advertisements
advertisements

Xiaomi Mi4i merupakan smartphone terbaru yang dirilis oleh Xioami. Smartphone ini mengusung “DNA” yang sama seperti seri flagship pendahulunya yakni Xiaomi Mi4. Namun alih-alih memberikan upgrade, smartphone ini justru hadir dengan spesifikasi yang lebih rendah dari Mi4.

Hal tersebut tidaklah menjadi masalah karena Mi4i memang ditujukan untuk menjadi flagship di antara smartphone kelas menengah. Harga yang ditawarkannya juga sangat terjangkau yakni sekitar Rp 2,8 jutaan untuk pasar Indonesia.

advertisements
advertisements

Bagi Anda yang sudah membelinya, pasti Anda akan menemukan beberapa masalah kecil di dalamnya. Maka dari itu kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengatasi masalah pada Xiaomi Mi4i tersebut. Namun sebelumnya, mari kita simak spesifikasi singkat dari smartphone ini:

  • Layar: IPS LCD 5 inch, 1080 x 1920 pixels (441 ppi)
  • Memori internal: 16 GB, 2 GB RAM
  • Memori eksternal: Tidak ada
  • Chipset: Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 “64-bit”
  • CPU: Octa Core 1.7 GHz, Cortex-A53 + Cortex-A53
  • GPU: Adreno 405
  • Sistem Operasi: Android OS v5.0.2 (Lollipop)
  • Kamera utama: 13 MP, 4128 x 3096 pixels
  • Fitur kamera: dual-LED flash (dual-tone), Sony / Samsung camera, Aperture F/2.0, 5-element lens, magic focus, auto focus, touch focus, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, panorama, real time HDR
  • Kamera depan: 5 MP, video record [email protected]
  • Baterai: Li-Polimer 3120 mAh

Test Hardware

Hal pertama yang harus Anda lakukan setelah membeli Xiaomi Mi4i adalah melakukan pengetesan terhadap perangkat kerasnya. Test hardware ini berguna untuk mengetahui apakah ada komponen yang rusak atau tidak. Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetesnya, yaitu:

  • Buka menu Setting > About Phone, lalu ketuk informasi “Kernel Version” 6 kali hingga muncul sebuah menu baru. Pada menu tersebut silahkan calibrate semua komponen hardware.
  • Cara yang kedua adalah dengan menekan *#*#64663#*#*, lalu lakukan kalibrasi seperti di cara pertama.

Menggunakan Custom Ringtone

masalah pada xiaomi mi4i

Selain menggunakan ringtone bawaan dari hape, kita juga dapat menggunakan ringtone sendiri untuk notifikasi dan yang lainnya. Caranya:

  1. Buka aplikasi music
  2. Masuk ke setting dengan cara menekan dan menahan tombol menu di pojok kiri bawah
  3. Nonaktifkan filter audio by size dan by length
  4. Ceklis folder tempat Anda menaruh ringtone
  5. Keluar dari aplikasi music
  6. Buka menu Setting > Sound > Phone Ringtone
  7. Pilih opsi browse yang ada di bawah lalu pilih music
  8. Silahkan pilih file yang akan dijadikan ringtone

Charging Stuck di 40%

Masalah pada Xiaomi Mi4i yang banyak dialami oleh penggunanya adalah baterai yang tidak mau nge-charge lebih dari 35% hingga 40%. Nah untuk mengatasinya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Gunakan handphone hingga kapasitas baterainya turun menjadi 15 – 25%
  2. Matikan handphone
  3. Hubungkan dengan charger dan biarkan selama 4 hingga 6 jam
  4. Lepaskan charger lalu nyalakan kembali handphone-nya
  5. Sekarang silahkan charge kembali hingga mencapai 100%

Mematikan Auto Prediction

Auto prediction merupakan salah satu fitur yang sangat membantu ketika kita sedang mengetik. Namun jika belum terbiasa, maka fitur tersebut terkadang malah mengganggu. Nah, untuk mematikannya silahkan lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Settings > Additional language
  2. Pilih opsi Google keyboard > Text correction
  3. Silahkan matikan auto correction serta fitur lainnya yang tidak dibutuhkan

Muncul Peringatan “Don’t Cover the orange area of the screen”

Masalah selanjutnya adalah timbulnya pesan peringatan yang berbunyi “Don’t Cover the orange area of the screen”. Pesan tersebut biasanya akan muncul kita mengaktifkan fitur Prevent Pocket Dial. Untuk menghilangkannya, silahkan ikuti langkah-langkah ini:

  • Buka menu Settings > Lock Screen, lalu matikan fitur Prevent Pocket Dial
  • Cara yang kedua adalah dengan membuka menu Settings > Call Settings, lalu matikan Prevent Pocket Dial pada bagian Income Call Settings

Mengaktifkan Developer Mode

Jika Anda ingin melakukan berbagai modifikasi pada perangkat Xiaomi Mi4i ini, maka hal pertama yang harus Anda lakukan tentu saja mengaktifkan developer mode. Untuk mengaktifkannya, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  1. Buka menu Settings lalu ketuk MIUI Version sebanyak 7 kali
  2. Buka menu Security > Additional Settings, dan Anda akan menemukan menu developer option di sana

Download Aplikasi di Play Store

problem xiaomi mi4i

Secara default Anda hanya diperbolehkan untuk mengunduh aplikasi besar dari Play Store dengan menggunakan jaringan WiFi saja. Namun jika di sekitar Anda tidak ada jaringan WiFi dan Anda ingin mengunduhnya lewat jaringan seluler, maka Anda dapat mengikuti trik berikut ini:

  1. Buka aplikasi Downloads
  2. Tekan tombol menu di pojok kanan atas lalu pilih opsi Settings
  3. Silahkan ganti Download Size menjadi Unlimited

Mengunci Jaringan

Di wilayah indonesia yang kekuatan sinyalnya masih belum merata, sebenarnya fitur pencarian jaringan otomatis sangatlah bermanfaat. Namun hal tersebut terkadang dapat menguras daya baterai dengan cepat. Nah jika Anda ingin mengunci smartphone ini pada satu jaringan saja, silahkan ikuti cara ini:

  1. Buka menu Call lalu tekan *#*#4636#*#*
  2. Pilih jaringan yang ingin dikunci, apakah itu 2G, 3G, atau 4G LTE

Xiaomi Mi4i Cepat Panas

advertisements

Masalah selanjutnya yang banyak dikeluhkan oleh pengguna Xiaomi Mi4i adalah cepat panasnya perangkat mereka ketika digunakan untuk bermain game atau membuka aplikasi yang cukup berat. Untuk mengatasi masalah ini, silahkan update ROM / Firmware ke versi 6.5.6 ke atas. Xiaomi telah memperbaiki management CPU pada firmware terbaru tersebut.

advertisements

Masalah Lainnya

Selain berbagai masalah di atas, terdapat beberapa masalah lainnya yang tidak bisa diperbaiki sendiri. Berbagai masalah ini biasanya disebabkan oleh kesalahan atau cacat produksi sehingga akan mempengaruhi kinerja dari perangkat keras atau perangkat lunak yang ada di dalamnya. Beberapa maslah tersebut di antaranya adalah:

  • Layar mengangkat
  • Light bleeding
  • Dead pixel pada layar
  • Kamera memiliki banyak noise

Untuk memperbaiki berbagai masalah tersebut, Anda harus membawa perangkat Xiaomi Mi4i ke service center terdekat. Jika kerusakannya tidak bisa diperbaiki, maka biasanya Anda akan mendapatkan unit replacement yang baru.

Nah itulah berbagai tips, trik, dan solusi untuk mengatasi masalah pada Xiaomi Mi4i. Jika Anda memiliki masalah lainnya yang belum tercantum di sini, Anda dapat menanyakannya langsung pada forum diskusinya di link ini.

Artikel Menarik Lainnya: