advertisements

Beberapa tahun belakangan ini, banyak sekali kritik yang ditujukan kepada Facebook. Jejaring sosial terbesar itu selalu mendapatkan kritik untuk berbagai hal, seperti privasi, konten, dan lainnya. Tapi walaupun begitu, Facebook tetap mampu bertahan karena terus menciptakan berbagai inovasi baru. Berbagai inovasi terbaru itu juga secara tidak langsung semakin menambah kreativitas dari para pengguna Facebook tersebut. Salah satu yang dapat menambah kreativitas tersebut adalah Timeline baru yang dibuat oleh Facebook di mana Anda dapat membuat cover Facebook.

membuat cover facebook

Pada Timeline tersebut, para pengguna Facebook dapat mengkreasikan berbagai macam kreatifitas mereka terutama pada bagian cover foto. Semenjak diluncurkannya, para pengguna Facebook berlomba-lomba untuk membuat desain cover foto semenarik mungkin. Bagi seseorang yang sudah terbiasa melakukan editing foto mungkin hal tersebut sangatlah mudah. Namun bagaimana jika Anda bukanlah seorang ahli dalam mendesain foto? CoverCanvas adalah jawabannya.

advertisements

CoverCanvas merupakan sebuah aplikasi web sederhana yang akan membantu Anda dalam membuat cover Facebook yang unik sehingga profil Facebook Anda akan tampak lebih menarik. Sebenarnya aplikasi ini merupakan aplikasi Facebook sehingga membutuhkan autorisasi untuk mengakses akun Facebook Anda sama seperti aplikasi Facebook yang lain. Untungnya, untuk menggunakan aplikasi ini Anda tidak perlu mendaftar terlebih dahulu karena Anda hanya tinggal menekan tombol “Get Started” maka Anda sudah bisa menggunakannya.

 Mendesain Cover

Setelah Anda mengizinkan aplikasi ini untuk mengakses akun Facebook Anda, CoverCanvas akan langsung menampilkan semua profile pictures untuk Anda gunakan dalam mendesain cover. Sayangnya, aplikasi ini hanya menampilkan foto dari album profile pictures dan tidak menampilkan foto dari album lainnya.

 Untuk mulai membuat cover Facebook, pertama-tama Anda harus memilih cover jenis apa yang Anda inginkan. Anda dapat membuat cover yang berisi foto dan nama Anda, nama Anda saja, atau pun foto Anda saja. Dari setiap jenis cover tersebut, terdapat beberapa desain cover yang bisa Anda pilih.

 Jika Anda lebih suka untuk membuat sesuatu yang berbeda dan tidak ingin menggunakan profiles pictures Anda, maka Anda dapat memilih berbagai macam static covers yang disediakan oleh aplikasi ini. Static covers tersebut dibagi ke dalam berbagai macam kategori seperti Art, Love, Food, Drink, Movies, Superheroes, Cars, dan lainnya. Kategori-kategori tersebut biasanya juga terbagi lagi menjadi beberapa sub kategori sehingga Anda dapat memilih tema yang benar-benar Anda sukai.

 Karena hampir setiap orang mempunyai banyak profile pictures, maka mungkin Anda ingin melihat desain yang berbeda dengan foto yang berbeda pula. Untuk melakukan hal tersebut, Anda bisa menekan tombol “Remix Photos” secara terus menerus hingga Anda menemukan desain dan foto yang cocok sesuai dengan keinginan Anda.

 Ketika sudah ada desain dan foto yang Anda pilih, maka Anda tinggal menekan tombol “Make My Cover.” Setelah itu, aplikasi ini langsung mengupload cover baru tersebut ke Facebook dan langsung dimasukkan ke album khusus yang dibuat oleh aplikasi CoverCanvas ini.

 Menaruh cover Timeline baru ke profil Facebook Anda

 Setelah cover tersebut berhasil diupload, maka Anda akan langsung dibawa ke halaman profil Facebook Anda. Untuk menggunakan cover baru tersebut, Anda tinggal memilih menu “Add a Cover” jika Anda belum memiliki cover, atau menu “Change Cover” jika Anda sudah memiliki cover sebelumnya. Setelah itu pilihlah opsi “Choose from Photos.”

 Setelah itu Anda dapat memilih cover yang ada di album yang telah dibuat oleh CoverCanvas. Namun biasanya foto yang baru Anda upload akan langsung tampil di Recent Upload tanpa harus mencarinya terlebih dahulu ke dalam folder CoverCanvas tersebut. Setelah itu Anda dapat melihat preview dari cover tersebut di Timeline Anda. Facebook sebenarnya menawarkan opsi untuk menggeser cover tersebut, namun karena cover buatan CoverCanvas ini sudah dibuat pas dengan ukurannya, maka Anda tidak perlu lagi untuk mengaturnya. Setelah Anda yakin dengan semuanya, Anda tinggal mengklik “Save Changes” untuk menyimpannya.  Dengan cover baru tersebut, maka pasti profil Facebook Anda akan tampil lebih menarik dari sebelumnya sehingga orang-orang juga akan betah melihatnya. 

Artikel Menarik Lainnya: