advertisements

Keberadaan hardisk eksternal memang sangat memudahkan aktivitas kita saat hendak menyimpan file dengan ukuran yang besar. Misalnya, file berupa film atau game biasanya memiliki ukuran yang cukup besar. Anda tidak bisa menyimpan file dengan ukuran besar di dalam flashdisk. Jika seperti ini, Anda tentu membutuhkan sebuah hardisk eksternal terbaik.

Berbicara mengenai hardisk eksternal yang terbaik, ada beberapa merk hardisk yang akan direkomendasikan Carisinyal untuk Anda. Apa saja hardisk yang akan kami sarankan di sini? Simak review selengkapnya berikut ini.

Seagate Expansion

advertisements

Cari hardisk eksternal dengan harga yang terjangkau? Seagate Expansion ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Hardisk ini kompatibel pada port USB 2.0 dan 3.0. Di samping itu, kecepatan yang ditawarkan oleh Seagate Expansion juga terbilang standar, yakni 5.400 rpm.

Seagate Expansion menawarkan kapasitas 1 TB – 5 TB. Sayangnya, hardisk ini tidak dilengkapi dengan backup software. Jadi, jika ada file  yang terhapus di dalam hardisk eksternal terbaik ini, maka Anda akan kesulitan untuk menemukannya.

Samsung M3

Samsung M3 hardisk eksternal terbaik

Sebagai produsen gadget dan elektronik yang sedang merajai pasar, Samsung juga memproduksi hardisk. Salah satu hardisk unggulan dari vendor asal negeri gingseng ini adalah Samsung M3. Spesifikasi yang ditawarkan oleh hardisk ini sedikit mirip dengan Seagare Expansion.

Samsung M3 bisa digunakan pada port USB 2.0 maupun 3.0. Kapasitas yang disediakan oleh hardisk ini adalah 500 GB – 1 TB. Hanya saja, harga jual Samsung M3 ini sedikit lebih tinggi dibanding Seagate Expansion. Overall, hardisk dari Samsung ini cukup menarik, hanya saja hardisk ini memiliki masalah pada kinerja random writes.

WD My Passport Ultra

WD My Passport Ultra

Keunggulan WD My Passport Ultra dari kedua hardisk yang sudah kita bahas sebelumnya tentu sudah sangat jelas. WD My Passport Ultra memiliki fitur backup otomatis. Jadi, seluruh file Anda akan otomatis ter-backup sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi ketika file tersebut tidak sengaja terhapus, karena Anda sudah memiliki salinannya.

Kapasitas hardisk ini adalah 500 GB – 300 TB. Uniknya, hardisk WD My Passport Ultra ini telah mendapat Dropbox untuk upload ke Cloud secara otomatis. Enskripsi AES pada hardisk ini juga memudahkan Anda saat harus menyimpan dan mengamankan data pribadi.

Transcend StoreJet 100

Transcend StoreJet 100

Hardisk yang satu ini nampaknya memang dirancang khusus untuk Mac. StoreJet 100 menawarkan kompatibilitas mesin waktu dan backup hanya dengan satu kali sentuhan saja. Dengan begitu, Anda dapat mengamankan data di dalamnya dengan cepat tanpa perlu melakukan pengaturan yang rumit.

Hardisk yang bisa digunakan pada port USB 2.0 dan 3.0 ini dilengkapi dengan shockproof, untuk mencegah benturan dan goresan pada hardisk. Transcend StoreJet 100 menyediakan kapasitas 2 TB. Sementara itu, kecepatan yang ditawarkan oleh hardisk ini adalah 5.400 rpm.

Transcend StoreJet 25M3

advertisements

Jika sebelumnya kita telah membahas hardisk Transcend yang dirancang khusus untuk perangkat Mac, kini kita akan membahas hardisk yang sesuai dengan perangkat Windows. Tentu saja, harga StoreJet 23M3 jauh lebih murah dibanding StoreJet 100.

Hardisk eksternal terbaik ini mendukung FAT32 Drive. Kapasitas yang ditawarkan oleh hardisk ini adalah 1 TB – 2 TB. Sementara kecepatannya masih sama dengan hardisk yang sudah kita bahas sebelumnya, yakni 5.400 rpm. Setali tiga uang dengan StoreJet 100, StoreJet 25M3 ini juga dilengkapi dengan shockproof.

Seagate Backup Plus Slim 2 TB

Sebuah hardisk ekstenal terbaik dengan desain yang slim dan elegan bukanlah hal yang mustahil. Anda bisa memperoleh hardisk dengan kriteria tersebut dengan membeli Seagate Backup Plus Slim 2 TB. Bahkan, hardisk Seagate ini hanya setebal iPhone 4.

Di samping itu, jika Anda membeli hardisk ini, maka Anda juga akan memperoleh Kapasitas OneDrive sebesar 200 GB. Kapasitas hardisk ini tentu sudah jelas, yakni 2 GB. Kecepatan dari Seagate Backup Plus Slim 2 TB ini adalah 5.400 rpm. Nah, bila Anda sedang mencari hardisk yang ramping dan sangat portable, maka hardisk dari Seagate ini merupakan solusi yang ideal untuk Anda.

WD My Book Thunderbolt Duo 8 TB

WD My Book Thunderbolt Duo 8 TB

Drive eksternal yang satu ini dibuat khusus untuk proyek-proyek kreatif yang melibatkan banyak file dengan ukuran besar. Hal tersebut dapat terlihat dari kapasitas yang disediakan oleh WD My Book Thunderbolt Duo ini, yakni 4 TB – 8 TB. Port Twin Thunderbolt memberikan kecepatan data hingga 300 MB / s. Sementara itu, RAID menawarkan pilihan kecepatan atau data mirroring.

Kecepatan yang ditawarkan oleh drive eksternal ini adalah 7.200 rpm. Oleh karena itu, WD My Book Thunderbolt Duo diklaim sebagai hardisk yang dapat mempermudah pekerjaan yang memgharuskan  Anda untuk menyimpan dan memindahkan file-file yang berukuran besar.

Samsung 1.5 TB Wireless Mobile Media Streaming Device

Samsung 1.5 TB Wireless Mobile Media Streaming Device

Streaming dengan perangkat iOS maupun Android kini bukanlah hal yang sulit semenjak ada Samsung 1.5 TB Wireless Mobile Media Streaming Device ini. Jika Thunderbolt Duo memungkinkan Anda untuk membuat media, Samsung 1.5 TB ini memampukan Anda untuk melakukan streaming video atau film.

Hardisk ini memberikan waktu 7 jam penuh untuk streaming video ke perangkat iOS dan Android. Ini merupakan drive eksternal yang sangat tepat untuk sebuah rumah yang memerlukan sebuah media untuk berbagi dengan perangkat yang berbeda-beda.

iStorage diskAshur Pro

iStorage diskAshur Pro

Percaya atau tidak, iStorage diskAshur Pro ini merupakan hardisk yang banyak digunakan oleh perusahaan atau pemerintahan. Mengapa? Karena hardisk ini memang dirancang untuk menghindari tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang mencoba untuk melihat isi file di dalam hardisk ini.

Singkatnya, drive eksternal ini dilengkapi dengan sistem PIN. Keamanan ekstra ini membuat Anda menjadi merasa lebih aman saat harus menyimpan file rahasia di dalam hardisk ini. Kapasitas yang tersedia adalah 250 GB – 2 TB. Harga dari iStorage diskAshur Pro ini juga tidak terlalu mahal.

WD My Cloud Mirror

WD My Cloud Mirror

Aktivitas atau pekerjaan sehari-hari terkadang mengharuskan kita untuk menyimpan atau memindahkan file dengan ukuran yang cukup besar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, sediakan WD My Cloud Mirror ke mana pun Anda pergi.

Hardisk eksternal terbaik ini menyediakan kapasitas 4 TB – 8 TB. RAID 1 pada hardisk ini memastikan semua data yang disimpan selalu diduplikasi sebagai backup. Perangkat yang sangat berguna ini menawarkan kecepatan 5.400 rpm.

Nah, usai sudah pembahasan kita mengenai hardisk eksternal terbaik hasil rekomendasi dari Carisinyal. Seperti yang kita ketahui, keberadaan hardisk di zaman serba modern ini sangat memudahkan kita dalam menyimpan atau memindahkan data dengan ukuran yang ekstra besar.

Hardisk juga amat diperlukan bagi orang-orang yang membutuhkan sebuah media penyimpanan untuk berbagai perangkat yang berbeda-beda. Semua hardisk di atas dijual dengan harga yang bervariasi, mulai dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Pastikan hardisk yang Anda beli sudah sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Artikel Menarik Lainnya: