlebih dahulu.

advertisements

Nah bagi Anda yang ingin membeli laptop untuk keperluan gaming, kali ini Carisinyal akan memberi ulasan mengenai beberapa laptop gaming terbaik yang bisa Anda jadikan pilihan di penghujung tahun 2015 ini. Penasaran? Simak ulasan berikut ini.

Laptop Terbaik Secara Umum

Nama Alienware tentu tak asing bagi para gamer. Produk besutan Dell ini selalu sukses memproduksi laptop gaming berkualitas tinggi. Kali ini kita akan berjumpa dengan si seksi, Alienware 17.

Laptop berlayar 17 inch ini memiliki desain berwarna perak yang sangat garang. Selain memiliki desain ala ‘gamer’, laptop ini juga menawarkan layar dengan pencahayaan yang cerah dan terintegrasi Nvidia GeForce GTX 980M yang membuat tampilan layar semakin hidup.

laptop gaming terbaik Alienware 17

Alienware 17 memiliki keyboard yang cukup rapat, sehingga memudahkan penggunanya untuk menjangkau seluruh keyboard saat bermain game. Keyboard ini didampingi dengan toucpadr responsif yang memiliki backlight yang dapat menyala saat dalam keadaan gelap.

Dapur pacu Alienware 17 diisi dengan prosesor 2.5 GHz Intel Core i7-4710HQ dengan RAM 16 GB. Kapasitas RAM yang besar ini juga memudahkan penggunanya saat streaming film di website semacam Netflix. Untuk hard drive, Alienware 17 memberikan SSD berkapasitas 256 MB.

Sayangnya, laptop ini lebih mudah panas dibanding Alienware 18. Built-in speaker dengan suara tajam dan dahsyat juga melengkapi Alienware 17. Dengan daya baterai yang digunakan, Alienware 17 mampu menyala selama 6 jam 25 menit.

Laptop Gaming 14 inch Terbaik

Razer Blade (2015)

Desain yang tipis tentu sangat jarang Anda temukan dalam sebuah laptop gaming. Razer Blade (2015) menawarkan desain yang slim dengan performa tangguh. Layar 14 inch laptop ini dilengkapi dengan resolusi 3200 x 1800.

Untuk grafis, Razer mempercayakan pada Nvidia GeForce GTX 970M dengan memori video 3 GB yang sudah lebih dari cukup untuk memainkan game kelas atas. Blade juga dibekali dengan layar sentuh yang sangat responsif terhadap sentuhan 10 jari sekaligus.

Membahas dapur pacu, Blade mengusung prosesor 2.6 GHz Intel Core i7-4720 HQ yang diimbangi dengan RAM 16 GB dan SSD 256 GB. Dengan prosesor ini, Blade dapat melakukan streaming film tanpa lag dan membuka 10 tab di Chrome dan Firefox tanpa ‘lemot’.

advertisements

Untuk audio, Blade mengusung software Dolby Digital Plus yang lumayan, tetapi kurang sempurna untuk ukuran laptop segahar ini. Keyboard Blade dihiasi dengan backlight berwarna hijau yang sangat menakjubkan. Hanya saja, tombol pada touchpad laptop ini kurang menonjol.

Razer juga menyertai software Sinaps 2.0 yang berfungsi untuk mengatur kecerahan backlight keyboard, merekam macro dan membuat profil atau custom dari game atau aplikasi tertentu. Untuk daya tahan baterai, laptop ini dapat menyala selama 5 jam 52 menit dalam keadaan digunakan untuk browsing dengan Wi-Fi.

Laptop Gaming 15 inch Terbaik

Kategori laptop gaming terbaik dengan layar 15 inch diisi dengan Gigabyte P25X v2. Warna kuning dan hitam yang mengingatkan kita pada robot Bumblebee di film Transformers, membalut eksterior laptop ini.

Layar 15 inch P25X v2 memiliki resolusi 1920 x 1080 yang cukup tajam. Dengan grafis dari Nvidia GeForce GTX 880M, laptop ini memiliki tampilan grafis yang optimal untuk bermain game. Keyboard dengan backlight putih dan toucpad yang halus nan responsif juga melekat pada laptop gaming ini.

Gigabyte P25X v2

Berbekal prosesor 2.8 GHz Intel Core i7-4180MQ disertai dengan RAM berkapasitas 16 GB, laptop ini dapat digunakan untuk keperluan multitasking. Mulai dari main game, membuka lusinan tab di Chrome, bahkan streaming film di website bisa dilakukan oleh laptop yang tangguh ini.

Sayangnya, laptop ini lebih mudah panas sehingga Anda mungkin harus menggunakan cooling pad jika ingin memakainya seharian. Selain itu, suara bising dari kipas notebook ini juga menjadi kekurangan dari Gigabyte P25X v2.

Mengusung baterai 8-cell 3000 mAh, P25X v2 mampu bertahan selama 7 jam 22 menit dalam keadaan browsing dengan Wi-Fi dan kecerahan layar mencapai 100 nits. Daya tahan baterai ini jelas lebih tangguh dibanding laptop-laptop gaming yang sudah kita bahas sebelumnya.

Laptop Gaming Paling Elegan

MSI GT80 Titan SLI

Siapa bilang laptop gaming tidak bisa memiliki tampilan yang luxury? MSI GT80 Titan SLI adalah laptop dengan desain yang menawan dan luar biasa. Titan adalah laptop gaming pertama yang memiliki keyboard mekanik.

Selain itu, keyboard yang menyerupai keyboard pada PC ini juga dihiasi dengan backlight berwarna orange. Touchpadnya digabung dengan Num Pad. Tekan saja tombol ‘Num’ pada sudut kiri atas touchpad, maka toucpad Anda akan menjadi papan angka digital.

Setelah asyik menjelajah keyboard dan touchpad Titan yang fenomenal, kini kita akan berkenalan pada layar 18.7 inch laptop ini. Layarnya mengusung resolusi 1920 x 1080. Tampilan layarnya sangat jelas dengan sudut pandang yang sangat luas.

Untuk grafis, Titan terintegrasi dengan Nvidia GeForce GTX 980M dalam konfigurasi SLI dan dilengkapi dengan memori video 16 GB. Grafis ini mampu menangani tampilan game pada pengaturan Ultra sekalipun.

Dijuluki laptop game terbaik, karena GT80 Titan juga dilengkapi dengan prosesor 2.6 GHz Intel Core i7-4720HQ dengan RAM 16 GB dan SSD 128 GB mSATA. Sayangnya, daya tahan baterai laptop ini terbilang lemah karena hanya mampu bertahan selama 2 jam 21 menit dalam keadaan digunakan untuk browsing dengan Wi-Fi dan kecerahan layar 100 nits.

Nah itulah 4 laptop gaming terbaik yang bisa Anda miliki di tahun 2015 ini. Bagi Anda pecinta game, tentu memiliki laptop gaming menjadi sebuah keharusan agar Anda bisa memainkan game favorit kapan dan di manapun Anda berada.

Artikel Menarik Lainnya: