advertisements

Beberapa tahun ke belakang ini kebutuhan akan power bank semakin meningkat. Hal tersebut tidak terlepas dari semakin banyaknya smartphone yang membutuhkan banyak daya ketika digunakan. Penggunaan power bank dianggap lebih praktis ketimbang harus men-charge smartphone secara manual.

Selain itu, power bank juga sangat praktis sehingga bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Jika Anda berencana untuk membeli power bank, berikut Carisinyal akan memberikan tips untuk memilih merk powerbank yang bagus.

Sesuaikan Kapasitasnya

advertisements

Salah satu hal terpenting ketika membeli power bank adalah kapasitasnya. Kapasitas sebuah power bank biasanya diukur dalam satuan milli Ampere hour (mAh). Semakin besar angkanya, maka semakin besar pula kapasitasnya.

merk powerbank yang bagus

Oleh karena itu, jika perangkat yang Anda miliki memiliki baterai berkapasitas 1500 mAh, maka sebuah power bank berkapasitas 1500 mAh dapat men-charge penuh baterai tersebut dalam sekali penggunaan. Idealnya, sebuah power bank harus memiliki kapasitas 3 kali lipat dari perangkat yang akan discharge. Oleh karena itu, jika perangkat Anda memiliki baterai 1500 mAh, maka belilah power bank yang berkapasitas minimal 4500 mAh.

Fitur USB Charging

Sebuah merl powerbank yang bagus biasanya memiliki fitur USB charging, yaitu fitur untuk melakukan charge melalui kabel USB. Fitur ini sangatlah penting jika sewaktu-waktu Anda lupa membawa kabel charge, maka Anda tetap dapat mengisi ulang daya smartphone Anda melalui kabel USB. Beberapa power bank juga biasanya sudah menyediakan tempat khusus untuk kabel USB ini. bahkan tidak sedikit pula power bank yang sudah menyediakan kabel konektor untuk berbagai perangkat yang berbeda, seperti untuk Apple, Nokia, dan lainnya.

Harga dan Kualitas

advertisements

Harga biasanya menentukan kualitas suatu barang. Oleh karena itu jangan pernah tergiur oleh power bank yang dijual dengan harga yang sangat murah karena bisa jadi power bank tersebut menggunakan komponen refurbished alias bekas. Pastikan juga power bank tersebut memiliki beberapa fitur keamanan standard seperti short circuit, over charging protection, dan temperature protection.

Portabilitas

Alasan lainnya yang membuat seseorang membeli power bank adalah portabilitas. Power bank sangat mudah di bawa ke mana saja sehingga Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan daya untuk perangkat smartphone atau tablet Anda. Oleh karena itu, pastikan power bank yang Anda beli dapat dengan mudah dimasukan ke dalam tas atau kantong celana Anda. Namun sekali lagi, tetap perhatikan fitur keamanan yang dimiliki oleh power bak tersebut karena power bank tersebut berukuran kecil namun ternyata langsung rusak dalam beberapa bulan pemakaian.

Kesimpulan

Itulah empat tips penting ketika Anda ingin membeli merk powerbank yang bagus. Jangan lupa juga untuk membaca artikel beberapa kesalahan saat membeli power bank agar Anda tidak merasa kecewa setelah membelinya. Jika Anda mempunyai tips lain ketika memilih sebuah power bank, silahkan sampaikan tips Anda di kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: