advertisements
advertisements

Motorola baru saja meluncurkan salah satu smartphone Android terbaru mereka yaitu Moto G. Smartphone tersebut dibanderol dengan harga yang cukup murah karena memang menyasar pasar kelas menengah. Karena harganya tersebut, banyak yang menyebut jika smartphone ini akan segera menggantikan kedigdayaan Nexus 4. Terlebih, spesifikasi yang diusung Moto G juga tidak jauh berbeda dengan smartphone flagship Google tersebut.

Baca juga: Motorola Moto G, Android Murah Dengan Spesifikasi Wah

advertisements
advertisements

Lantas apakah Motorola Moto G lebih baik daripada Nexus 4 tersebut? Berikut Carisinyal akan membandingkan kedua smartphone tersebut secara mendalam agar Anda dapat memilih smartphone yang benar-benar sesuai.

moto g

Persamaan

Karena sama-sama dilatarbelakangi oleh Google, maka tidak mengherankan jika kedua smartphone ini memiliki beberapa persamaan. Kedua smartphone ini berjalan pada sistem operasi Android 4.4 KitKat, hadir dengan versi 8 GB dan 16 GB, serta memiliki ukuran, layar, dan resolusi yang hampir serupa. Kedua smartphone ini juga sama-sama menggunakan stock Android, walaupun Moto G memiliki sedikit perbedaan dibanding Nexus 4. Namun secara keseluruhan keduanya hampir serupa karena hadir tanpa adanya berbagai bloatware ataupu perubahan tampilan seperti perangkat dari vendor yang lain.

Prosessor dan Performa

Sekarang mari kita membahas perbedaannya. Yang pertama adalah di sisi performa. Moto G hadir dengan prosessor quad-core Snapdragon 400 berkecepatan 1.2 GHz, sementara Nexus 4 memiliki prosessor quad-core Snapdragon S4 Pro berkecepatan 1.5 GHz. Nexus 4 juga memiliki RAM dua kali lebih besar ketimbang Moto G sehingga akan menyuguhkan performa lebih baik untuk bermain game ataupun membuka beberapa aplikasi secara sekaligus.

Walaupun di atas kertas Nexus 4 lebih baik, dalam kenyataannya dalam pemakaian sehari-hari tidak akan tampak perbedaan yang nyata di antara keduanya. Oleh karena itu, Moto G lebih layak untuk dipinang jika Anda hanya berencana untuk menggunakan smartphone tersebut untuk keperluan standar saja.

Audio, Kamera, dan Baterai

Tidak ada yang istimewa dari kualitas audio kedua smartphone ini, hanya saja Moto G sedikit lebih lantang dan lebih luas cakupan suaranya. Selain itu jika Anda meletakkan Moto G pada permukaan yang datar, maka speakernya akan menghasilkan suara yang lebih lantang karena permukaan belakang smartphone ini yang sedikit melengkung.

Untuk kameranya, Nexus 4 hadir dengan kamera yang lebih baik. Terlebih, Nexus 4 sudah dibekali dengan resolusi yang lebih besar yaitu 8 MP. Baterai dari kedua smartphone ini tidak banyak perbedaan, namun Moto G memiliki manajemen baterai yang lebih baik ketimbang Nexus 4.

Display, Desain, dan Sistem

Tampilan dari Moto G tampak sedikit didominasi warna pink, sementara Nexus 4 lebih kehijauan. Namun hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah karena keduanya mampu menampilkan gambar dan video dengan kualitas yang sangat baik. Sistem operasi yang dibenamkan juga cukup serupa dan bersih dari aplikasi bloatware yang tidak berguna.

Kesimpulan

Tidak dapat dipungkiri lagi jika saat ini tidak akan ada lagi yang membeli Nexus 4 karena harga Nexus 5 versi 16 GB dibanderol sama dengan pendahulunya tersebut. Namun bagi pemilik Nexus 4 yang berencana untuk mengganti perangkatnya dengan perangkat lain yang memiliki kualitas serupa, maka Moto G adalah pilihannya. Walaupun di atas kertas Nexus 4 memiliki spesifikasi yang lebih baik, namun Moto G memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh Nexus 4. Selain itu karena Moto G baru diluncurkan, maka otomatis akan memiliki jaminan update yang lebih panjang ketimbang Nexus 4.

Artikel Menarik Lainnya: