advertisements

Dibandingkan dengan prosesor dan perangkat keras lainnya, layar merupakan komponen smartphone yang paling banyak mendapat perhatian karena setiap saat kita melihat dan mengoperasikannya. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih layar smartphone yang tepat untuk Anda.

Ukuran Layar

Hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah ukuran layar karena hal tersebut berkaitan dengan penggunaan smartphone itu sendiri. Layar sebuah smartphone biasanya diukur secara diagonal dalam satuan inci.

advertisements

Jika Anda menginginkan smartphone yang praktis dan mudah dibawa kemana saja, pilihlah smartphone dengan layar di bawah 4,5 inci. Sedangkan jika Anda ingin puas bermain game atau menonton video, pilihlah layar yang lebih besar dari 4,5 inci. Smartphone dengan layar antara 5,5 hingga 6,5 inci biasanya juga disebut sebagai phablet.

Jenis Layar

Jenis layar smartphone menjadi hal selanjutnya yang wajib diperhatikan karena masing-masing jenis layar tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis teknologi layar yang banyak digunakan pada smartphone sekarang ini:

1. TFT LCD

TFT LCD

TFT LCD merupakan jenis layar yang paling banyak digunakan oleh smartphone saat ini. TFT LCD sendiri merupakan singkatan dari Thin Film Transistor Liquid Crystal Display dan merupakan teknologi dasar dari semua layar LCD. Layar smartphone ini biasanya cukup tebal dan membutuhkan banyak daya karena membutuhkan sumber cahaya untuk beroperasi.

Karakteristik dari layar ini sangat bervariasi tergantung dari kualitas dan harganya. Smartphone dengan harga murah biasanya hanya menggunakan layar TFT LCD yang memiliki sudut pandang sempit dan tampilan warna yang buruk. Sementara smartphone mahal biasanya sudah menggunakan layar dengan kualitas yang sangat baik.

2. IPS LCD

IPS LCD

Kependekan dari inline plane switching, IPS LCD merupakan salah satu jenis layar smartphone yang mampu menampilkan resolusi berkualitas tinggi dengan sudut pandang yang luas hingga 170 derajat. Layar IPS biasanya memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan layar TFT LCD pada smartphone kelas menegah ke bawah.

IPS LCD sendiri memiliki beberapa jenis, salah satu adalah PLS (Plain Line Switching) yang merupakan panel LCD buatan Samsung. Saat ini, hampir semua smartphone kelas menengah ke atas menggunakan layar jenis IPS LCD ini.

3. Super LCD (SLCD)

Super LCD (SLCD)

Jenis layar smartphone lainnya yang menggunakan panel LCD adalah Super LCD yang banyak digunakan pada smartphone keluaran HTC. Tidak seperti layar jenis LCD lainnya, layar ini tidak memiliki ruangan udara antara lapisan kaca luar dan dalamnya sehingga mampu mengurangi pantulan cahaya.

Dengan begitu, layar Super LCD ini cocok untuk digunakan di ruang terbuka yang memiliki intensitas cahaya cukup tinggi. Selain itu, konsumsi daya layar ini juga lebih rendah dibandingkan dengan layar LCD biasa.

4. AMOLED

advertisements

AMOLED merupakan layar smartphone berbasis panel OLED yang cukup populer sebelum kemunculan IPS LCD. Layar ini lebih tipis dibandingkan dengan layar LCD dan tidak membutuhkan sumber cahaya khusus sehingga lebih hemat daya jika menampilkan warna hitam. Sayangnya, gambar yang ditampilkan layar ini biasanya kurang tajam jika dibandingkan dengan LCD.

Selain itu, layar AMOLED juga cukup mahal karena tidak diproduksi sebanyak layar LCD. Saat ini sudah terdapat banyak varian dari layar ini, seperti Super AMOLED, Super AMOLED Plus HD, dan lainnya yang memiliki ketajaman mendekati layar LCD.

5. IGZO

IGZO, singkatan dari indium gallium zinc oxide, merupakan salah satu jenis layar smartphone terbaru yang ada saat ini. Layar ini digadang sebagai jenis layar untuk smartphone masa depan karena mampu menghasilkan resolusi tinggi dengan kepadatan piksel yang tinggi namun tetap mengkonsumsi daya yang rendah.

Beberapa smartphone papan atas saat ini sudah mulai mengimplementasikan penggunaan layar ini, seperti seri Aquos dari Sharp dan juga iPad Air besutan Apple. Dalam beberapa tahun ke depan jenis layar ini diyakini akan banyak digunakan oleh berbagai smartphone flagship.

Resolusi dan PPI

resolusi

Selain jenisnya, salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan ketika memiliki jenis layar smartphone adalah resolusinya. Pasalnya resolusi dari sebuah layar akan mempengaruhi kualitas tampilan serta ketajaman gambar yang disuguhkannya. Saat ini terdapat berbagai macam ukuran resolusi yang digunakan pada smartphone, dari mulai QVGA (320 x 420 piksel) hingga UltraHD 4K (3840 x 2160 piksel).

Secara teoritis, semakin besar jumlah piksel, maka semakin tajam pula gambar yang ditampilkan. Sebagai contoh, layar 4 inch dengan resolusi HD (720 x 1280) akan menampilkan gambar lebih tajam dibandingkan dengan layar 5 inch dengan resolusi serupa. Walaupun tidak ada ukuran standarnya, namun kepadatan piksel sebesar 200 ppi (pixel per inch) dianggap sebagai batas minimun sebuah layar agar mampu menampilkan gambar dengan baik.

Jika melihat ukuran di atas, maka resolusi minimun dari sebuah layar adalah sebagai berikut:

  • Layar 3 inch = 320 x 480 piksel
  • Layar 4 inch = 480 x 800 piksel
  • Layar 5 inch = 540 x 960 piksel

Oleh karena itu jika Anda ingin mendapatkan layar smartphone dengan tampilan yang nyaman dipandang mata, maka pastikan resolusinya berada minimal pada angka di atas. Karena sebaik apapun teknologi layar yang diusungnya, jika resolusinya rendah maka kualitas gambar yang ditampilkan juga tidak akan terlalu bagus.

Material Pelindung

layar smartphone

Salah satu cacat yang paling rawan terjadi pada layar sentuh adalah goresan. Oleh karena itu berbagai smartphone terbaru saat ini sudah melapisi layarnya dengan material pelindung khsusus agar Anda tidak perlu lagi membeli lapisan anti gores tambahan. Fungsi lapisan pelindung ini bermacam-macam, ada yang melindungi dari goresan dan ada juga yang melindunginya dari benturan dengan benda tajam.

1. Oleophobic Coating

Oleophobic Coating merupakan lapisan yang akan melindungi layar dari goresan ataupun kotoran semacam minyak dan debu. Beberapa smartphone lawas biasanya menggunakan lapisan ini seperti Samsung Galaxy Nexus I9250, Samsung Google Nexus S, dan Sony Xperia Tablet S.

2. Scratch-Resistant Glass

Scracth-resistant glass adalah merupakan lapisan yang melindungi layar smartphone dari goresan-goresan ringan dalam pemakaian sehari-hari. Lapisan pelindung ini biasanya digunakan pada smartphone buatan Sony seperti Sony Ericsson Live with Walkman, Sony Ericsson Xperia Neo, Sony Xperia M, dan lainnya.

3. Corning Gorilla Glass

Gorilla Glass sebuah lapisan pelindung yang dibuat oleh perusahaan manufaktur kaca bernama Corning. Teknologi pelindung ini merupakan yang paling populer saat ini karena tidak hanya melindungi dari goresan, lapisan ini juga mampu melindungi layar ketika smartphone terjatuh. Gorilla Glass memiliki ukuran yang tipis sehingga tidak akan mengurangi sensitifitas dari sebuah layar.

Gorilla Glass juga disebut sebagai teknologi yang ramah lingkungan karena tidak dibuat dari bahan besi berat yang berbahaya. Lapisan pelindung versi terbaru yang ada saat ini adalah Gorilla Glass 3 yang banyak digunakan oleh smartphone flagship papan atas.

4. Dragontrail Glass

Dragontrail Glass merupakan lapisan pelindung layar smartphone paling kuat saat ini karena mampu menahan beban sampai dengan 60 kg dengan ketebalan kaca yang hanya 1 mm saja. Teknologi pelindung yang tahan terhadap pukulan palu ini biasanya digunakan pada smartphone outdoor seperti Sony Ericsson Xperia Active, Xiaomi MI2, dan Sony Xperia Z1.

Artikel Menarik Lainnya: