advertisements

Beberapa hari belakangan ini santer diisukan jika Nokia sedang mengembangkan sebuah smartphone baru yang menggunakan sistem operasi Android. Smartphone yang sedang dirancang tersebut diberi kode “Normandy” dan tampaknya akan mengusung spesifikasi kelas menengah ke bawah. Selain itu, smartphone Nokia Normandy ini juga hanya akan menggunakan sistem operasi Android yang sudah dirombak total seperti halnya yang dilakukan oleh Amazon untuk jajaran ebook reader Kindle Fire yang diusungnya.

nokia normandy

Rumor ini sebenarnya sudah mulai berhembus sejak bulan November lalu ketika sebuah gambar yang berasal dari akun @evleaks beredar di internet. Gambar tersebut menunjukan sebuah perangkat yang mirip dengan Lumia dan tidak memiliki tombol navigasi sentuh di bagian depannya. Perangkat tersebut kemudian dianggap sebagai Normandy yang mengusung sistem operasi Android dan juga dapat menjalankan berbagai macam aplikasi Android populer seperti Skype dan lainnya.

advertisements

Beberapa sumber mengatakan bahwa smartphone Nokia Normandy ini dibuat setara dengan spesifikasi Asha. Hal ini dimaksudkan agar mereka bisa membuat smartphone murah yang dapat mengakses lebih banyak aplikasi mengingat Nokia Asha kurang laku di pasaran karena hanya memiliki sedikit aplikasi. Selain itu, smartphone ini juga dikabarkan tidak akan mendukung Google Play Store dan penggunanya hanya bisa mengunduh aplikasi dari Nokia Store.

Nokia sebenarnya dikabarkan sudah sejak lama mengembangkan sebuah smartphone Android, bahkan sebelum Microsoft mengakuisisinya. Namun ketika Microsoft berencana mengakuisinya, Nokia tampaknya kebingungan untuk merilis smartphone tersebut sebelum diakuisisi atau akan merilisnya ketika sudah menjadi milik Microsoft.

Beberapa karyawan Nokia yang sedang mengembangkan smartphone Nokia Normandy ini mengatakan jika smartphone ini akan dirilis pada tahun 2014 mendatang. Bahkan Microsoft juga tampaknya sudah merestui rencana perilisan ini. Hal ini tentu sangat mengejutkan mengingat Microsoft sedang gencar dalam meningkatkan penjual smartphone Windows Phone-nya.

Namun jika melihat keadaan pasar sekarang, Microsoft tampaknya ingin mengembangkan sistem operasi Windows Phone untuk perangkat kelas atas, dan Android untuk perangkat kelas menengah ke bawah. Dengan begitu, Nokia Normandy ini kemungkinan besar akan menggantikan peran yang diemban oleh Nokia Asha selama ini.

Sumber: The Verge

Artikel Menarik Lainnya: