advertisements

Nikon sangat serius dalam memproduksi beberapa jenis lensa kamera yang sangat berkualitas untuk menunjang segala macam aktivitas fotografi Anda. Membeli lensa tambahan tentunya akan membuat kualitas kamera yang Anda miliki jadi semakin baik. Lantas, apa saja lensa Nikon terbaik yang bisa Anda jadikan referensi?

Sebelum Anda membeli lensa untuk kamera, sebaiknya siapkan budget Anda terlebih dahulu. Nah, apabila budget sudah siap, maka Anda bisa meninjau daftar lensa Nikon terbaik dari Carisinyal berikut ini. Apa sajakah itu?

Nikon AF-S NIKKOR 30 mm f/4E PF ED VR

advertisements

Di posisi pertama ada Nikon AF-S NIKOOR 30 mm f/4E PF ED VR yang mengusung aperture maksimal f/4. Di samping itu, lensa ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan, seperti Vibration Reduction dan Nano Crystal. Lensa ini juga menawarkan diafragma elektronik dan elemen optik Phase-Fresnel.

Berdasarkan tinjauan dari Carisinyal, lensa Nikon ini memiliki ketajaman yang sangat baik, fokus yang cepat, dan kualitas gambar yang sangat baik. Sistem VR pada lensa ini juga cukup efektif. Bahkan, di lensa ini kami hampir tidak menemukan distorsi sama sekali.

Nikon AF-S NIKKOR 400 mm f/2.8E FL ED VR

Nikon AF-S NIKKOR 400 mm f2.8E FL ED VR lensa nikon terbaik

Cari lensa untuk bokeh? Nikon AF-S NIKKOR 400 mm f/2.8E FL ED VR ini adalah pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Dengan aperture f/2.8, lensa ini mampu menghasilkan foto yang sangat sempurna. Secara keseluruhan, Carisinyal tidak menemukan kekurangan apapun dari lensa ini. Hanya saja, Nikon AF-S NIKKOR 400 mm ini dibandrol dengan harga yang sangat mahal.

Namun, lensa yang memiliki kualitas optik yang luar biasa ini tentunya tidak akan mengecewakan Anda. Untuk ukuran lensa 400 mm, lensa dari Nikon ini terbilang ringan dan mudah dibawa ke mana saja. Nikon juga memberikan lapisan Fluorine pada lensa untuk membersihkan kotoran atau embun.

Nikon AF-S NIKKOR 35 mm f/1.8G

Nikon AF-S NIKKOR 35 mm f1.8G

Ini adalah lensa wide-angle dengan aperture f/1.8. Lensa ini tergolong ringan karena bobotnya hanya 305 gram saja. Pada aperture f/1.8, ketajaman di tengah frame sudah mendekati tingkat yang dianggap baik.

Di samping itu, Nikon juga membekali lensa ini dengan lapisan teknologi Nano Crystal yang tahan terhadap kontras dan flare sehingga melindungi kualitas gambar dari cahaya yang mungkin tidak Anda inginkan. Nikon AF-S NIKKOR 35 mm ini sangat cocok untuk landscape maupun bokeh. Harga dari lensa ini juga cukup worth dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan.

Nikon AF-S 105 mm f/2.8G ED VR Micro

Nikon AF-S 105 mm f2.8G ED VR Micro

Kali ini, ada lensa Nikon terbaik dengan jenis micro yang menawarkan aperture f/2.8. Ini adalah kamera micro pertama yang ditawarkan dengan Nikon yang sudah dilengkapi fitur Vibrate Reduction. Fokus manual yang ditawarkan oleh lensa ini mampu menentukan fokus jarak dengan jarak terdekat hingga 31 cm.

Ketajaman dari lensa ini sangat baik karena dilengkapi dengan aperture f/2.8. Lensa Nikon ini juga bisa mengendalikan distorsi dengan sangat baik. Keunggulan lain yang coba ditawarkan oleh lensa ini adalah harganya yang tidak terlalu mahal dan sebanding dengan kualitasnya.

Nikon 1 NIKKOR 32 mm f/1.2

advertisements

Lensa berukuran kecil dari Nikon ini sangat cocok untuk potrait. Nikon 1 NIKKOR 32 mm f/1.2 adalah pilihan yang tepat untuk para fotografer penggemar potrait. Nikon memberikan aperture f/1.2 yang cukup maksimal untuk lensa ini.

Selain itu, lensa ini juga dilapisi dengan Nano-Crystal untuk menekan flare. Autofocus lensa berbobot ringan ini telah didukung dengan motor fokus Silent Wave sehingga dapat menghasilkan fokus yang akurat dan tenang. Overall, tak heran jika lensa ini diklaim sebagai lensa yang memiliki ketajaman yang sangat baik. Lensa ini pun rendah falloff dan distorsi.

Nikon NIKKOR 80-400 mm f/4.5-5.6G ED VR

Mahal, itulah satu kata yang dapat menggambarkan Nikon NIKKOR 80-400 mm f/4.5-5.6G ED VR. Lantas, apa yang membuat lensa ini dibandrol dengan harga yang sangat mahal? Pertama, barrel lensa ini terbuat dari kombinasi plastik dan logam berkualitas tinggi. Tak lupa Nikon juga menyematkan beberapa fitur tambahan, berupa Silent Wave Autofocus Motor, lapisan Nano-Crystal untuk meredam flare, dan teknologi Vibration Reduction untuk meminimalisir guncangan.

Pada zoom 80 mm dengan aperture maksimal, ketajaman dari lensa ini sudah sangat luar biasa baik. Untuk kualitas terbaik yang ditawarkan, Nikon NIKKOR 80-400 mm ini dijual dengan harga £ 2.200 atau sekitar 42 juta rupiah.

Nikon AF-S 18-35 mm f/3.5-4.5G ED Lens

Nikon AF-S 18-35 mm f3.5-4.5G ED Lens

Lensa zoom ultra-wide yang berikutnya ini sangat cocok untuk kamera format FX DSLR. Material yang digunakan untuk membuat Nikon AF-S 18-35 mm f/3.5-4.5G ED Lens ini adalah plastik berkualitas tinggi dan gasket karet yang mengelilingi logam mount lensa.

Autofocus yang ditawarkan juga lebih cepat berkat adanya Silent Wave Motor. Saat proses zooming, hanya elemen depan yang berada di dalam lensa yang bergerak, sehingga panjang keseluruhan lensa tidak akan berubah. Lensa ini menawarkan ketajaman yang luar biasa di sepanjang zoom. Untuk memiliki salah satu lensa Nikon terbaik ini, Anda harus menyiapkan dana £ 600 atau sekitar 11,5 juta rupiah.

Nikon AF-S NIKKOR 300 mm f/2.8G ED VRII

Nikon AF-S NIKKOR 300 mm f2.8G ED VRII

Sedikit berat dan mahal, tetapi Nikon AF-S NIKKOR 300 mm f/2.8G ED VRII ini menawarkan keunggulan lain yang pasti tidak akan mengecewakan Anda. Nikon merancang lensa ini untuk profesional yang gemar melakukan aktivitas fotografi sehari-hari. Bahkan, lensa kamera ini telah dibekali dengan fitur Nikon Vibration Reduction II.

Tak tanggung-tanggung, terdapat lapisan Nano-Crystal pada lensa ini untuk meredam flare atau ghosting. Selama proses pengujian, lensa ini menghasilkan ketajaman yang konsisten di seluruh frame. Kualitas optik yang luar biasa dan fokus yang super cepat hanya bisa Anda peroleh dari lensa ini.

Nikon AF-S NIKKOR 70-200 mm f/4G ED VR

Nikon AF-S NIKKOR 70-200 mm f4G ED VR

Yang satu ini adalah lensa tele paling best seller dari Nikon. Ya, Nikon AF-S NIKKOR 70-200 mm f/4G ED VR menyajikan aperture maksimal f/4 dan tambahan teknologi Vibratre Reduction serta lapisan Nano-Crystal. Lensa dengan berat yang sangat ringan ini mampu melakukan fokus jarak terdekat pada 100 cm. Lensa ini juga relatif ringan dan praktis dibandingkan dengan jenis lensa dengan aperture f/2.8.

Nikon AF-S 24-85 mm f/3.5-4.5G ED VR

Tak dapat dipungkiri bahwa Nikon AF-S 24-85 mm f/3.5-4.5G ED VR ini sangat cocok untuk kamera dengan format FX DSLR. Nikon mengusung sistem VR generasi kedua dan silent focusing pada lensa ini. Bobot dari lensa Nikon ini sangat ringan dan desainnya pun compact.

Silent wave motor yang menyertai lensa ini dapat melakukan zoom secara halus. Walaupun masih terdapat distorsi pada kedua ujung rentang zoom, tetapi lensa ini masih dapat menghasilkan fokus yang cukup tajam.

Sudah menentukan lensa Nikon terbaik yang ideal untuk kamera Anda? Karena harga lensa tidaklah murah, maka Anda harus selektif dalam memilih lensa sebelum membelinya. Jika belum ada yang menarik perhatian Anda, silahkan simak juga rekomendasi lensa Canon terbaik di sini.

Artikel Menarik Lainnya: