advertisements

Smartphone merupakan perangkat yang rakus terhadap daya baterai. Maka dari itu, memilih smartphone dengan baterai tahan lama merupakan sebuah keharusan agar Anda tidak harus mengisi ulang dayanya setiap saat. Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai baterai smartphone agar Anda tidak salah ketika membelinya.

baterai smartphone

Jenis Baterai Smartphone

Saat ini sebagian besar smartphone menggunakan baterai berjenis Lithium-ion atau yang biasa disingkat dengan Li-Ion. Namun beberapa smartphone terbaru juga tidak sedikit yang menggunakan baterai berjenis Lithium-ion Polymer yang sering disingkat Li-Po. Baterai Li-Ion mampu menyimpan daya lebih banyak dan lebih lama jika dibandingkan dengan baterai Li-Po. Selain itu, biaya produksi baterai Li-Ion juga lebih murah.

advertisements

Di sisi lain, baterai Li-Po hadir dengan teknologi yang lebih mutakhir dibandingkan dengan baterai Li-Ion. Baterai ini lebih tipis dan lebih ringan sehingga banyak digunakan pada smartphone berbodi tipis dan ramping. Selain itu, baterai Li-Po juga lebih kuat dan tidak mudah rusak jika dibandingkan dengan jenis baterai lainnya.

Kapasitas baterai sendiri ditulis dalam satuan mAh (milliampere-hour), seperti 1500 mAh, 2000 mAh, dan lainnya. Semakin besar angka tersebut maka semakin besar pula kapasitas yang dimilikinya. Baterai smartphone juga ada yang bisa dilepas (removable) dan tidak bisa dilepas (non-removable).

Memilih Kapasitas Baterai Yang Tepat

Kapasitas besar dari sebuah baterai tidak menjamin bahwa baterai tersebut akan bertahan lama. Pasalnya banyak hal yang akan mempengaruhi konsumsi dayanya seperti:

  • Spesifikasi prosesor, semakin tinggi frekuensi dan jumlah core-nya, maka semakin besar pula konsumsi baterainya.
  • Jenis layar yang digunakan, LCD merupakan jenis layar yang paling boros baterai.
  • Resolusi yang dimiliki layar, semakin tinggi resolusinya maka semakin boros penggunaan baterainya.
  • Aplikasi yang berjalan di background.
  • Jaringan dan konektivitas (GSM, HSDPA, Wi-Fi, dan GPS).
  • Sistem operasi yang digunakan, di mana Android lebih banyak mengkonsumsi baterai dibandingkan dengan iPhone.

Itulah beberapa hal yang akan mempengaruhi daya tahan dari sebuah baterai smartphone. Walaupun tidak ada hitungan pasti, namun idealnya sebuah smartphone 4 inci dengan resolusi 480 x 800 piksel harus memiliki baterai berkapasitas 1500 mAh. Sedangkan smartphone 5 inci dengan resolusi 540 x 960 piksel setidaknya harus memiliki baterai berkapasitas 2000 mAh.

Artikel Menarik Lainnya: