advertisements

Pada tahun 2015, Samsung meluncurkan Galaxy S6 sebagai salah satu ponsel kelas high-end. Setelah genap 10 bulan S6 diluncurkan, Samsung kembali memberi kejutan kepada konsumennya dengan meluncurkan Galaxy S7. Tentu saja pecinta ponsel Samsung high-end antusias dan menaruh harapan bahwa S7 ini akan lebih baik dari S6.

Saat ini, Samsung Galaxy S7 memang menjadi ponsel premium dari Samsung yang paling mutakhir. Samsung juga melakukan beberapa perbaikan pada S7 ini sehingga handset ini tampil lebih baik dari ponsel-ponsel pintar besutan Samsung sebelumnya. Penasaran apa saja kelebihan Samsung Galaxy S7 ini? Simak review dari Carisinyal berikut ini, yuk!

Desain

advertisements

Jika pada awal meluncurkan Galaxy S3 dan S4, Samsung masih setia mengandalkan material plastik yang terlihat “murah”. Kini, Samsung melakukan perbaikan besar-besar semenjak Galaxy S6 diluncurkan.

Pun begitu dengan material yang dipakai pada S7 ini, nampak jelas balutan material logam di bagian belakang dan tepi smartphone ini. Anda pasti setuju bila kami menyatakan Samsung selalu memperbaiki desain Galaxy S Series ini. Terbukti dari tampilan S7 yang tampak classy dan elegan.

Samsung Galaxy S7 hadir dengan dimensi 142.4 x 69.6 x 7.9 mm dengan berat 152 gram. Dengan ukuran seperti ini, S7 sangat nyaman dalam genggaman tangan, karena tidak terlalu besar dan beratnya pun terasa pas. Kali ini, Samsung memberikan 4 varian warna untuk Galaxy 7, yaitu gold, silver, hitam, dan putih.

Layar

kelebihan dan kekurangan samsung galaxy s7

Seperti beberapa ponsel berkualitas lainnya, Samsung juga menggunakan layar Super AMOLED pada S7. Layar seluas 5.1 inci tersebut mengusung resolusi 1440 x 2560 piksel dengan kerapatan layar 576 ppi. Menurut Carisinyal, salah satu kelebihan Samsung Galaxy S7 terletak pada bagian layar. Ya, layar smartphone ini begitu terang, tajam, dan memiliki visibilitas yang sangat baik terhadap sinar matahari.

Di samping itu, layar smartphone ini telah mendapat proteksi dari Corning Gorilla Glass 4. Di bawah layar S7 terdapat tombol fisik Home dan dua tombol kapasitif. Akan tetapi, tombol Home smartphone ini telah dibekali dengan Finger Print Sensor. Hal ini tentu saja mengingatkan kita kepada tombol iPhone 5s ke atas yang juga disertai dengan sensor pemindai sidik jari.

Prosesor

Banyak yang mengatakan bahwa kualitas prosesor akan menentukan performa dari sebuah smartphone. Hal itu memang sangat benar adanya. Oleh karena itu, Samsung tidak sembarangan dalam memilih prosesor.

Terdapat dua macam prosesor yang digunakan untuk Galaxy S7 ini, yakni Exynos 8890 Octa 2.3 – 1.5 GHz dan Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820. Kedua prosesor ini sangat tangguh untuk menjalankan berbagai aktivitas multitasking berat sekalipun. Jadi, untuk kali ini Samsung tidak salah menyematkan prosesor ini ke dalam Galaxy S7.

Beralih ke bagian grafis, Samsung mempercayakan kualitas grafis S7 kepada GPU Mali-T880 serta Adreno 530. Carisinyal mengakui bahwa kartu pengolah grafis ini memiliki kualitas yang baik untuk menghasilkan tampilan grafis yang lebih dari sempurna.

Galaxy S7 sangat kompatibel digunakan untuk streaming video HD atau bermain game-game yang memerlukan kualitas grafis yang cukup berat. Secara keseluruhan, hampir tidak ada masalah yang berarti pada prosesor maupun kartu pengolah grafis S7 ini.

Memori

Karena S7 adalah ponsel premium untuk kelas menengah ke atas, maka Samsung turut memberikan kapasitas memori yang cukup menakjubkan. Di S7 ini terdapat memori internal berkapasitas 32 atau 64 GB. Ukuran memori ini membuat S7 mampu bersaing dengan iPhone 6s sekalipun. Namun, bila Anda merasa kapasitas ROM ini tidak cukup untuk menampung data-data Anda, maka Anda bisa menggunakan microSD sebagai memori eksternal hingga 256 GB.

advertisements

Inilah kelebihan Samsung Galaxy S7 lainnya yang pasti akan membuat Anda berdecak kagum. Smartphone ini hadir dengan RAM 4 GB. Dengan ukuran RAM sebesar ini, Samsung mengklaim bahwa kinerja dari S7 akan sangat baik dan minim lag. Pasalnya, RAM 4 GB ini akan mengimbangi performa dari prosesor Exynos yang terdapat pada hardware smartphone ini dengan sangat sempurna.

Konektivitas

Anda pasti sudah bisa menebak konektivitas apa saja yang melengkapi smartphone ini. Pertama, ponsel dual-SIM ini sudah kompatibel terhadap jaringan 4G LTE. Jadi, Anda bisa turut merasakan kecepatan jaringan internet paling mutakhir tersebut dengan menggunakan smartphone ini.

Sejumlah konektivitas lain yang menyertai Galaxy S7 ini tampak sangat menunjang kualitas dari ponsel pintar itu sendiri. Smartphone ini sudah dilengkapi dengan konektivitas Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac yang tentunya sudah lebih cepat dan baik dibanding Wi-Fi 802.11 b/g/n. Di negara tertentu, S7 sudah membawa serta konektivitas NFC. Selain itu, ponsel cerdas ini juga sudah dilengkapi dengan USB Host dan USB On-The-Gp.

Baterai

Berbicara soal baterai, sebenarnya kami berharap bahwa Samsung bisa menyematkan baterai dengan kapasitas yang lebih besar. Akan tetapi, pada kenyataannya S7 hanya mengusung baterai berkapasitas 3.000 mAh.

Kapasitas baterai ini sebenarnya kurang jika harus bersanding dengan smartphone yang membawa prosesor berkualitas baik seperti S7. Namun, baterai ini bisa menghidupi S7 selama kurang lebih 14 jam untuk penggunaan aktif dengan jaringan 4G.

Kamera

Sampel kamera Samsung Galaxy S7

Sampel kamera Samsung Galaxy S7

Mari kita membahas sektor fotografi yang terdapat pada smartphone ini. Harus kami akui bahwa sektor fotografi ini bukan menjadi salah satu kelebihan Samsung Galaxy S7. Akan tetapi, kualitas kamera utama berukuran 12 MP yang tersemat di bagian belakang smartphone ini sudah cukup baik untuk mengambil gambar. Kamera utama ini bisa mengambil gambar dengan sangat cerah dan jelas di tempat dengan kondisi pencahayaan yang sangat minim.

Sementara itu, kamera depan Galaxy S7 mengusung resolusi sebesar 5 MP. Kamera tidak dilengkapi dengan LED-Flash meskipun smartphone besutan lain yang harganya jauh di bawah S7, seperti Galaxy J5 dan J7, sudah menyediakan kamera depan berukuran 5 MP yang lengkap dengan LED Flash. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah jika melihat kualitas foto yang dihasilkannya meskipun berada di tempat yang minim cahaya.

Fitur

review samsung galaxy s7

Galaxy S7 telah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow v6.0.1, bahkan Samsung meyakinkan penggunanya bahwa S7 akan segera memperoleh upgrade Android N. Smartphone ini juga menawarkan fitur Quick Charge, di mana Anda bisa mengisi daya baterai hingga 60% hanya dalam waktu 30 menit saja.

Tak cukup sampai di situ, S7 merupakan ponsel yang tidak dapat ditembus oleh debu dan mampu digunakan di dalam air berkedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Hal ini membuktikan bahwa S7 adalah ponsel yang tahan terhadap debu maupun air.

Harga

Di Indonesia, Samsung Galaxy S7 dibandrol dengan harga 9 juta rupiah untuk varian 32 GB. Harga ini sangat worth dengan spesifikasi dan performa dari ponsel pintar ini. Namun, Samsung Galaxy S7 Edge dijual dengan harga yang lebih mahal, yakni sekitar 11 juta rupiah, karena membawa spesifikasi yang lebih baik.

Kesimpulan review dari smartphone ini, segala kelebihan Samsung Galaxy S7 ini memang sangat menggiurkan. Ponsel ini sangat worth dan cocok untuk Anda yang membutuhkan sebuah smartphone berkualitas dari merk yang ternama untuk menjalankan berbagai macam aktivitas multitasking berat.

Artikel Menarik Lainnya: