advertisements
advertisements

Setelah sukses dengan seri Redmi 1s, Xiaomi kembali mencoba peruntungan di pasar Indonesia dengan merilis Redmi 2. Smartphone ini menghadirkan peningkatan pada sektor spesifikasi namun tetap dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Xiaomi Redmi 2 baru saja dirilis di Indonesia pada awal April yang lalu. Smartphone ini dibanderol seharga Rp 1.599.000 atau terpaut sekitar Rp 100.000 fari harga awal Redmi 1s. harga tersebut tentu sangatlah murah jika melihat spesifikasi yang ditawarkannya.

advertisements
advertisements

Bagi Anda yang sudah membelinya pasti akan menemukan beberapa masalah kecil ketika menggunakannya. Hal tersebut sangatlah wajar karena tidak akan pernah ada smartphone yang sempurna. Nah, kali ini Carisinyal akan mengulas beberapa tips dan trik untuk mengatasi berbagai problem pada Redmi 2 tersebut.

Spesifikasi

  • Layar: IPS LCD 4.7 inch, 720 x 1280 pixels (312 ppi)
  • Memori internal: 8/16 GB, 1/2 GB RAM
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 32 GB
  • Chipset: Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 “64-bit”
  • CPU: Quad Core 1.2 GHz, Cortex-A53
  • GPU: Adreno 306
  • Sistem Operasi: Android OS v4.4 (KitKat)
  • Kamera utama: 8 MP, 3264 x 2448 pixels
  • Fitur kamera: LED flash, OmniVision sensor, Aperture F/2.2, 28mm wide-angle, real-time HDR mode, ISO setting, scene detection, exposure compensation, white balance setting, 10 second continuous shooting, real-time filters
  • Kamera depan: 2 MP, video record [email protected]
  • Baterai: Li-Polimer 2200 mAh

Jaringan 4G LTE

Xiaomi Redmi 2 sudah dibekali dengan dukungan untuk jaringan 4G LTE. Jaringan LTE sendiri sekarang sedang dalam proses pengembangan di indonesia dan ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Akan tetapi jaringan LTE tersebut tidak hanya terdiri dari satu frekuensi saja sehingga sedikit menimbulkan kebingungan bagi pengguna Redmi.

Saat ini Redmi 2 yang dijual di Indonesia terdiri dari dua versi yakni 2014817 dan 2014811. Versi 2014817 adalah perangkat dengan garansi resmi dan mendukung jaringan LTE di frekuensi 1800, 2600, dan 900 Mhz. Sedangkan versi 2014811 memiliki garansi distributor dan mendukung jaringan LTE 1800 dan 2100 Mhz

Di Indonesia saat ini operator yang menggunakan frekuensi LTE 900 adalah Telkomsel, sedangkan XL menggunakan jaringan 1800. Namun Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah jaringan tersebut karena semua operator nantinya akan menggunakan jaringan LTE 1800 sehingga kedua versi Redmi 2 di atas dapat mendukungnya.

Notifikasi BBM, LINE, WhatsApp

masalah xiaomi redmi 2

MIUI 6 yang digunakan pada Redmi 2 memiliki sistem manajemen RAM yang cukup ketat sehingga beberapa aplikasi akan langsung dimatikan ketika tidak digunakan. Imbasnya, beberapa aplikasi IM seperti BBM, LINE, WhatsApp, dan lainnya tidak bisa memberikan notifikasi secara langsung.

Namun Anda tidak usah khawatir karena Anda dapat mengatur agar berbagai aplikasi tersebut tidak ditutup ketika anda tidak sedang menggunakannya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Security.
  2. Pilih Permissions.
  3. Pilih Autostart.
  4. Pilih aplikasi-aplikasi yang ingin diberikan ijin untuk berjalan otomatis.

Jika perangkat Redmi 2 Anda sudah diroot, maka terdapat trik lainnya yaitu dengan menjadikan aplikasi tersebut sebagai aplikasi sistem. Trik ini dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi Titanium Backup. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Titanium Backup.
  2. Pindah ke tab Backup/Restore.
  3. Cari aplikasi yang ingin dipindahkan ke sistem
  4. Tekan dan tahan aplikasi tersebut lalu pilih opsi “convert to system”.
  5. Restart perangkat Anda.
  6. Login kembali pada aplikasi tersebut.

Redmi 2 Cepat Panas

mediaserver redmi 2

Keluhan yang biasa terjadi ketika baru menggunakan Redmi 2 adalah perangkat yang cepat panas padahal tidak sedang menjalankan game atau aplikasi. Masalah ini merupakan akibat dari bug yang terjadi pada proses yang melibatkan mediaserver.

advertisements

Mediaserver ini akan terus melakukan pemindaian memori eksternal jika ada file yang dianggap corrupt. Akibatnya CPU akan terus menerus bekerja dan Redmi 2 pun akan menjadi panas. Berikut cara untuk mengetahui apakah perangkat Anda terkena bug mediaserver atau tidak:

advertisements
  1. Buka Settings.
  2. Pilih Additional settings.
  3. Pilih Battery.
  4. Pilih Battery use.
  5. Silahkan lihat apabila mediaserver memakan CPU paling banyak berarti Anda terkena bug mediaserver.

Untuk mengatasi masalah ini Anda hanya tinggal melakukan update ke firmware yang terbaru. Namun jika belum sempat, maka Anda dapat mengikuti langkah-langkah manual di bawah ini:

  1. Lepaskan SD card lalu pindahkan semua filenya ke PC.
  2. Format SD card tersebut.
  3. Masukan beberapa media (musik/video) ke SD card.
  4. Nyalakan smartphone lalu lihat apakah bug mediaserver masih ada.
  5. Ulangi langkah 3 dan 4 hingga bug media server muncul.
  6. Jika sudah muncul, maka silahkan hapus file media terakhir yang Anda masukkan karena itu adalah penyebab timbulnya bug mediaserver.

Memperbaiki Kinerja RAM

Meskipun sudah memiliki manajemen RAM yang cukup baik, namun Anda juga masih bisa membuat RAM menjadi lebih lega dengan trik di bawah ini. RAM yang lega akan menghindarkan terjadinya lag atau hang ketika digunakan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Settings.
  2. Pilih About phone.
  3. Ketuk beberapa kali pada informasi MIUI Version sampai muncul tulisan “Developer Mode Unlocked”.
  4. Kembali ke menu sebelumnya lalu pilih Additional Setting.
  5. Pilih Developer Options.
  6. Pilih System Memory Optimalization.
  7. Pilih High.
  8. Reboot perangkat Anda.

Sekarang perangkat Anda akan terasa lebih ringan ketika digunakan. Untuk tips dan trik lainnya yang berkaitan dengan optimalisasi RAM, silahkan baca tutorialnya di artikel ini.

Kamera Kekuningan

kamera redmi 2

Jika pada Redmi 1s terdapat masalah layar yang kekuningan, maka pada Redmi 2 ini masalah yang terjadi adalah hasil foto yang kekuningan. Foto yang berwarna kekuningan ini terjadi ketika kita mengambil foto dengan menggunakan flash.

Usut punya usut, jepretan kamera tidak singkron dengan lampu flash sehingga timbul masalah tersebut. Untuk mengatasinya Anda dapat mematikan flash atau menggunakan torch jika ingin memotret di tempat yang minim cahaya.

GPS Lock Lambat

Masalah lainnya yang sering terjadi adalah lambatnya proses penguncian lokasi yang dilakukan oleh GPS meskipun Anda berada di tempat terbuka dan cuaca juga sedang cerah. Berikut adalah trik untuk mengatasinya:

  1. Download dan instal aplikasi GPS Fix di Play Store.
  2. Jalankan aplikasi tersebut lalu ikuti instruksinya.
  3. Tunggu selama beberapa saat hingga muncul tulisan “GPS Fixed!”.

Nah itulah beberapa tips dan trik yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi berbagai masalah pada Xiaomi Redmi 2. Untuk masalah lainnya yang berkaitan dengan MIUI seperti tidak bisa mengunduh via Play Store, Anda dapat memperbaikinya dengan tutorial di artikel sebelumnya. Sedangkan untuk masalah lainnya yang belum tercantum di sini dapat Anda tanyakan langsung di forum diskusinya.

Artikel Menarik Lainnya: