advertisements

Nokia akhirnya secara resmi merilis smartphone flagship terbarunya dengan nama Nokia Lumia 930. Smartphone ini sebenarnya adalah versi internasional dari Nokia Lumia Icon yang diluncurkan khusus untuk operator Verizon di Amerika Serikat. Smartphone berukuran 5 inch ini hadir dengan keunggulan pada kamera 20 MP PureView yang mampu merakam video Full HD 1080p.

Nokia Lumia 930

Desain dan Layar

Seperti halnya smartphone Windows Phone lainnya, Nokia Lumia 930 juga hadir dengan berbagai macam pilihan warna yang menarik. Tercatat ada empat pilihan warna yang ditawarkannya yakni jingga, hijau, putih, dan hitam. Ukuran yang dimilikinya secara keseluruhan adalah sebesar 137 x 71 x 9.8 mm dengan berat 167 gram.

advertisements

Layar 5 inch yang dimilikinya berjenis ClearBlack AMOLED yang sangat sensitif menerima sentuhan. Layar tersebut juga sudah memiliki resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel dengan kepadatan piksel sebesar 441 sehingga mampu menghasilkan tampilan yang sangat jernih dan tajam. Untuk proteksinya, layar ini dilindungi oleh lapisan Corning Gorilla Glass 3.

Prosesor dan Memori Penyimpanan

Di sektor performanya Nokia Lumia 930 dibesut oleh chipset Qualcomm Snapdragon 800 dengan prosesor quad core 2.2 GHz dan GPU Adreno 330. Dengan spesifikasi tersebut dapat dipastikan jika smartphone ini tidak akan mengalami masalah apapun ketika menjalankan berbagai macam aplikasi dan game.

Selain itu smartphone ini juga didukung oleh RAM sebesar 2 GB. Untuk memori penyimpanannya, smartphone ini menyediakan memori internal sebesar 32 GB tanpa slot kartu microSD. Untuk sistem operasinya sendiri smartphone ini menjadi yang pertama dalam mengadopsi OS Windows Phone 8.1.

Kamera

Salah satu keunggulan dari Nokia Lumia 930 adalah kameranya. Ya, smartphone ini menyuguhkan kamera 20 megapiksel PureView dengan 1/2.5” BSI sensor, f/2.4, OIS, dan dual-LED flash. Kamera tersebut juga dapat merekam video hingga resolusi Full HD 1080p. Sedangkan untuk kamera depannya, smartphone ini menyediakan kamera sebesar 1.2 MP.

Sama seperti seri Lumia 1520 dan Lumia 1020, smartphone ini juga bisa memotret foto pada resolusi penuh ataupun resolusi 5 MP untuk memudahkan proses sharing di internet. Berbagai aplikasi khas Lumia seperti Nokia Camera, Creative Studio, dan Cinemagraph juga akan membuat foto yang Anda ambil semakin cantik.

Fitur, Konektivitas, dan Baterai

Untuk konektivitasnya, Lumia 930 dibekali dengan Wi-Fi a/b/g/n/ac, Bluetooth 4.0, NFC, and USB 2.0. Smartphone ini menggunakan jenis kartu SIM nano dan juga dilengkapi dengan aplikasi FM radio. Baterai yang diusungnya memiliki kapasitas sebesar 2420 mAh dan mendukung fitur Qi wireless charging.

Harga

Nokia Lumia 930 direncanakan akan tersedia secara global mulai bulan Juni mendatang di kawasan Eropa, Asia, Timur Tengah, dan India. Belum ada harga resminya untuk wilayah Indonesia. Di negara asalnya sendiri smartphone ini dijual seharga $599 atau sekitar Rp 6,8 jutaan.

Artikel Menarik Lainnya: