advertisements

Meizu menggebrak pasar smartphone high-end berkualitas dengan menghadirkan Meizu Pro 5. Vendor asal Tiongkok ini merilis sebuah smartphone dengan kekuatan setara dengan Samsung Galaxy S6, namun harganya tentu lebih murah.

Meizu Pro 5 sendiri merupakan versi yang tinggi dari perangkat flagship Meizu sebelumnya yakni MX 5. Smartphone ini tampaknya akan bersaing ketat dengan flagship buatan produsen Tiongkok lainnya yang akan segera dirilis yakni Xiomi Mi5.

advertisements

Ingin tahu spesifikasi lengkap dari ponsel pintar yang kabarnya akan segera hadir di indonesia dalam waktu dekat ini? Mari simak review spesifikasi, kelebihan, dan kekurangan Meizu pro 5 berikut ini.

Spesifikasi

  • Layar: AMOLED 5.7 inch, 1080 x 1920 pixels (386 ppi)
  • Memori internal: 32/64 GB, 3/4 GB RAM (@ 1552 MHz)
  • Memori eksternal: MicroSD, hingga 128 GB
  • Chipset: Samsung Exynos 7 Octa 7420 “64-bit”
  • CPU: Octa Core 2.1 GHz, Cortex-A57 + Cortex-A53
  • GPU: Mali-T760 MP8 @ 772 MHz
  • Sistem Operasi: Android OS v5.1 (Lollipop)
  • Kamera utama: 21 MP, 5248 x 3936 pixels
  • Fitur kamera: dual-LED flash (dual-tone), Sony IMX 230, Aperture F/2.2, Laser-aided focusing, PDAF phase focusing, Panoramic lens, geo-tagging, LARGAN 6P-lens with blue glass optic filter, touch focus, face detection, 4x digital zoom, panorama, HDR Gesture Shot, time-lapse mode, live photo mode, multi angle mode
  • Kamera depan: 5 MP, Aperture F/2.0, Face AE face light boost, FotoNation 2.0 smart selfie enhancement
  • Baterai: Li-ion 3050 mAh

Desain

Desain dari phablet yang satu ini cukup sederhana. Jadi, Anda jangan berharap akan memiliki sebuah smartphone dengan desain yang elegan ketika memilih Meizu Pro 5. Material yang digunakan untuk membingkai smartphone ini adalah metal.

kelebihan dan kekurangan meizu pro 5

Meizu Pro 5 memiliki panjang 156.7 mm, lebar 78 mm, dan tebal 7.5 mm. Ponsel tersebut tidak terlalu berat karena hanya memiliki bobot 168 gram. Meizu Pro 5 memiliki 4 varian warna, yaitu Gold, Gray, Silver White, dan Silver Black.

Layar

Hal yang menarik dari Meizu Pro 5 terletak pada layar seluas 5.7 inch yang mengusung tipe AMOLED dengan 16 juta warna. Umumnya, smartphone yang berasal dari vendor Tiongkok lebih sering menggunakan layar bertipe IPS.

Layar Pro 5 sudah dilapisi dengan kaca 2,5D yang membuat tampilan smartphone ini sedikit elegan dengan efek lengkungan di bagian sampingnya. Resolusi layar Pro 5 cukup tinggi, yakni 1080 x 1920 piksel dengan kerapatan layar 386 ppi.

review meizu pro 5

Hebatnya lagi, smartphone ini menggunakan tampilan antarmuka Flyme OS 5.0 yang membuat layar semakin tajam dan memukau. Finger Print Sensor mTouch 2.1 juga sudah disematkan pada Meizu Pro 5 untuk keamanan yang lebih baik.

Untuk proteksi pada layar, Meizu menggunakan Corning Gorilla Glass 3 pada Pro 5. Screen guard bawaan tersebut akan melindungi layar dari berbagai goresan dan gesekan yang dapat merusak sensitivitas layar.

Prosesor

Performa Meizu Pro 5 digadang-gadang setara dengan Samsung Galaxy S6. Pasalnya, smartphone ini ditenagai oleh chipset Exynos 7420, yang juga digunakan pada Samsung Galaxy S6. Selain itu, Pro 5 juga menggunakan gabungan dari kedua CPU Quad Core 2.1 GHz Cortex-A57 dan Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53. Dari segi dapur pacu, kinerja Meizu Pro 5 tidak perlu diragukan lagi.

Untuk memberikan tampilan grafis yang baik, Meizu mempercayakan kartu pengolah grafis pada Mali-T760 MP8. Dengan keseluruhan prosesor yang dimiiki Pro 5 ini, Anda bisa memainkan game berkualitas HD dengan tampilan grafis yang menakjubkan dan tidak lag.

Memori

advertisements

Meizu menyediakan dua varian kapasitas memori internal dan RAM untuk smartphone ini. Anda bisa memilih Pro 5 dengan memori internal 32 GB dan RAM 3 GB atau varian lain dengan memori internal 64 GB dan RAM 4 GB.

Harga Pro 5 dengan ukuran memoriĀ  internal dan RAM yang lebih besar tentu sedikit lebih mahal. Meskipun Anda memilih Pro 5 32 GB dengan RAM 3 GB, Anda sudah bisa mengunduh dan menjalankan berbagai aplikasi berat tanpa error atau lag.

Ketika Anda ingin menyimpan data, seperti musik atau foto, Anda tentu membutuhkan slot penyimpanan tambahan. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan slot microSD pada Pro 5 untuk mengupgrade kapasitas penyimpanan phablet ini. Memori eksternal Meizu Pro 5 mampu diupgrade hingga 128 GB.

Kamera

Mungkin Anda mengira bahwa kamera Lenovo Vibe Shot adalah yang terbaik, tetapi tunggu dulu sampai Anda melihat kualitas kamera dari Meizu Pro 5 ini. Pasalnya, ponsel pintar ini memiliki kamera yang sangat berkualitas tinggi.

Meizu Pro 5 dibekali dengan kamera belakang 21 MP dengan dual LED Flash. Kamera ini juga dilengkapi berbagai fitur yang sangat menarik, seperti sensor Sony IMX 230, Aperture F/2.2, Laser-aided Focusing, PDAF Phase Focusing, LARGAN 6P-Lens with blue glass optic fiber, time lapse mode, live photo mode, multi angle mode, dan berbagai fitur standar lainnya.

Canggihnya lagi, phablet ini bisa merekam video dengan resolusi 2160p pada 30fps dan 1080p pada 60fps. Kamera depan Pro 5 berukuran 5 MP. Kamera depannya memiliki fitur mumpuni, seperti Face AE Face Light Boost dan FotoNation 2.0 smart selfie enhancement.

Konektivitas

Sama seperti Samsung Galaxy S6, Meizu Pro 5 juga sudah bisa terkoneksi pada jaringan 4G LTE. Nikmati pengalaman download dengan kecepatan hingga 150 Mbps dan upload hingga 50 Mbps menggunakan Meizu Pro 5 yang tersambung pada jaringan 4G LTE. Selain jaringan 4G LTE, Pro 5 juga tetap kompatibel dengan jaringan 2G dan 3G.

Smartphone Dual SIM (GSM-GSM) ini memiliki dua slot Nano SIM yang salah satu slotnya harus berbagi dengan microSD. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk memasang microSD, maka Anda hanya bisa menggunakan satu nomor yang aktif saja. Konektivitas lain yang dimiliki Pro 5 adalah Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth v4.1, dan juga USB Type-C reversible connector.

Baterai

Di sektor baterai, Meizu menggunakan baterai Li-Ion 3050 mAh. Baterai ini terbilang standar dan lumayan awet. Anda bisa menggunakan smartphone ini untuk mendengarkan musik selama 48 jam dengan kapasitas baterai yang tersedia.

Fitur

Amat disayangkan bahwa Pro 5 tidak dilengkapi dengan Radio FM. Jadi, Anda harus mengunduh aplikasi untuk mendengarkan radio di Play Store. Selain itu, smartphone yang menggunakan OS Android Lollipop v5.1 ini juga didukung dengan fitur VoLTE.

Beberapa fitur lain seperti Quick Charge 2.0 yang mampu mengisi daya baterai hingga 65% selama 30 menit dan GPS yang lengkap juga melengkapi ponsel pintar ini. Dengan fitur quick charge tersebut Anda bisa mendapatkan daya baterai yang maksimal dalam waktu yang singkat saja.

Harga

Satu hal yang pasti, Meizu Pro 5 dibandrol dengan harga yang lebih murah dari S6. Saat ini S6 berada di kisaran harga 8 jutaan rupiah. Sedangkan Pro 5 kemungkinan dijual dengan harga 6,5 juta rupiah untuk versi 32 GB dan 7,2 juta rupiah untuk versi 64 GB. Nah, apakah Anda tertarik untuk memiliki ponsel pintar serba bisa ini?

Kelebihan Meizu Pro 5:
– Sensor sidik jari
– Prosesor setara Samsung Galaxy S6
– Kualitas kamera kelas atas

Kekurangan Meizu Pro 5:
– Kapasitas baterai kurang besar

Artikel Menarik Lainnya: