advertisements
advertisements

Google secara resmi telah meluncurkan sistem operasi Android terbaru mereka yaitu Android 4.4 KitKat. Di acara yang sama, mereka juga mengumunkan smartphone pertama yang akan menggunakan sistem operasi tersebut yaitu Nexus 5. Setelah hadir di Nexus 5, maka sistem operasi yang mengambil nama salah satu merek coklat terkenal di dunia ini akan hadir di berbagai perangkat Nexus lainnya.

samsung galaxy nexus

Namun kabar mengejutkan justru datang dari perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California tersebut. Pasalnya, Google tidak akan memberikan update Android KitKat ini kepada salah satu perangkat besutannya yaitu Samsung Galaxy Nexus. Pasalnya, Google dan para vendor pembuat smartphone Android memiliki peraturan jika smartphone Android yang sudah lebih dari 18 bulan tidak akan mendapatkan update lagi. Galaxy Nexus sendiri dirilis sekitar dua tahun yang lalu bersamaan dengan perilisan Android 4.0 Ice Cream sandwich.

advertisements
advertisements

Hal ini tentu sangat ironis mengingat sistem operasi Android KitKat ini didesain untuk dapat berjalan dengan lancar pada perangkat yang hanya memiliki RAM sebesar 512 MB. Samsung Galaxy Nexus sendiri sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 1 GB sehingga jelas keputusan ini bukanlah karena adanya masalah pada hardware. Banyak pihak yang beranggapan jika alasan berakhirnya masa 18 bulan update lebih kepada keinginan Google untuk menghemat biaya pengembangannya.

Dengan tujuan Google yang menginginkan sistem operasi Android 4.4 KitKat agar digunakan oleh lebih dari 1 milyar pengguna, hal ini tentu sangat mengecewakan ketika Galaxy Nexus tidak dapat merasakan nikmatnya coklat KitKat. Padahal, Galaxy Nexus adalah perangkat buatan Google sendiri.

Selain itu, hal ini juga mengindikasikan jika para pengguna Google Nexus 4 tidak akan mendapatkan update sistem operasi selanjutnya setelah Android KitKat. Pasalnya, sistem operasi Android selanjutnya kemungkinan besar akan dirilis pada pertengahan atau akhir tahun 2014 mendatang sehingga Nexus 4 yang dirilis pada bulan November 2012 sudah melewati masa 18 bulan.

Apakah menurut Anda keputusan Google ini merupakan tindakan yang tepat? Silahkan sampaikan pendapat Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Artikel Menarik Lainnya: