advertisements

Smartwatch adalah jam tangan yang bisa terkoneksi dengan sambungan internet dan berbagai perangkat elektronik, seperti smartphone dan tablet. Melalui smartwatch, Anda bisa mengupdate berita terbaru, ramalan cuaca, informasi olahraga, harga saham, email sampai ramalan bintang harian.

Smartwatch juga bisa terkoneksi dengan internet melalui Wi-Fi dan bluetooth meskipun tidak ada slot SIM card di dalam smartwach. Lantas, apa saja smartwatch terbaik yang banyak diburu oleh pengguna smartphone dan tablet di tahun 2015 ini?

  1. Sony Smartwatch 3

advertisements

Dibandrol dengan harga $188 atau sekitar 2 juta rupiah, Sony Smartwatch 3 berada di urutan paling atas dalam daftar jam tangan pintar terbaik ini. Selain dibekali dengan RAM 512 MB, smartwatch yang satu ini juga mampu menyimpan data hingga 4 GB di memori internalnya.

Smartwatch ini juga mampu terhubung dengan NFC, GPS, Bluetooth dan Wi-Fi. Meskipun Sony Smartwatch 3 memiliki desain yang minimalis, jam tangan pintar ini tetap terlihat classy dan elegan di tangan penggunanya.

  1. Apple Watch

Siapa yang bisa menolak produk dari Apple? Smartwatch yang sudah ditunggu-tunggu oleh jutaan konsumen Apple di dunia ini merupakan smartwatch yang cukup kompatibel. Harga dari jam tangan pintar produksi Apple ini dijual mulai dari harga $349.

smartwatch terbaik apple watch

Wow, harga yang sangat fantastis untuk sebuah smartwatch, bukan? Walaupun Anda harus merogoh kocek cukup banyak, smartwatch ini membawa banyak fitur di iPhone di pergelangan tangan Anda. Anda bisa berkirim pesan audio melalui jam tangan ini. Saat ini, Apple Smartwatch sudah didukung dengan sistem operasi watchOS 2.

  1. LG Watch Urbane

Sekilas tampilan dari smartwatch yang satu ini menyerupai jam tangan keluaran merk ternama. Namun, siapa sangka jam tangan berpenampilan mewah ini menyimpan banyak fitur di dalamnya? LG Watch Urbane merupakan smartwatch dengan teknologi canggih, namun tetap mengusung prinsip jam tangan sebagai perhiasan.

Harga smartwatch yang kompatibel dengan beberapa perangkat Android ini lebih murah dari Apple Watch, tetapi fitur yang ditawarkan oleh smartwatch menawan ini cukup mumpuni. Bagaimana, tertarik untuk memilikinya?

  1. Asus ZenWatch

asus zenwatch

Smartwatch ini memiliki bingkai persegi yang sangat terlihat elegan. Jika Anda sedang mencari smartwatch untuk perangkat Android dengan style yang elegan, maka Asus ZenWatch merupakan pilihan yang tepat.

Desain Asus ZenWatch lebih menarik dibanding smartwatch lain keluaran LG dan Samsung. Sayangnya, daya baterai dari Asus ZenWatch tidak lebih baik dari Sony Smartwatch 3 dan LG Watch Urbane. Namun, jam tangan pintar produksi dari Asus ini dijamin tidak akan mengecewakan penggunanya!

  1. Pebble Time

Pebble berjanji akan memperbaiki tampilan dan fitur pada smartwatch yang diproduksinya setelah banyak pengguna yang kecewa dengan smartwatch versi pertamanya. Kini, Pebble Time hadir dengan layar penuh warna dan fitur timeline terbaru.

advertisements

Hal yang membuat jam pintar satu ini patut dipertimbangkan adalah kemampuan lintas platform dan berbagai aplikasi yang menarik. Pebble Time bisa digunakan di iOS maupun Android. Namun, smartwatch ini lebih disarankan untuk pengguna Android.

  1. Moto 360

Mewah adalah satu kata untuk menggambarkan tampilan smartwatch besutan Motorola ini. Memiliki layar 1,65 inch, smartwatch ini dibalut dengan rangka stainless steel dan kulit premium. Ini merupakan Google Watch yang pertama dengan style yang sangat mewah dan elegan.

Desainnya sedikit lebih unggul dari LG G Watch R. Sayangnya, kekurangan dari Moto 360 terletak di prosesornya yang kurang efisien. Namun, Moto 360 merupakan salah satu smartwatch terbaik yang patut dipertimbangkan, mengingat desainnya yang stylish dan daya baterainya yang cukup kuat.

  1. Samsung Gear Live

samsung gear live

Tak mau ketinggalan, produsen elektronik yang merajai pasar ponsel Android, Samsung, meluncurkan Samsung Gear Live. Smartwatch ini sudah dilengkapi dengan built-in Wi-Fi yang memudahkan Anda untuk menyambungkan smartwatch ini ke internet. Samsung Gear Live juga memiliki layar SUPER AMOLED 1,63 inch dengan resolusi 320 x 320.

  1. LG G Watch R

Kali ini LG meluncurkan smartwatch dengan tampilan yang lebih sporty. Berbeda dengan tampilan LG Watch Urbane yang cenderung elegan, tampilan LG G Watch R lebih terkesan premium. Smartwatch ini dilengkapi dengan prosesor 1.2 GHz Snapdragon 400, RAM 512 MB, memori internal 4 GB dan baterai berdaya 410 mAh.

Prosesor dan baterai LG G Watch R lebih baik dibanding Moto 360. Meskipun dalam urusan prosesor dan baterai LG G Watch R lebih unggul, smartwatch ini memiliki ukuran layar yang lebih kecil dari Moto 360.

  1. LG G Watch

LG-G-Watch

Smartwatch yang satu ini merupakan pendahulu dari LG G Watch R dan Watch Urbane. Desainnya yang sederhana dan materialnya yang terbuat dari plastik membuat jam tangan ini terlihat seperti jam tangan anak-anak.

Namun, terlepas dari desainnya yang sederhana, LG G Watch merupakan smartwatch Android pertama yang dikenakan pada Google I/O 2014. Untuk urusan harga, smartwatch ini tentu lebih murah dibanding LG G Watch R dan Watch Urbane.

  1. Pebble Steel

Di posisi terakhir ada Pebble Steel dengan layar LCD 1,26 inch. Sama dengan Pebble Time, Peeble Steel juga kompatibel dengan perangkat Android dan iOS. Daya tahan baterai Peeble Steel pun tak kalah dengan Moto 360. Pebble Steel didominasi dengan warna hitam sehingga Anda bisa lebih mudah memadukannya dengan pakaian berwarna apapun.

Tren smartwatch di kalangan pengguna gadget mulai booming di tahun 2012 dan kini sudah banyak smartwatch berkualitas yang biasa Anda jadikan pilihan. Apakah Anda tertarik untuk menggunakan satu dari beberapa smartwatch terbaik yang ada di atas?

Semua smartwatch di atas juga sudah dibekali dengan aneka sensor sehingga dapat juga digunakan sebagai fitness tracker. Namun jika Anda menginginkan perangkat khusus untuk keperluan fitness tracker tersebut, silahkan simak ulasan kami mengenai perangkat smartband terbaik di sini.

Artikel Menarik Lainnya: