advertisements

Moto E merupakan seri smartphone low-end terbaru yang dirilis oleh Motorola. Smartphone ini dibanderol dengan harga yang murah namun tetap dibekali dengan spesifikasi yang mumpuni. Oleh karena itu Motorola Moto E digadang akan mengikuti kesuksesan saudaranya yaitu Moto G. Apa sajakah kelebihan dan kekurangannya?

Desain

Moto E hadir dengan desain yang atraktif meskipun bodinya cukup tebal dan layarnya dikelilingi bezel yang cukup banyak. Bodinya tersebut dibuat dari bahan plastik dan Anda dapat memilih 9 macam cover belakang dengan teksur dan warna yang berbeda-beda.

advertisements

Pada bagian atas smartphone ini Anda akan menemukan sebuah jack headphone, sedangkan tombol volume dan power terdapat di sebelah kanan. Speaker diletakkan di bagian depan tepat di bawah layar. Dengan penempatan seperti ini, maka Moto E sangat mudah digunakan dengan satu tangan saja.

Moto E tidak dilengkapi dengan casing anti air sehingga akan mengalami kerusakan jika jatuh ke dalam air. Namun jika hanya tumpahan sedikit air, maka tidak akan terjadi masalah karena layar smartphone ini sudah dilapisi dengan Corning Gorilla Glass.

Layar

Motorola Moto E

Motorola Moto E dibekali dengan layar sebesar 4,3 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel (256 ppi). Ketajaman layar yang dimilikinya tersebut sedikit di bawah Moto G yang memiliki pixel density sebesar 329 ppi. Seperti disinggung di atas, layar ini sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass untuk melindunginya dari percikan air, debu, dan goresan.

Harga murah yang ditawarkan smartphone ini tampaknya berimbas kepada kecerahan yang dimiliki layarnya. Kecerahan maksimal dari layarnya tersebut berada pada angka 389 nits dengan kontras 1:1270. Artinya, Moto E kurang cocok digunakan di bawah sinar matahari.

Software

Seperti layaknya jajaran smartphone Nexus, Moto E menghadirkan tampilan stock Android yang sederhana. Tidak seperti perangkat buatan produsen lainnya yang dibekali dengan berbagai macam fitur yang membingungkan, smartphone ini hadir dengan tampilan dan fitur yang sederhana. Dengan begitu smartphone ini sangat cocok bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan perangkat Android.

Motorola Moto E alert

Fitur Alert di Moto E

Salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh smartphone ini bernama “Alert”. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk menginformasikan lokasi Anda kepada orang tertentu hanya dengan menekan satu tombol saja. Fitur ini akan sangat membantu jika Anda berada dalam keadaan bahaya.

Selain itu terdapat juga fiturMotorola Migrate yang akan membantu Anda untuk mentransfer data ke dari smartphone lama ke Moto E ini. Fitur Help juga sudah disematkan untuk membantu Anda mempelajari berbagai macam fungsi smartphone ini.

Untuk versi dual SIM terdapat juga sebuah fitur manajemen kartu SIM yang sangat menarik. Fitur tersebut akan secara otomatis memilih kartu mana yang digunakan berdasarkan dua faktor.

advertisements

Yang pertama adalah faktor penggunaan. Artinya jika Anda menggunakan salah satu kartu SIM untuk menghubungi nomor kontak tertentu, maka fitur ini akan langsung menggunakan kartu SIM itu kembali ketika Anda menghubungi nomor kontak tersebut di kemudian hari.

Yang kedua adalah faktor operator. Jika Anda menghubungi seseorang yang menggunakan operator yang sama dengan salah satu kartu yang Anda gunakan, maka fitur ini akan langsung memilih untuk menggunakan kartu SIM dari operator tersebut. Fitur ini diyakini akan banyak menghemat waktu dan biaya meskipun Anda juga tetap bisa mengatur pemilihan kartu SIM tersebut secara manual.

Performa

Motorola Moto E antutu

Hasil test Antutu

Seperti smartphone kelas menengah ke bawah lainnya, Moto E juga hanya dibekali dengan memori internal sebesar 4 GB. Akan tetapi Anda hanya bisa menggunakan sebanyak 2,2 GB saja dari kapasitas tersebut. Untungnya smartphone ini menyediakan slot kartu MicroSD yang mampu menampung kartu hingga kapasitas 32 GB.

Meskipun GPU Adreno 302 yang diusungnya kurang begitu baik untuk memainkan game papan atas, namun smartphone ini tetap mampu menjalankan berbagai macam aplikasi secara sekaligus. Pengolah grafis tersebut juga cukup mumpuni untuk mengolah efek 3D yang terdapat di Android 4.4.2 KitKat.

Untuk beberapa hal Moto E juga memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan Samsung Galaxy S4. Dalam relesae event-nya smartphone ini mampu membuka aplikasi telepon 1,1 detik lebih cepat, membuka browser 0,9 detik lebih cepat, dan membuka kamera 1,7 detik lebih cepat dari Galaxy S4.

Artinya meskipun spesifikasinya lebih rendah dari kebanyakan smartphone lainnya, namun Moto E tetap mampu menyuguhkan performa yang menawan. Fitur lain yang terdapat pada smartphone ini di antaranya adalah FM Radio (tanpa RDS), GPS dengan GLONASS, dan Bluetooth 4.0 LE.

Kamera

Motorola Moto E kamera

Contoh hasil jepretan Moto E (sumber: AndroidPIT)

Motorola Moto E dibekali dengan kamera belakang sebesar 5MP. Kamera tersebut cukup mumpuni untuk memotert objek dengan resolusi 2592 x 1944 piksel. Kamera tersebut juga sudah dilengkapi dengan geo-tagging dan HDR untuk semakin mempercantik foto yang Anda jepret.

Kamera Moto E mampu merekam video dengan resolusi 480 x 854 piksel. Karena tidak adanya fitur canggih seperti image stabilization, maka jangan berharap smartphone ini mampu menghasilkan video berkualitas tinggi. Selain itu kamera tersebut juga tidak dilengkapi LED flash sehingga kurang baik untuk digunakan pada tempat yang minim cahaya.

Kekurangan lainnya adalah ketiadaan kamera depan. Dengan begitu Anda harus melakukan usaha lebih untuk melakukan foto selfie melalui kamera belakang. Kehadiran kamera depan sebenarnya cukup dibutuhkan meskipun hanya dengan resolusi VGA karena kita dapat menggunakannya untuk melakukan video calling.

Baterai

Baterai jenis lithium yang digunakan oleh Moto E memiliki kapasitas sebesar 1980 mAh. Kapasitas tersebut lebih besar dibandingkan dengan iPhone 5s yang hanya memiliki kapasitas 1560 mAh. Sayangnya baterai ini tidak bisa dilepas dan diganti sendiri oleh penggunanya.

Dengan kapasitasnya tersebut Motorola menjanjikan baterai Moto E ini mampu bertahan hingga seharian penuh. Seperti dikutip dari Android PIT, smartphone ini bahkan mampu bertahan lebih dari sehari untuk penggunaan standar.

Harga

Motorola Moto E postel

Sertifikasi di Ditjen Postel

Motorola Moto E dibanderol seharga USD 130 di pasaran Amerika. Smartphone ini kemungkinan akan dijual pada kisaran Rp 1,5 juta di Indonesia. Smartphone ini tampaknya akan dirilis dalam waktu dekat karena sudah mendapatkan sertifikasi dari Ditjen Postel beberapa waktu lalu melalui distributor Trikomsel.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Moto E merupakan smartphone Android yang cocok untuk siapa saja. Tampilan serta fiturnya yang sederhana memudahkan para pemula untuk menggunakannya. Anda juga diberi keleluasaan untuk memilih aplikasi yang diinginkan karena smartphone ini tidak dijejali dengan aplikasi bawaan yang tidak jelas kegunaannya.

Ya, aplikasi bawaan terkadang cukup mengganggu karena sebenarnya terdapat banyak aplikasi serupa yang lebih baik dari aplikasi tersebut. Selain itu, semakin banyak aplikasi bawaan yang tertanam, maka semakin banyak pula kapasitas memori yang diambil dan daya baterai yang digunakan.

Performa yang dimilikinya juga cukup baik dan mampu menjalankan multitasking dengan lancar. Selain itu, Moto E juga kemungkinan besar akan mendapatkan update sistem operasi terbaru dengan cepat seperti perangkat buatan Motorola lainnya.

Salah satu kekurangan dari smartphone ini adalah tidak terdapatnya kamera depan. Namun hal tersebut tidak terlalu menjadi masalah jika Anda tidak suka melakukan video calling. Selain itu meskipun baterai yang dimilikinya tidak bisa dilepas, namun kapasitasnya sudah cukup besar sehingga Anda tidak perlu menggantinya dengan baterai double power dan sejenisnya.

Artikel Menarik Lainnya:

Kelebihan

  • Mudah digunakan
  • Fitur yang bermanfaat tanpa bloatware
  • Baterai tahan lama
  • Desain yang cantik dengan banyak pilihan warna
  • Mudah digunakan dengan satu tangan

Kekurangan

  • Baterai tidak bisa dilepas
  • Tidak ada kamera depan
  • Memori internal hanya 4GB
  • Layar kurang cerah jika digunakan di bawah sinar matahari

Spesifikasi

  • Dimensi: 124.8 x 64.8 x 12.3 mm
  • Berat: 140 g
  • Baterai: 1980 mAh
  • Layar: 4,3 inci, 960 x 540 piksel (256 ppi)
  • Kamera Belakang: 5 MP
  • Sistem Operasi: Android 4.4.2 KitKat
  • Memori Internal: 4 GB
  • Memori Eksternal: MicroSD hingga 32 GB
  • RAM: 1 GB
  • Prosesor: Qualcomm Snapdragon 200 Dual Core 1.2 GHz
  • Konektivitas: HSPA, Bluetooth 4.0