advertisements

Manusia modern pada masa sekarang ini, banyak menggunakan berbagai alat untuk memudahkan pekerjaannya. Ambil  saja contohnya gadget. Manusia di masa sekarang tidak bisa hidup tanpa gadget. Hampir semua orang memiliki gadget untuk menunjang aktivitas mereka masing-masing, entah itu untuk chatting, tugas, sampai bermain game.

Tapi, tahukah Anda bahwa tidak hanya gadget yang bisa menunjang aktivitas manusia? Saat ini, banyak orang-orang yang menggunakan robot android untuk menunjang dan membantu segala aktivitas manusia. Misalnya, ada robot android yang bisa mencuci baju, membaca perasaan manusia dari ekspresi manusia tersebut, bahkan ada robot yang bisa menari dan bermain tennis.

advertisements

Robot android sangat popular pada masa modern saat ini. Awalnya robot android hanya bisa berjalan dan berputar-putar saja, tapi sekarang jaman semakin maju dan semakin modern dan manusia semakin kreatif dan cerdas dalam membuat inovasi baru untuk membuat robot android.

Apa Itu Robot Zenbo?

Asus Zenbo

Sebelumnya, kita harus mengetahui apa itu android. Android merupakan robot yang memiliki kemiripan dengan manusia. Android berasal dari kata dalam Bahasa Yunani aner yang berarti manusia dan droid yang berarti menyerupai. Sehingga android dapat dikatakan robot yang menyerupai manusia baik dari sisi fisik maupun kecerdasan logika cara berpikir. Sehingga dalam hal ini android merupakan robot dengan fisik menyerupai manusia serta dilengkapi dengan kecerdasan buatan.

Dengan kata lain, android diciptakan mirip dengan manusia agar dapat membantu  menunjang aktivitas manusia, seperti halnya robot android yang diciptakan oleh perusahaan elektronik ASUS bulan Mei silam. ASUS menamakannya dengan ASUS ZENBO.

Perusahaan terkenal di Taiwan, ASUS, beberapa bulan lalu, tepatnya bulan Mei baru meluncurkan android robot mereka dengan sebutan ASUS Zenbo. Robot android ini diciptakan memang untuk menunjang atau membantu manusia, bahkan menemani manusia itu sendiri. Mengapa demikian?

Zenbo merupakan suatu robot android yang bisa bicara, mengatur rumah, menjaga rumah, memberikan bantuan yang dibutuhkan oleh manusia bahkan Zenbo dapat menjadi seorang fotografer untuk keluarga Anda yang artinya Zenbo dapat memotret Anda. Anda tidak perlu kesulitan mencari-cari orang meminta bantuan untuk memotret Anda bersama keluarga. Zenbo juga disebut-sebut sebagai barang nyata BB-8 yang ada di Star Wars. Anda dapat memiliki real-world version BB-8 ini di rumah Anda.

Zenbo juga terlihat seperti iMac G4 yang menaiki Sony Rolly, bedannya Zenbo dapat bekerja layaknya Amazon Echo yang memiliki aplikasi untuk merekam dengan suara yang berkualitas. Para pengguna Zenbo dapat membeli barang-barang online melalui Zenbo dan Anda dapat memesan barang-barang online tanpa harus mengetik, melainkan merekam suara penggunanya.

Bentuk dari ASUS Zenbo ini berupa dua bulatan yang dapat menggelinding. Satu bulatan untuk kepalanya dan satu bulatan yang menggelinding untuk bagian badan seperti pada gambar berikut ini.

Ukuran dari robot android ASUS Zenbo pun tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Ukurannya setinggi lutut orang dewasa. Robot ini dibentuk selucu mungkin agar terlihat lebih bersahabat dengan manusia. Selain itu, Zenbo bisa memberikan beberapa ekspresi di bagian wajah robot tersebut, seperti wajah senang, tersenyum, bahkan sedih.

Manfaat Zenbo

Robot Asus Zenbo

Pemimpin ASUS, Jonney Shih, berkata bahwa manusia pada jaman sekarang bermimpi untuk memiliki suatu robot yang dapat menemani, peduli kepada manusia, dan selalu bisa kita miliki. Ambisi beliau adalah membuat robot android untuk menunjang kebutuhan dan membantu segala pekerjaan rumah tangga.

advertisements

Zenbo juga memilki kemampuan sebagai penginngat. Pengingat di sini dimaksudkan ketika pemilik Zenbo memiliki janji dengan dokter, maka Zenbo akan mengingatkan pemiliknya akan janji ke dokter. Selain sebagai pengingat, Zenbo juga dapat  menjadi robot android pintar yang dapat memberikan warning ketika seseorang akan jatuh atau terpeleset di dalam rumah. Zenbo memiliki alat pindai yang memungkinkannya dapat melakukan hal-hal tersebut.

Kita dapat menggunakan model manual atau auto untuk mengontrol  Zenbo. Jika kita menggunakan model auto, maka kita dapat mengontrol dengan menggunakan remote. Jika kita sedang berada diluar kota atau sedang bepergian, Zenbo bisa menjaga rumah, kita dapat mengontrolnya melalui remote. Selain itu, Zenbo dilengkapi kamera untuk merekam setiap sudut rumah ketika kita sedang tidak ada dirumah.

Ramah Untuk Anak-Anak

Keunggulan ASUS Zenbo tidak hanya sampai di situ saja. Telah dikatakan sebelumnya, bahwa robot android ini mampu berbicara, tetapi ternyata tidak hanya berbicara saja. ASUS menciptakan robot android yang multifungsi tidak untuk para orang dewasa yang membutuhkan bantuan dalam mengerjakan hal-hal rumah tangga saja.  Zenbo ini juga diciptakan secara universal, sehingga para orang dewasa  maupun anak-anak dapat menggunakannya dan memanfaatkannya.

Asus Zenbo bermain

Anak-anak dapat mendengarkan cerita dongeng bukan dari orang tua mereka saja, anak-anak dapat mendengarkan cerita dongeng dari Zenbo. Zenbo dapat menceritakan dongeng untuk anak-anak. Selain dapat menceritakan dongeng, Zenbo juga dapat menghibur anak-anak dengan cara bernyanyi dan menari.

Para pemilik Zenbo juga dapat menyuruh Zenbo untuk memutar musik dan Anda juga dapat mengontrol gadget-gadget Anda, seperti tab, handphone, dan lainnya, melalui  Zenbo. Anda juga dapat mengontrol internet yang Anda gunakan melalui Zenbo dan mengontrol televisi melalui Zenbo. Semua hal tersebut telah diuji oleh Tsai Ing-wen.

Robot pintar ini kini telah dipasarkan di Taiwan, jepang, dan Negara-negara besar lainnya. Robot ini cocok untuk membantu para ibu rumah tangga, manula, bahkan anak-anak dalam menunjang aktivitas. Mereka tidak perlu bersusah payah meminta bantuan kepada orang lain karena robot ini pun bisa melakukannya.

Robot ini dijual dengan harga 599 dollar, jika di rupiahkan sekitar hampir 8 juta rupiah. Jika Anda merasa butuh bantuan dalam urusan rumah tangga mengapa repot mendatangkan seseorang ke rumah jika Anda bisa membeli Robot pintar dan lucu ini?

Artikel Menarik Lainnya: