advertisements

Keyboard dan mouse adalah dua hal utama pada komputer yang tidak dapat dipisahkan atau dihilangkan. Tanpa adanya keyboard dan mouse, para pengguna komputer tidak dapat mengoperasikan komputernya. Para pengguna tidak dapat mengetik, mengklik, bahkan tidak dapat memainkan game.

Keyboard dan mouse merupakan alat kontrol utama untuk komputer. Bayangkan saja jika Anda menggunakan komputer tanpa menggunakan dua komponen utama tersebut. Sampai saat ini kedua alat tersebut masih digunakan.

advertisements

Dari waktu ke waktu seiring dengan perubahan jaman ke jaman modern seperti saat ini, mouse dan keyboard telah berevolusi ke dalam berbagai bentuk dan fungsi yang lebih spesifik, detail dan pastinya lebih menarik.

Khususnya adalah mouse, mouse telah berevolusi, mouse gaming  merupakan salah satu bentuk dan fungsi evolusi dari mouse. Sesuai dengan namanya mouse gaming, mouse ini memang dikhususkan untuk para gamers (pecinta game). Mouse gaming diciptakan khusus untuk kebutuhan gaming sesuai fungsi dan bentuknya.

Dalam mouse gaming seperti ini lebih banyak spesifikasinya dari pada mouse biasa yang digunakan sehari-hari. Mengapa? Karena mouse gaming memang memiliki banyak spesifikasi dan fungsi yang memudahkan para gamers untuk menggunakannya pada saat mereka sedang bermain game tentunya.

Pada saat bermain game memang sangat banyak yang harus dilakukan para gamers dan terkadang para gamers kesulitan dalam mengontrolnya, maka diciptakanlah mouse yang membantu para gamers agar mudah mengontrol pada saat sedang bermain game.

Salah satu mouse gaming yang baru dan canggih adalah Roccat Kone XTD. Dalam mouse gaming Roccat Kone XTD memiliki banyak fungsi spesifik yang memang sangat dibutuhkan para gamers atau untuk kebutuhan gaming. Mouse gaming Roccat Kone XTD merupakan salah satu ciptaan Roccat.

Mouse gaming Roccat Kone XTD ini menggunakan laser sebagai sensor. Inilah salah satu kelebihan dari mouse gaming Roccat Kone XTD, karena dia menggunakan laser sebagai sensor, maka tingkat sensitivitasnya pun akan lebih baik dan bagus dibandingkan dengan mouse yang hanya menggunakan sesnsor optik.

Roccat Kone XTD laser

Sensor laser tersebut akan membuat DPI (Dot per Inch) dan sensitivitas pada mouse akan lebih bagus dibandingkan lensa optik. biasanya DPI pada mouse laser bisa mencapai 2000 dan 3400, bahkan dapat diatur sesuai dengan kinginan penggunanya.

Para pengguna mouse gaming Roccat Kone XTD dapat mengatur tingkat sensitivitas dan polling rate pada sensor yang ada pada mouse. Lebih banyak DPI yang dimunculkan maka para pengguna akan merasakan pointer pada mouse menjadi lebih akurat.

Bagaimana ukuran Roccat Kone XTD?

Ukurannya sangat pas. Memang ukurannya cukup besar tetapi tidak lebar, sehingga para pengguna mouse gaming Roccat Kone XTD dapat menggunakannya dengan nyaman dan pas di telapak tangannya. Mouse gaming Roccat Kone XTD dapat digunakan gamers dengan tipe grip palm dan claw.

Tipe grip palm merupakan tipe yang memegang mouse dengan menampatkan seluruh tangannya di atas mouse dan mengendalikannya dengan menjepitnya dengan tangan serta ibu jari mereka. Jari telunjuk dan jari tengah diletakkan pada tempat untuk mengklik kanan dan kiri pada mouse.

Roccat Kone XTD

Sedangkan tipe pengguna mouse claw grip adalah seorang pengguna yang menggunakan  mouse dengan melengkungkan jarinya dan membentuk seperti cakar. Jari-jari yang dilengkungkan digunakan untuk menahan mouse.

advertisements

Pengguna tipe ini menggunakan mouse dengan menggunakan ujung jari telunjuk dan jari manis bahkan menggunakan kelingking agar mouse tidak goyang pada saat diangkat. Bagi Anda yang menggunakan kedua tipe memegang mouse seperti tadi sangat cocok untuk menggunakan mouse gaming Roccat Kone XTD.

Pada bagian sisi badan mouse gaming Roccat Kone XTD terdapat lekukan yang mempermudah para penggunanya agar ibu jari, kelingking, dan jari manis tertempel dengan kuat. Dengan desain body tersebut para pengguna lebih mudah mengontrol mouse gaming Roccat Kone XTD.

Selain body dan sensitivitas, Roccat juga menambahkan pemberat yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan keinginan para pengguna. Ada empat pemberat pada mouse gaming Roccat Kone XTD, masing-masing pemberat tersebut dapat ditambahkan beban sebesar 5 gram.

Bagaimana fisik Roccat Kone XTD?

Roccat Kone XTD tombol

Dilihat dari sisi fisik, mouse gaming Roccat Kone XTD memiliki 12 tombol yang ada di sekeliling bodinya, seperti atas, samping kanan, dan samping kiri. Masing-masing tombol tersebut dapat dikontrol oleh para penggunanya sesuai dengan kebutuhan.

Mengapa banyak tombol? Para gamers pada saat bermain game pasti akan banyak mengklik berbagai hal, dengan tombol-tombol ini memudahkan para gamers untuk tidak harus mengklik satu persatu yang ada pada game.

Cukup menekan tombol-tombol yang ada pada mouse gaming Roccat Kone XTD, dengan mengaturnya terlebih dahulu. Uniknya, jika Anda memiliki keyboard Roccat dengan fitur Easy-Shift, Anda dapat mengubah 12 tombol tersebut menjadi 2 kali lipat menjadi 24 tombol.

Mouse gaming Roccat Kone XTD dapat disinkronisasikan dengan software Roccat Talk agar bisa terhubung dengan perangkat gaming Roccat lainnya. Selain itu dengan adanya Roccat Talk juga sangat berguna bagi para konsumen dan pengguna untuk mengatur berbagai fitur yang ada pada perangkat gaming Roccat, misalnya manajemen macro dan manajemen profile.

Jika sebelumnya telah dikatakan bahwa mouse laser bisa mencapai 3400 DPI (Dot per Inch), maka mouse gaming Roccat Kone XTD memiliki sensor sensitivitas hingga 8200 DPI. Anda dapat mengatur sensitivitas sesuai kebutuhan dan keinginan Anda melalui software yang telah disediakan oleh Roccat, mulai dari 200 DPI hingga 8200 DPI. Sangat mudah bukan?

Bagimana polling rate Roccat Kone XTD?

Anda para pengguna dan konsumen tidak perlu khawatir, karena Roccat memiliki pengaturan fitur Polling Rate mulai dar 125Hz hingga 1000Hz. Ini sangat memudahkan para pengguna. Seperti halnya sensitivitas yang dapat diatur melalui software yang telah disediakan, maka polling rate pun dapat diatur pada software yang telah disediakan.

Keunggulan yang lainnya pada mouse gaming Roccat Kone XTD adalah Anda dapat menambahkan fitur pengaturan lampu LED. Pada mouse gaming Roccat Kone XTD terdapat lampu LED yang membuat mouse lebih menarik dan Anda dapat mengaturnya sesuai warna favorit Anda. Bagaimana, sangat mudah dan canggih bukan?

Jika Anda tertarik untuk memilikinya, saat ini mouse Roccat Kone XTD dijual pada kisaran harga Rp 800 ribuan. Secara sekilas memang tampak mahal, namun jika melihat berbagai fitur dan kelebihannya, maka harga tersebut akan terbayarkan dengan kualitasnya.

Artikel Menarik Lainnya: